Dua Aplikasi untuk Melacak Handphone Nokia dan Android yang Hilang

20 May 2012 15:00 49741 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Handphone Anda hilang? Hal ini tentunya bisa membuat Anda frustasi. Ada beberapa cara untuk melacak handphone yang hilang. Berikut adalah beberapa alternatif untuk melacak handphone yang hilang.

Handphone Anda hilang? Hal ini tentunya bisa membuat Anda frustasi. Ada beberapa cara untuk melacak handphone yang hilang. Berikut adalah beberapa alternatif untuk melacak handphone yang hilang.

Pertama-tama ketika bertanya tentang bagaimana melacak handphone yang hilang, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan di mana tempat pertama handphone tersebut hilang. Jika tempat pertama adalah di rumah Anda, pelacakan GPS mungkin tidak akan membantu. Di sisi lain, jika handphone hilang di tempat yang sekiranya jauh atau itu benar-benar dicuri, pelacakan bisa sangat berguna.

Aplikasi GPS pada umumnya sering melibatkan layanan berbayar, namun aplikasi GPS akan sangat berguna ketika handphone dicuri. Biasanya, cara untuk melacak handphone yang hilang ini melibatkan log in ke sebuah situs web dan menggunakan situs web yang terhubung ke handphone dalam beberapa cara. Beberapa program jenis ini mengaktifkan pesan di handphone yang menginstruksikan orang yang memilikinya untuk mengembalikan handphone untuk hadiah. Hal ini dapat berarti bahwa handphone akan dikembalikan oleh orang asing.

Teknik yang dapat digunakan untuk melacak handphone salah satunya adalah dengan mencarinya secara manual, yaitu melakukan panggilan missed call. Memanggil telepon adalah cara yang sangat efektif untuk menemukan handphone seseorang jika suaranya aktif, tetapi tidak dapat berguna jika handphone dalam keadaan silent. Pencarian secara manual adalah cara yang bagus untuk melacak handphone hilang jika ia hanya salah tempat. Namun hal ini tidak membantu jika handphone yang hilang akibat dicuri.

Cara terbaik untuk melacak handphone sebagai langkah pencegahan adalah dengan memastikan bahwa Anda meng-install sebuah aplikasi GPS pada handphone Anda. Aplikasi pelacak memungkinkan lokasi telepon dapat diikuti dari jarak jauh via komputer maupun smartphone. Tipe software ini sering digunakan untuk memantau lokasi karyawan, anak, atau pasangan. Sebuah aplikasi pelacak juga dapat digunakan untuk menemukan handphone yang telah hilang atau dicuri.

Ada dua cara umum di mana aplikasi pelacak dapat menentukan lokasi handphone Anda. Metode pertama adalah dengan menganalisa sinyal dari menara handphone terdekat. Dengan mengidentifikasi menara yang berbeda dan menentukan kekuatan sinyal dari setiap titik, aplikasi pelacak dapat menghitung lokasi geografis kasar handphone. Metode ini memang tidak begitu akurat, tetapi secara umum dapat menentukan lokasi handphone dalam jarak sekitar 0,6 mil atau sekitar 1 km.

Metode lokasi kedua yang digunakan oleh aplikasi pelacak tergantung pada global positioning systems (GPS). Handphone modern memiliki chip GPS kecil yang mampu menerima sinyal lokasi dari satelit. Sebuah aplikasi pelacak handphone dapat menggunakan sinyal-sinyal GPS untuk menentukan lokas. Metode ini biasanya sangat akurat, dan dapat mengidentifikasi lokasi geografis dari handphone dengan akurasi jarak sekitar 15 m.

Aplikasi pelacak handphone canggih menggabungkan kedua menara handphone dan metode GPS. Hal ini memungkinkan aplikasi untuk menggunakan kapan tersedia sinyal satelit yang akurat, dan untuk kembali ke triangulasi menara handphone jika pembacaan GPS tidak tersedia. Lokasi seperti perkotaan kadang-kadang dapat menyebabkan gangguan GPS, sementara beberapa menara handphone sering tersedia untuk pemeriksaan.

Aplikasi pelacak handphone menyiarkan posisi handphone untuk lokasi yang jauh. Banyak aplikasi memiliki kemampuan untuk mengirim lokasi melalui pesan teks. Secara berurutan, aplikasi pelacak handphone dapat melaporkan posisi menggunakan email atau pesan multimedia (MMS). Beberapa aplikasi pelacak handphone memberitahu pengguna ketika pesan-pesan ini dikirim, sementara yang lain melakukan langkah ini secara private.

Posisi handphone sering ditandai pada peta, dan ditampilkan pada layar komputer atau smartphone. Software yang digunakan untuk melihat data pelacakan aplikasi juga sering dapat menampilkan rute dan tempat berhenti yang sering digunakan oleh pemilik handphone. Hal ini juga dapat memberikan notifikasi jika handphone masuk atau keluar zona geografis yang telah ditetapkan. Anda dapat mengunduh aplikasi pelacak ini secara gratis di Nokia Ovi Store dan Google Play. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel