Adu Dua Aplikasi Telepon Internet untuk Android: Skype Vs Viber

20 Apr 2012 11:00 4490 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Media telekomunikasi saat ini sangat mudah kita dapatkan. Dan salah satunya kemajuan terhadap media komunikasi yang memanfaatkan media internet untuk mengadakan hubungan telepon antar negara tanpa dipungut biaya sedikit pun alias gratis. Pelopor penggunaan internet sebagai media telekomunikasi ini adalah Skype.

Media telekomunikasi saat ini sangat mudah kita dapatkan. Dan salah satunya kemajuan terhadap media komunikasi yang memanfaatkan media internet untuk mengadakan hubungan telepon antar negara tanpa dipungut biaya sedikit pun alias gratis. Pelopor penggunaan internet sebagai media telekomunikasi ini adalah Skype. Dengan menggunakan aplikasi telepon internet ini, Anda dapat melakukan video call terhadap lawan bicara Anda. Setelah Skype, diikuti pula oleh Viber. Viber memungkinkan Anda melakukan VoIP atau telepon internet tanpa berbayar. Lalu bagaimana jika kedua apliaksi telepon internet ini dipertemukan? Siapakah yang benar-benar merajai aplikasi telepon internet?

Interface

Untuk kategori pertama yang dinilai dari kedua aplikasi telepon internet ini adalah tampilan antarmuka dari keduanya. Skype mengusung tampilan antarmuka yang telah menjadi ciri khasnya pada desktop maupun ponsel. Dengan warna latar biru muda dan dengan tambahan beberapa ornamen grafis cantik yang membuat tampilan Skype menyenangkan. Pada tampilan awal antar muka Skype ini, Anda akan menemukan empat buah menu utama. Di antaranya Contacts, Recent, Call Phones, dan Profile. P ada bagian atas aplikasi ini Anda akan menemukan dialog bar untuk melakukan sharing status Anda.

Sedangkan pesaingnya Viber memilih mengusung tampilan antarmuka yang terbilang sederhana. Dengan berlatar warna ungu dan Anda akan menemukan dua buah menu berisikan negara dan tempat dimana Anda memasukkan nomor telepon. Setelah memasuki menu utama, Anda akan menemukan tombol number pad yang berfungsi untuk memasukkan nomor telepon yang ingin dituju. Sedangkan menu-menu lainnya pada aplikasi ini bisa Anda dapatkan pada bar yang bertengger cantik pada bagian bawah number pad. Untuk urusan tampilan antarmuka, Skype lebih unggul karena mengusung tampilan yang cukup membuat orang betah berlama-lama memandangnya.

Performa

Performa dari kedua aplikasi telepon internet ini tergantung pada jaringan yang Anda miliki. Skype dikenal memiliki kualitas suara yang jernih dan tampilan video yang mumpuni pada jaringan WiFi dan 3G. Namun Skype akan menjadi aplikasi yang buruk ketika Anda memilki jaringan yang tidak memadai. Terkadang suara yang dihasilkan tidak terdengar dan juga video yang tidak terlalu terlihat secara jelas. Sedangkan untuk Viber, aplikasi ini juga tergantung dengan koneksi yang ada di daerah Anda. Setelah Anda meng-install aplikasi ini, dengan otomatis akan melakukan sinkronisasi terhadap kontak Anda untuk melakukan panggilan secara gratis ke berbagai negara. Namun hal yang serupa seperti Skype juga terjadi jika Anda mengalami koneksi yang sangat buruk.

Kompabilitas

Skype mendukung sistem operasi Android yang memiliki versi 2.0 ke atas, sedangkan Viber membutuhkan minimal kompabilitas Android 2.0. Anda bisa mendapatkan kedua aplikasi telepon internet ini secara gratis di Google Play. Untuk mendapatkan Skype Anda bisa mengunduhnya di sini. Sedangkan untuk Viber, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Kebutuhan akan aplikasi telepon internet ini bergantung pada kebutuhan dan minat Anda terhadap kedua aplikasi telepon internet ini. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan Skype pada desktop, tak ada salahnya mencobanya pada ponsel Android. Dan jika Anda merasa bosan dengan Skype, Anda bisa mencicipi Viber sebagai penggantinya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel