Fakta tentang Ukuran Layar Hp Pintar atau Tablet dengan Tampilan Layar yang Perlu Anda Tahu

3 Mar 2012 16:00 5537 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dirasa atau tidak dirasa memang permasalahan ukuran layar pada perangkat mobile yang ada sekarang ini sedikit menarik untuk diperbincangkan . karena memang keberadaan ukuran layar perangkat mobile ini bisa memberikan pengaruh terhadap pengguna perangkat mobile tersebut. Fakta ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh NPD In-Stat mengenai kebiasaan pengguna perangkat mobile terutama computer tablet terkait dengan ukuran layar yang ada pada smartphone tersebut.

Permasalahan "ukuran layar hp" pintar atau perangkat *mobile* lain yang ada sekarang ini sedikit menarik untuk diperbincangkan. Karena memang keberadaan ukuran layar hp dan perangkat *mobile* lainnya ini bisa memberikan pengaruh terhadap pengguna perangkat mobile tersebut.

Fakta ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh NPD In-Stat mengenai kebiasaan pengguna perangkat "mobile" terutama "tablet" PC dan hp pintar. Ternyata "ukuran layar hp" pintar dan "tablet" PC pun bisa memberikan perubahan dalam pengaksesan konten yang diakses di dalam perangkat "mobile" kebanyakan.

Kita ambil contoh saja untuk beberapa komputer tablet yang digunakan yang memiliki kurang lebih ukuran layar antara 9-11 inci. "Nah", untuk penggunaan layar sebesar ini kebanyakan digunakan untuk akses konten web, "email", "instant messaging", aplikasi mobile penunjang atau biasa disebut productivity dan kegiatan yang berhubungan dengan koneksi internet lainnya. Itulah data yang diperoleh untuk ukuran layar komputer tablet antara 9-11 inci.

Akan tetapi berbeda dengan ukuran layar kurang dari 9/11 inci. Tentunya kebanyakan perangkat yang memiliki layar lebih kecil dari 9/11 inci adalah ukuran layar hp pintar. Kebanyakan penggunanya cenderung untuk menggunakan perangkat "mobile" dengan ukuran seperti ini untuk akses konten hiburan seperti musik, video, "games" dan aplikasi menarik lainnya. Itulah data yang didapatkan peneliti dari NDP In-Stat.

Data-data tersebut bila dihubungkan dengan kenyataan di lapangan, memang ada sedikit kesamaan. Perbedaan ukuran layar hp atau tablet tentu menarik segmentasi yang berbeda pula dalam hal akses konten yang digunakan. Seperti contoh kasus Blackberry Playbook dengan dukungan layarnya berhasil mengelabui para penggunanya dengan segmentasi awal bahwa "device" ini dapat memberikan dan menghadirkan aplikasi untuk urusan "productivity". Tetapi apa yang terjadi malah sebaliknya, Blackberry Playbook ini tidak bisa memberikan segmentasi yang cocok dengan dukungan layar yang pas kepada penggunanya.

Akibatnya, produk ini kurang laku di pasaran. Jika data ini memang benar benar akurat, maka bisa ditarik kesimpulan alasan kenapa beberapa produk tablet atau smartphone gagal di pasaran. Dan ada satu lagi contoh kasus yang terjadi yaitu hingga saat ini Apple dengan iPadnya berhasil mendominasi pasar tablet dunia yang tampil dengan layar berukuran 9.7 inci. "Nah", segementasi pengguna iPad ini merasa cocok dengan apa yang ditawarkan oleh perangkat "mobile" ini. Dukungan layar yang besar yaitu sekitar 9.7 inci cocok dengan segmentasi pengguna perangkat "mobile" ini.

iPad yang hadir menawarkan fitur aplikasi untuk urusan "productivity" yang bisa mendukung kinerja penggunanya dan cocok dengan layar 10 inci. Maka dari itulah dari kesamaan segmentasi itu perangkat mobile iPad ini laku keras di pasaran baik di dalam negeri dan luar negeri. Pengguna iPad merasa tidak ragu lagi untuk menggunakan aplikasi yang ada di dalam iPad tersebut dengan dukungan ukuran layar hp pintar atau tablet yang pas untuk kenyamanan dalam memanfaatkan aplikasi non hiburan. Itulah sedikit "review" mengenai pengaruh ukuran layar hp atau tablet terhadap akses konten yang di akses oleh pengguna perangkat tersebut. Penelitian ini hanya sebuah penelitian saja, dan belum tentu juga di era yang akan datang segementasi pengguna perangkat mobile ini akan tetap seperti ini. [AD]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel