Komparasi Tablet Beda Sistem Operasi - Samsung Galaxy Tab 8.9 Tab VS BlackBerry PlayBook

6 May 2012 09:00 2617 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Membicarakan tentang Tablet, Paseban tertarik untuk membandingkan dua buah Tablet yang sedang naik daun, yaitu Samsung Galaxy Tab 8.9 dan PlayBook dari BlackBerry. Manakah dari kedua tablet ini yang lebih unggul?

Kian ramainya penjualan Tablet PC di tanah air, membuat para pengguna beralih kepada Tablet ketimbang laptop. Ini dikarenakan fungsionalitas dan mobilitas yang dibawa oleh Tablet itu sendiri. Bukan berarti Tablet lebih baik ketimbang laptop, untuk urusan performa masih jauh dibandingkan laptop, namun jika Anda sedang dalam keadaan tergesa gesa dan ingin sekedar membuka web atau membaca buku, Anda tentunya tidak menginginkan seusatu yang memakan tempat seperti laptop, dan untuk itulah tablet muncul untuk membantu kita.

Membicarakan tentang Tablet, Paseban tertarik untuk membandingkan dua buah Tablet yang sedang naik daun, yaitu Samsung Galaxy Tab 8.9 dan PlayBook dari BlackBerry. Manakah dari kedua tablet ini yang lebih unggul?

Dimensi

Jika dilihat secara sekilas, bodi dari kedua tablet ini memiliki bentuk yang tidak terlalu jauh, kedua tablet ini memiliki bentuk yang sama dan hampir terlihat identik. Namun Samsung Galaxy Tab 8.9 lebih terlihat bongsor dengan ukuran dimensi 230.9 x 157.8 x 8.6 mm dan memilki berat total 455 gram. Sedangkan untuk PlayBook memiliki dimensi 194 x 130 x 10 mm dan memiliki berat 425 gram. Untuk ukuran PlayBook memang tergolong lebih kecil dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab 8.9, namun Samsung Galaxy Tab lebih tipis jika dibandingkan dengan PlayBook.

Layar

Samsung Galaxy Tab memiliki layar sentuh capacitive PLS TFT 16 juta warna dengan ukuran 800 x 1280 pixels dan lebar 8.9 inci dengan kekuatan pixel sebesar 170 ppi serta telah mendukung fitur Multitouch. Sementara itu PlayBook mengusung layar sentuh capacitive TFT dengan 16 juta warna pada layar sebesar 7 inci dan memiliki kekuatan pixel hingga 170 ppi dan sama sama telah mendukung fitur Multitouch.

Performa

Samsung Galaxy Tab 8.9 ditanami sistem operasi Android 3,2 Honeycomb dan disokong oleh prosesor sebesar 1,5 Ghz serat dukungan RAM sebesar 1 GHz. Sementara untuk PlayBook, ditanami sistem operasi BlackBerry Tablet OS dan prosesor Dual-core sebesar 1 GHz Cortex-A9 dan RAM yang sama sama sebesar 1 GB.

Baterai dan Memori

Samsung Galaxy Tab 8.9 ditanami baterai Li-Ion 6100 mAh yang mampu bertahan selama 11 jam untuk pemakaian berbicara, sedangkan untuk urusan daya simpan, Samsung Galaxy Tab 8.9 mengAndalakan memori internal sebesar 16 dan 32 GB sesuai dengan pilihan Anda dan tanpa disokong oleh adanya slot memori eksternal. Dan untuk PlayBook sendiri mengandalkan baterai Li-Po 5300 mAh yang mampu bertahan hingga 10 jam untuk pemakaian berbicara dan untuk daya simpannya sendiri PlayBook mengandalakan memori internal sebesar 16, 32 dan 64 GB sesuai dengan pilihan Anda dan juga tidak menyertakan slot memori eksternal.

Kesimpulan

Untuk memilih diantara kedua tablet tersebut, pilihan kembali ada pada minat dan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan tablet dengan kecepatan yang mumpuni, Samsung Galaxy Tab 8.9 menjadi pilihan yang tepat, namun jika Anda pengguna BlackBerry dan ingin mengoptimalkannya, maka PlayBook bisa Anda bawa pulang. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel