Mengenal Sistem Operasi Apple Terbaru, Peningkatan Kemampuan Fitur di iOS 6

13 Jun 2012 17:00 3923 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem operasi buatan Apple, iOS, telah mengalami peningkatan sistem dan penambahan fitur-fitur terbaru. iOS 6 merupakan sistem operasi terbaru yang diperkenalkan pada ajang *Worldwide Developer Conference* (WWCD) 2012.

Sistem operasi buatan Apple, iOS, telah mengalami peningkatan sistem dan penambahan fitur-fitur terbaru. iOS 6 merupakan sistem operasi terbaru yang diperkenalkan pada ajang Worldwide Developer Conference (WWCD) 2012. Ajang tersebut menjadi salah satu panggung besar Apple untuk menunjukkan kemampuan perangkat dan sistem operasi terbarunya ini.

Sistem operasi terbaru ini memiliki banyak peningkatan daripada sistem operasi sebelumnya yakni iOS 5. iOS 6 memiliki sekitar 200 fitur terbaru dan peningkatan yang paling kentara dampaknya ada pada fitur Siri. Di dalam fitur Siri terbaru tersebut Anda dapat memanfaatkan trik-trik terbaru agar mendapatkan informasi yang diinginkan dengan perintah yang tepat. Penasaran dengan sistem operasi terbaru ini? Simak ulasannya berikut ini.

Siri menjadi fitur yang paling banyak mendapatkan peningkatan di samping fitur-fitur lama lainnya. Pada sistem operasi terbaru ini, fitur perintah suara ini dapat mengetahui dan menginformasikan kepada Anda hasil-hasil pertandingan olahraga. Yang dibutuhkan adalah sebuah pertanyaan yang tepat kepadanya seperti ”What was the score of the last Manchester United game". Selain itu, Anda pun cukup bertanya kepadanya mengenai informasi personal seseorang seperti siapa yang memiliki tinggi badan yang lebih tinggi di antara Wayne Rooney dan Leonel Messi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jawaban langsung dari fitur perintah suara ini.

Selain mendapatkan kemampuan menerima perintah berkategori olahraga, Siri pun mampu melayani permintaan Anda untuk mengetahui informasi mengenai film. Anda dapat menanyakan segala informasi tentang seluruh film yang tengah diputar pada layar bioskop. Untuk kemampuan yang satu ini, Apple telah bekerjasama dengan Rotten Tomatoes untuk melayani segala informasi mengenai film terbaru. Rotten Tomatoes merupakan situs penyedia informasi film dari seluruh dunia. Bedanya, di dalam situs tersebuat Anda dapat mengetahui orang-orang di balik layar pembuat setiap film seperti aktor, penulis naskah cerita, sutradara, pengisi soundtrack dan lainnya. Melalui kemampuan Siri ini juga Anda dapat melihat rating film yang telah terintegrasi langsung di dalam sistem terbaru ini.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan kuliner, kemampuan Siri pada iOS terbaru dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pencarian tempat makan ataupun restoran yang dipilih berdasarkan rating. Cukup dengan bertanya kepada sang asisten virtual mengenai tempat-tempat terbaik untuk melakukan santap malam, Anda akan mendapatkan daftar-daftar restoran yang dinilai berdasarkan rating. Kemampuan untuk melihat daftar berdasarkan rating tersebut datang dari kerjasama yang dilakukan dengan OpenTable. Dengan begitu Anda cukup melakukan satu sentuhan pada lokasi yang hendak dituju untuk melakukan reservasi. Kemampuan inipun akan memberikan kemudahan untuk memilih restoran atau jenis tempat makan lainnya berdasarkan rekomendasi rating dari OpenTable.

Asisten suara virtual ini sebenarnya masih dikembangkan dalam bentuk beta. Namun, Anda dapat memanfaatkan Siri untuk mengetahui aplikasi yang ada di dalam perangkat iOS dan kemudian membukanya agar dapat Anda mainkan. Ada beberapa trik baru untuk menjalankan perintah ini. Untuk memainkan aplikasi atau game, yang Anda perlukan adalah perintah seperti "Play Angry Birds Space" dan kemudian Siri akan membuka game tersebut. Selain fitur suara, Apple pun telah mengembangkan teknologi terbarunya ini untuk mendapatkan kemampuan fitur peta terbaru dari Apple ini. Dengan begitu, jika Anda masih memanfaatkan kemampuan Google Maps, mungkin fitur peta pada iOS 6 ini dapat menjadi opsi menarik.

Pada sistem operasi terbaru ini Apple telah membawa dan menghadirkan kemampuan peta berteknologi 3D miliknya dengan proses navigasi menarik. Peta ini hadir dengan tambahan layanan kepadatan kendaraan. Dengan begitu Anda dapat mengetahui laporan-laporan kecelakaan dan lainnya secara aktual. Kemampuan peta 3D ini didukung penuh oleh penyedia layanan daftar lokasi bisnis dari Yelp yang menyediakan sekitar 100 juta daftar lokasi-lokasi bisnis di dunia. Anda dapat berinteraksi dengan Siri saat hendak mengatakan bahwa Anda mendapatkan arah yang hendak dituju dan Siri akan menunjukkannya.

Siri pun mampu memiliki sudut pandang melihat sebuah daerah di dalam peta 3D dari posisi atas. Dengan begitu Anda dapat melihat kondisi sebuah daerah secara keseluruhan. Kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk melihat kemampuan maksimal dari layar Retina perangkat iPhone. Selain itu fitur Flyover dan sebagian lainnya dapat bekerja dengan perangkat iPhone 4S, iPad 2 dan perangkat di atasnya.

iOS terbaru ini memberikan fitur aplikasi telepon terbaru. Di dalamnya Anda dapat memanfaatkan untuk mengatur penerimaan dan pemanggilan telepon. Contohnya, seseorang sedang melakukan panggilan telepon ke perangkat iPhone saat Anda sedang rapat. Dengan kemampuan aplikasi telepon ini, Anda dapat memilih balasan pesan singkat atau membuat reminder tentang panggilan tak terjawab itu.

Pihak Apple sendiri telah menyisipkan kemampuan fitur Do not disturb yang memunginkan Anda untuk mengalihkan panggilan dari seluruh kontak telepon. Masih ada sekitar ratusan fitur terbau lainnya yang dapat ditemui pada sistem terbaru ini. Sayangnya sistem terbaru ini dirumorkan tidak dapat digunakan pada perangkat iPad lama. iPad model pertama tidak akan mendapatkan kesempatan update sistem operasi yang digunakannya. Alasannnya belum jelas. Tapi keterbatasan perangkat keras yang berada di dalamnya dapat menjadi alasan yang kuat. Dengan begitu, bagi Anda yang masih menggunakan iPad model lama, sepertinya Anda akan terjebak terus pada perangkat bersistem operasi iOS 5. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel