PrinterShare - Cara Print File langsung Dari Android

6 Sep 2011 12:02 60727 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Setelah menghadirkan cara untuk print langsung melalui iPhone, tidak lengkap rasanya bila tidak menghadirkan cara print bagi perangkat Android. Oleh karena itu, kali ini Paseban akan menjelaskan cara untuk print langsung melalui smartphone Android melalui PrinterShare.

Setelah menghadirkan cara untuk print langsung melalui iPhone, tidak lengkap rasanya bila tidak menghadirkan cara print bagi perangkat Android. Oleh karena itu, kali ini Plimbi akan menjelaskan cara untuk print langsung melalui smartphone Android melalui PrinterShare.

Aplikasi tambahan untuk Android yang Paseban gunakan adalah PrinterShare, aplikasi populer produksi developer Mobile Dynamix. PrinterShare mempunyai dua mode yaitu Nearby dan Remote. Mode Nearby memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone dengan printer melalui jaringan WiFi. Untuk menggunakan mode Nearby dengan koneksi langsung antara smartphone dan printer, caranya cukup sederhana:

  1. Install PrinterShare pada perangkat Android Anda.

  2. Pastikan printer Anda mendukung koneksi WiFi

  3. Apabila printer Anda mendukung koneksi WiFi, aplikasi akan langsung mendeteksi printer Anda, selanjutnya Anda bisa langsung print file.

Apabila printer Anda tidak mendukung koneksi WiFi, Anda bisa menggunakan mode Nearby menggunakan PrinterShare desktop client yang di-install pada komputer, berikut ini caranya:

  1. Download dan Install PrinterShare pada perangkat Android Anda,

  2. Pastikan komputer dan printer telah terkoneksi, ter-setting dan siap untuk digunakan,

  3. Download dan Install PrinterShare desktop client pada komputer,

  4. Pada PrinterShare desktop client komputer Anda, cari printer yang Anda gunakan pada list 'Local Printers' dan klik Share.

  5. Selanjutnya PrinterShare pada Android Anda akan langsung mendeteksi printer yang di share tersebut.

Apabila Anda tidak memiliki koneksi WiFi, Anda bisa menggunakan mode Remote. Mode ini hampir mirip dengan mode Nearby menggunakan desktop client, hanya saja pada mode ini Anda akan menggunakan jaringan internet sebagai perantara antara Android dan komputer. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Download dan Install PrinterShare pada perangkat Android Anda,

  2. Pastikan komputer dan printer telah terkoneksi, ter-setting dan siap untuk digunakan,

  3. Download dan Install PrinterShare desktop client pada komputer,

  4. Pada PrinterShare desktop client komputer Anda, cari printer yang Anda gunakan pada list 'Local Printers' dan klik Share.

  5. Pada Android Anda, klik Menu -> Remote Printers -> create User ID. User ID bisa Anda temukan pada sudut kiri atas PrinterShare desktop client.

  6. Selanjutnya semua perangkat sudah siap untuk melakukan print. Saat Anda memilih file untuk di-print, desktop client mengeluarkan notifikasi, klik New job -> Print. Langkah notifikasi diperlukan untuk mencegah pengguna lain mengakses printer Anda.

Pada langkah mode Remote, menunjukkan bahwa Anda bisa mengirim file pada desktop client lain di seluruh dunia. Contoh, apabila Anda tidak memiliki printer di rumah, Anda bisa meminta tolong teman Anda yang berada jauh dari rumah Anda untuk print file milik Anda, Anda tinggal kirim file tersebut ke PrinterShare desktop client milik teman Anda. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel