Mengenal Lebih Dalam Fitur Perintah Suara S-Voice di Samsung Galaxy S III

10 May 2012 08:30 11093 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perusahaan perangkat mobile raksasa asal Korea Selatan, Samsung, secara resmi telah merilis smartphone terbarunya yakni Samsung Galaxy S III. Perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang lebih baik daripada pendahulunya Samsung Galaxy S II.

Perusahaan perangkat mobile raksasa asal Korea Selatan, Samsung, secara resmi telah merilis smartphone terbarunya yakni Samsung Galaxy S III. Perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang lebih baik daripada pendahulunya Samsung Galaxy S II. Selain karena telah dilengkapi dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich dan prosesor Quad Core dari Ekynos, Samsung Galaxy S III membawa banyak fitur terbaru yang tidak ditemukan pada perangkat sebelumnya.

Salah satu fitur yang menarik dari Galaxy terbaru tersebut adalah kehadiran fitur perintah suara bernama S-Voice. Fitur S-Voice ini disebut-sebut memiliki fungsi yang serupa dengan fitur Siri untuk perangkat iPhone 4S. Namun, rupanya Samsung tentu tidak ingin memiliki fitur seimbang apalagi berada di belakang pesaing terberatnya tersebut. Fitur ini rupanya memiliki kemampuan yang tidak dapat ditemukan pada Siri.

Dengan adanya fitur perintah suara, para pengguna smartphone tidak memerlukan banyak akses dengan menyentuh layar. Anda dapat mengetik ataupun mengoperasikan aplikasi, membuat schedule, melakukan panggilan telepon, dan juga membalas email dengan menggunakan perintah suara terhadap perangkat mobile. Namun, hal tersebut hanya akan Ada pada fitur suara Siri di perangkat buatan Apple, iPhone. Sedangkan S-Voice memiliki fungsi lain selain dapat mencangkup fungsi-fungsi yang berada pada Siri.

Pihak perusahaan Samsung sebelumnya telah melakuakn percobaan fitur suara Google Voice Action pada beberapa perangkatnya. Tapi, S-Voice memiliki kelebihan daripada prototipenya tersebut. Fitur perintah suara terbaru dari Samsung ini dapat Anda gunakan dengan memberikan perintah suara seperti "What's the weater for today?" ataupun saat Anda hendak berfoto ria dengan memberikan perintah "Cheese."

Siri memang telah menjadi pioneer yang memberikan kenyamanan pengoperasian perangkat mobile melalui suara agar menjadi lebih mudah dan menarik. Namun, fakta saat ini membuktikan teknologi S-Voice yang tertanam pada smartphone Samsung terbaru ini memiliki kemampuan yang berbeda. Dengan menggunakan S-Voice, Anda tidak hanya dapat memeriksa prakiraan cuaca dan mengatur alarm, namun dapat pula membuat dan meluncurkan aplikasi menggunakan suara. Selain itu Anda pun dapat memerintahkan perangkat untuk membuka berbagai aplikasi seperti membuka aplikasi musik, membuka Google Maps dan masing banyak lainnya.

S-Voice dapat mengenali beberapa perintah suara seperti jika Anda ingin mematikan alarm. Cukup dengan berkata "Snooze" ataupun "direct call" saat hendak melakukan panggilan langsung ketika sedang mengetik pesan singkat. Sementara Anda pun dapat mengontrol tingkatan suara musik, memerintahan untuk menggunakan kamera, mengorganisir kalender, dan melakukan panggilan telepon.

Fitur ini mendukung penggunaan delapan bahasa berbeda, termasuk bahasa Inggris Amerika dan Inggris British. Kemampuan fitur juga sedikit mengindikasikan bahwa teknologi perintah suara terbaru ini belum mencapai tahap final. Sepertinya masih banyak langkah-langkah terbaru yang akan digunakan oleh S-Voice untuk perangkat Samsung di masa depan. Jika para pengguna iPhone memiliki keterbatasan dalam hal fungsi yang dimiliki fitur perintah suara Siri, tentunya kehadiran S-Voice akan memacu kedua pihak yang masih terus bersaing sengit ini untuk lebih berinovasi. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel