Gadget Pintar, Mana yang Anda Pilih Samsung Galaxy 5 WiFi atau Apple iPod Touch 32GB?

2 Apr 2012 13:00 22237 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebuah gadget yang menghadirkan sistem operasi tak hanya tablet dan *smartphone*. Music Player pun kini tersedia dengan penambahan sistem operasi. Salah satu yang cukup populer adalah Apple iPod Touch 32GB. Di sisi lain, Samsung yang merupakan saingan berat Apple untuk produk tablet dan smartphone juga menghadirkan produk serupa, yakni Samsung Galaxy 5 WiFi. Nah, akan cukup menarik melihat perbandingan dua perangkat mobile ini. Simak ulasannya berikut.

Sebuah gadget yang menghadirkan sistem operasi tak hanya tablet dan smartphone. Music Player pun kini tersedia dengan penambahan sistem operasi. Salah satu yang cukup populer adalah Apple iPod Touch 32GB. Di sisi lain, Samsung yang merupakan saingan berat Apple untuk produk tablet dan smartphone juga menghadirkan produk serupa, yakni Samsung Galaxy 5 WiFi. Nah, akan cukup menarik melihat perbandingan dua perangkat mobile ini. Simak ulasannya berikut.

Desain

Apple iPod Touch 32GB tampil dengan dimensi 58.9 x 111 x 7.2 mm dengan berat 101 gram. Sementara itu Samsung Galaxy S WiFi 5 hadir dengan dimensi 141.3 x 78.2 x 11.9 mm dengan berat 182 gram. Di sini, Apple iPod Touch 32GB hadir sebagai pemenang dengan dimensi yang lebih mungil dan ringan.

Layar

Di bagian layar Apple iPod Touch 32GB ini menawrakan layar touchscreen berukuran 3.5 inci. Layar ini menghadirkan resolusi 960x640 piksel dengan densitas piksel 326 ppi. Gadget ini juga dilengkapi dengan sensor accelerometer, sensor ambient ligh serta three-axis gyro. Samsung Galaxy S WiFi 5 memiliki keunggulan dari segi layar yang lebih besar, yakni layar touchscreen 5 inci. Namun, layar ini memiliki resolusi yang tak lebih baik, hanya 480x800 piksel dengan densitas piksel 187ppi. Fitur tambahan yang bisa ditemui pada layar ini adalah UI TouchWiz serta optical trackpad.

Performa

Apple iPod Touch 32GB menggunakan sistem operasi yang sama seperti pada iPhone ataupun iPad, yakni iOS. Anda juga bisa meng-upgrade-nya dengan iOS terbaru yakni iOS 5. Selain itu, gadget ini juga menghadirkan prosesor single core 1GHz dengan dukungan RAM 256. Dengan spesifikasi seperti ini, gadget ini bisa mendukung multi tasking dan bermain game dengan nyaman. Keunggulan lain dari Apple iPod Touch 32GB ini adalah kemampuannya untuk memainkan video dan audio. Tak hanya itu, gadget ini dilengkapi dengan WiFi untuk akses internet serta Bluetooth untuk streaming audio.

Sama halnya seperti Apple iPod Touch 32GB, Samsung Galaxy S WiFi 5 ini tak dilengkapi dengan slot SIM Card. Untuk kebutuhan internet, Anda hanya bisa mengandalkan fitur WiFi. Selain itu, Anda juga bisa membuat WiFi HotSpot dengan perangkat mobile satu ini. Jika Apple iPod Touch menggunakan iOS sebagai sistem operasi, maka Samsung Galaxy S WiFi 5 menghadirkan OS Android Froyo 2.2. Entah apakah Samsung juga menyediakan upgrade OS Android Gingerbread ataupun OS Android ICS pada perangkat ini. Sedang untuk prosesor, pihak Samsung membubuhkan prosesor 1GHz pada perangkat ini.

Kamera

Apple iPod Touch dilengkapi dengan dual kamera. Kamera di bagian belakang mampu merekam video HD 720p pada kecepatan 30fps dan gambar 960x720 piksel. Sedang kamera sekundernya bisa menghasilkan gambar kualitas VGA dan video VGA pada kecepatan 30fps. Samsung Galaxy S WiFI 5 menghadirkan kamera 3.15 MP dan kamera VGA di bagian depan. Kamera primernya dilengkapi dengan fitur autofocus, LED flash, geo-tagging, sertaface and smile detection.

Baterai dan Memori

Sebagai mana namanya, Apple iPod Touch ini menghadirkan memori internal sebesar 32GB. Dengan kapasitas tersebut, Anda dapat menyimpan berbagai jenis file, dari file audio hingga video pada gadget ini. Sedang baterai Apple iPod Touch ini mampu bertahan selama 7 jam lebih untuk memainkan video, 40 jam untuk memainkan musik serta 4 jam untuk bermain game.

Untuk kapasitas penyimpanan, Samsung Galaxy S WiFi 5 hanya menyediakan dua opsi, yakni 8GB dan 16GB. Namun Anda juga bisa memperoleh tambahan penyimpanan hingga 32GB dengan memakai slot microSD. Sedang baterai Li-Po 2500 mAh pada gadget ini mampu bertahan selama 8 jam.

Kesimpulan

Kedua gadget ini memiliki harga yang tak terpaut jauh. Jika Samsung Galaxy S WiFi 5 bisa diperoleh dengan harga Rp 2.9 juta, maka Apple iPod Touch 32GB dibanderol dengan harga Rp 3 juta. Dan, Paseban pun lebih memilih iPod Touch dibandingkan dengan Samsung Galaxy S WiFi 5.0. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel