Aplikasi untuk Menggambar Procreate, Ciptakan Sketsa, Ilustrasi, Lukisan Terbaik Anda di Studio Digital iPad

23 Apr 2012 10:00 5147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kreativitas tidak mengenal batasan ruang. Ia bisa digali dari beragam media. Seperti halnya dalam seni melukis tembok, ada beragam pilihan ruang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah karya seni yang menarik.

Kreativitas tidak mengenal batasan ruang. Ia bisa digali dari beragam media. Seperti halnya dalam seni melukis tembok, ada beragam pilihan ruang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah karya seni yang menarik. Begitupun dengan perangkat tablet seperti iPad. Kecanggihan produk keluaran iPad tersebut rupanya dapat dimanfaatkan untuk mengolah kreativitas menjadi sebuah karya, termasuk membuat gambar sketsa ataupun lukisan virtual. Pengembang aplikasi untuk menggambar di iPad, Savage Interactive Pty Ltd, baru saja meluncurkan produknya bernama Procreate. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk membuat ilustrasi dan dapat digunakan mulai dari anak kecil hingga seniman profesional.

Aplikasi untuk menggambar Procreate hadir dengan lebih dari 45 kuas lukis virtual. Anda dapat memilih mulai dari pencil sketsa, kuas melukis, hingga kuas abstrak yang tidak dapat ditemukan di dunia nyata. Dengan kata lain, aplikasi untuk menggambar Procreate merupakan studio digital profesional yang dapat Anda gunakan cukup dengan jari. Selain itu ada beberapa kategori kuas atau brushes yang dapat Anda gunakan seperti kategori Inking, Painting, Sketching, Airbrushing, Textures, hingga Abstract. Sementara, pihak pengembang aplikasi pun akan memberikan Anda pengalaman melukis digital dengan cara baru. Mereka memperkenalkan teknologi mesin Silica pada aplikasinya tersebut. Mereka mengklaim bahwa ini merupakan gebrakan besar bagi dunia pelukisan digital.

Kemampuan melukis dengan cepat adalah performa yang ditawarkan Silica dalam aplikasi iPad ini. Aplikasi untuk menggambar Procreate dapat memberikan goresan kuas yang cepat dan memiliki presisi yang baik. Anda dapat melihat goresan yang tercampur, rusak, bahkan yang menjadi noda pada saat bersamaan. Selain itu Silica menawarkan penggunaan perfoma GPU (Graphics Processing Unit) dengan teknologi OpenGL ES 2.0. Ketika beberapa aplikasi sketsa atau ilustrasi pada umumnya membatasi 256 warna, Procreate menawarkan penggunaan 65.000 warna. Kemampuan kuas atau brushes yang digunakan aplikasi untuk menggambar Procreate memang menjadi daya tarik tersendiri. Setiap kuas yang digunakan memiliki lebih dari 25 pengaturan yang dapat Anda manfaatkan. Dengan demikian, Anda memiliki otoritas yang luas terhadap perangkat.

Procreate yang baru diluncurkan pada tanggal 11 April 2012 ini memiliki ukuran aplikasi sebesar 55.8 MB dengan penggunaan bahasa Inggris. Dengan kemampuannya yang menarik, sejauh ini Procreate telah mendapatkan rating dengan lima bintang di iTunes. Bahkan aplikasi ini pun telah digunakan oleh sebuah grup band bernama Art Decade untuk membuat video klip berjudul Western Sunrise. Bahkan ilustrator yang mengolah proses video tersebut pun merekomendasikan aplikasi ini kepada para pembuat animasi, film, produser atau apapun. Bagi Anda para pengguna iPad yang penasaran dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya seharga $ 4.99 di iTunes, dan simak video pembuatan dan klip Art Decade yang menggunakan Procreate. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel