Duel Tablet Android, Asus Transformer Prime vs Acer Iconia Tab A510

11 May 2012 18:30 3156 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa vendor yang sebelumnya tidak pernah merambah ke dunia tablet PC akhirnya memberanikan diri untuk merambah dunia tablet setelah kepopuleran tablet naik daun. Seperti vendor Asus yang sukses meluncurkan produk laptop dan perangkat komputer lainnya, kini telah mengeluarkan tablet hasil produksinya yang bernama Asus Transformer Prime.

Kehadiran tablet saat ini telah menjadi primadona di pasar gadget tanah air. Banyak kategori tablet yang bisa Anda dapatkan, mulai dari tablet murah dari vendor lokal hingga tablet yang memiliki harga yang tinggi dari vendor ternama. Meskipun tablet PC pertama kali dikenalkan oleh Apple dengan iPad-nya, namun pasar tablet di tanah air saat ini di ramaikan dengan tablet yang mengusung sistem operasi Android dari bermacam-macam vendor, didukung dengan sistem operasi Android yang saat ini sedang naik daun bisa menambah nilai penjualan dari tablet Android.

Beberapa vendor yang sebelumnya tidak pernah merambah ke dunia tablet PC akhirnya memberanikan diri untuk merambah dunia tablet setelah kepopuleran tablet naik daun. Seperti vendor Asus yang sukses meluncurkan produk laptop dan perangkat komputer lainnya, kini telah mengeluarkan tablet hasil produksinya yang bernama Asus Transformer Prime. Sedangkan Acer yang sukses dengan produk Notebooknya pun tak mau kalah dengan menelurkan Ace Iconia Tab.

Dalam tulisan ini Paseban tertarik untuk membandingkan kedua jenis tablet dari vendor yang ahli dalam membuat perangkat komputer, yaitu Asus Transformer Prime dan Acer Iconia Tab, manakah di antara kedua tablet ini yang lebih unggul?

Dimensi

Bodi dari kedua tablet ini terlihat tidak berbeda jauh, sama-sama mengusung bodi yang kompak, Asus Transformer Prime yang bodinya dibalut dengan bodi palstik yang glossy memiliki dimensi 263 x 180.8 x 8.3 mm dan memiliki berat total sebesar 586 gram. Sedangkan untuk Acer sendiri memiliki dimensi 259.1 x 175.3 x 10.2 mm dan memiliki berat total 680 gram. Untuk kategori dimensi ini, Asus Transformer Prime lebih unggul dibandingkan dengan Acer Iconia Tab yang memiliki dimensi lebih bongsor dibandingkan dengan Asus Transformer Prime.

Layar

Asus Transformer Prime mengusung layar sentuh kapisitif dengan mengusung teknologi Super IPS+ dan memiliki resolusi layar sebesar 1280 x 800 piksel pada layar 10.1 inci. Kekuatan layar yang diusung oleh tablet Asus Transformer Prime ini sebesar 149 ppi. Untuk mengoptimalkan penggunaan game pada tablet ini, Asus Transformer Prime didukung oleh teknologi multitouch dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass.

Sedangkan untuk Asus sendiri mengusung layar sentuh kapasitif yang mampu menampilkan 16 juta ragam warna dengan resolusi 1280 x 800 piksel pada layar sebesar 10.1 inci dan memiliki kekuatan piksel 149ppi. Acer pun telah mendukung fitur multitouch untuk mengoptimalkan penggunaan game pada tablet ini. Untuk urusan layar, kedua tablet ini sama-sama memiliki nilai yang seimbang.

Performa

Asus Transformer Prime ini mengusung sistem operasi Android v3.2 Honeycomb yang bisa Anda upgrade menjadi Android v4.0 Ice Cream Sandwich yang dilengkapi prosesor Quad-core 1.3 GHz sebagai dapur pacunya. Untuk melancarkan jalannya aplikasi, Asus Transformer Prime dilengkapi dengan RAM sebesar 1 GB. Sedangkan untuk Acer Iconia Tab, telah mengusung sistem operasi Android Ice Cream Sandwich yang juga dipersenjatai dengan prosesor Quad-core 1,3 GHz sebagai dapur pacunya. Acer Iconia Tab juga memiliki kekuatan RAM yang sama dengan Asus Transformer Prime, yakni sebesar 1 GB. Untuk performa, kedua tablet ini memiliki nilai yang imbang.

Kamera

Asus Transformer Prime mengandalkan kamera sebesar 8MP untuk urusan fotografi yang mampu menangkap gambar hingga 3264 x 2448 piksel yang dilengkapi dengan pengaturan standar kamera, seperti lampu flash, autofocus dan Geo-tagging. Asus Transformer Prime tak lupa mempercantik dirinya dengan kamera sekunder sebesar 1.2 MP yang tertanam di bagian depan.

Sementara untuk Acer sendiri mengandalkan kamera sebesar 5MP yang mampu menangkap gambar dengan resolusi 2592 x 1944 piksels yang dilengkapi pula dengan penggaturan standar kamera seperti lampu flash dan autofocus. Untuk kamera sekunder sendiri, Acer mengusung kamera sekunder dengan kekuatan sebesar 1MP. Untuk kategori kamera, Acer harus mengakui kekuatan kamera yang diusung oleh Asus Transformer Prime yang lebih besar.

Baterai dan Memori

Untuk urusan daya tahan , Asus Transformer Prime mengandalkan baterai Li-Po 25Wh sebagai daya tahanya. Untuk memori, Asus Transformer Prime dianugerahi memori internal sebesar 32/64 GB dan masih bisa Anda ekspansi hingga 32 GB. Sedangkan Acer sendiri mengandalkan baterai Li-ion 9800 mAh, dan untuk daya simpannya Acer dianugerahi memori internal sebesar 32GB,dan masih bisa Anda ekspansi dengan menggunakan memori eksternal sebesar 32GB.

Kesimpulan

Dari perbandingan tadi, didapatkan bahwa kedua tablet ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda menginginkan tablet yang memiliki bobot yang ringan, maka Asus Transformer Prime merupakan pilihan yang tepat untuk Anda, namun jika Anda menginkan tablet dengan bodi yang mumpuni, maka Acer Iconia Tab bisa menjadi pilihan terbaik. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel