Pro HDR - Cara Cepat Membuat Foto HDR Fotografi Langsung dari iPhone Anda

16 Feb 2012 18:30 5913 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Para pecinta fotografi saat ini sedang marak mencoba berbagai proses pengolahan foto agar terlihat menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan format *High Dynamic Range* atau HDR fotografi via aplikasi Pro HDR.

Para pecinta fotografi saat ini sedang marak mencoba berbagai proses pengolahan foto agar terlihat menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan format High Dynamic Range atau HDR fotografi. Sebelum kualitas perangkat iPhone belum ditanami dengan kamera canggih seperti saat ini, fotografer biasanya mengolah fotonya secara manual dibantu dengan software pengolahan foto seperti Photoshop di perangkat komputer. Namun, berkat inovasi yang dilakukan oleh beberapa vendor teknologi mobile ternama, HDR fotografi dapat langsung dilakukan langsung di perangkat iPhone.

HDR sejatinya hadir sebagai salah satu teknik fotografi yang dapat mengatasi keterbatasan sensor dengan mengambil beberapa foto yang memiliki perbedaan eksposur. Dalam soal eksposur, kualitas foto akan dilihat dari tiga kategori. Pertama, foto dengan eksposur normal. Kedua dan ketiga adalah foto dengan kualitas eksposur over dan under. Secara sederhana, teknik HDR fotografi dilakukan dengan melakukan proses penggabungan foto. Namun, kehadiran beberapa aplikasi pengolahan foto yang banyak bertebaran saat ini semakin mempermudah pengguna iPhone untuk mendapatkan foto berkualitas HDR.

Untuk mendapatkan foto menggunakan teknik HDR, yang harus Anda persiapkan adalah aplikasi pengolahan foto di dalam perangkat iPhone seperti Photoshop Express dan iCamera HDR. Kemudian ikuti beberapa langkah berikut ini.

Persiapkan dua foto hasil bidikan kamera iPhone. Kedua foto tersebut haruslah berisi satu foto yang sama. Hanya saja Anda dapat membuatnya menjadi dua file. Yang satu memiliki kualitas lebih gelap, dan satunya lagi lebih terang. Atau Anda dapat membidik dua foto sekaligus dalam satu sesi menggunakan tripod dengan objek yang sedang tidak bergerak.

Setelah itu, gunakan aplikasi Photoshop Express untuk menaikkan dan menurunkan eksposur dari kedua foto yang telah dipersiapkan tersebut.

Setelah melalui proses di Photoshop, gabungkan kedua foto tersebut menggunakan aplikasi iCamera HDR. Kemudian kembali ke Photoshop untuk mengurangi noise pada foto yang telah tergabung.

Masih di dalam aplikasi Photoshop, tambahkan sedikit warna dan brigthness sebagai tahan akhir pengolahan foto HDR ini.

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk HDR fotografi ini. Kualitas sebuah foto pada akhirnya akan dikembalikan lagi kepada cita rasa seni sang pengguna iPhone. Teknik HDR fotografi ini akan lebih efektif apabila proses pemotretan dilakukan di ruang terbuka dan melibatkan untuk langit yang terang. Namun, bagi Anda yang malas melakukan teknik pengolahan foto ini secara manual, saat ini Anda dapat melakukannya secara otomatis. Aplikasi Pro HDR memungkinkan pengguna iPhone untuk mendapatkan foto HDR secara otomatis.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi Pro HDR ini, Anda bisa mengunduhnya seharga $1,99 di iTunes. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel