Adu Smartphone Android Gingerbread - Sony Ericsson Xperia Arc vs Samsung Nexus S

8 Dec 2011 09:00 6526 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sony Ericsson Xperia Arc dan Samsung Nexus S adalah dua ponsel yang didukung oleh Android 2.3 (Gingerbread). Sony Ericsson Xperia Arc dikenalkan ke seluruh dunia sebagai salah satu seri Sony Ericsson Xperia dalam kuartal pertama tahun 2011.

Sony Ericsson Xperia Arc dan Samsung Nexus S adalah dua ponsel yang didukung oleh Android 2.3 (Gingerbread). Sony Ericsson Xperia Arc dikenalkan ke seluruh dunia sebagai salah satu seri Sony Ericsson Xperia dalam kuartal pertama tahun 2011. Bentuk ponsel ini sangat tipis dengan lebar hanya 8,7 mm. Sony Ericsson menawarkan Reality Display dengan Sony BRAVIA Engine Handphone yang menyediakan multimedia terbaik.

Sementara Samsung Nexus S adalah ponsel pertama yang menjalankan 'Gingerbread' yang merupakan operating system Google terbaru pada saat itu. Ponsel ini dirancang untuk memberikan pengalaman penuh Android 2.3. Selain itu Nexus S juga tidak kalah dengan Sony Ericsson Xperia Arc dalam desain dan kemampuan multimedia.

Salah satu fitur tambahan dari Gingerbread yang digunakan Nexus S adalah Near Field Communications (NFC). Gingerbread telah terintegrasi dalam sistem NFC, yang dapat membaca informasi dari tag atau benda sehari-hari yang memiliki chip NFC di dalamnya. Ini bisa apa saja dari mulai dari stiker dan poster film hingga kartu kredit dan tiket udara.

NFC adalah data transfer teknologi yang disederhanakan untuk mentransfer data dengan cepat antara perangkat. Ini akan menjadi fitur yang berguna di masa depan untuk MCommerce. Gingerbread juga memungkinkan Anda untuk menempatkan panggilan VoIP / SIP langsung dari kontak Anda.

Sony Ericsson Xperia Arc

Sony Ericsson Xperia Arc memberikan Anda perpaduan desain yang sangat baik dari Sony Erisson yang digabungkan dengan kekuatan Google Android 2.3. Perangkat ramping candy bar ini dilengkapi dengan 4,2 "layar besar MultiTouch kapasitif dengan resolusi 854 × 480 dan Bravia engine, kaca Shatter-Proof, juga prosesor Snapdragon 1GHz.

Selain itu Sony Ericsson ini dilengkapi kamera 8MP dengan LED flash, yang dapat merekam video 720p dengan teknologi Sony Exmor R. Kamera dengan teknologi Sony Exmor R meningkatkan gambar dengan fitur-fiturnya seperti deteksi wajah / senyum, Geo tagging, penstabil gambar, touch focus,* touch capture*, video light, peredam kebisingan, kemampuan low light dan video capture. Smartphone ini tersedia dalam warna Midnight Blue dan Misty Silver.

Nexus S

Nexus S diperkenalkan pada Desember 2010 hasil kerjasama Samsung dan Google untuk menjalankan platform Android yakni 2.3 (Gingerbread). Nexus S Candy bar khusus dirancang untuk mengambil keuntungan penuh dari Android 2.3 dan dilengkapi dengan 4.0 "Contour Super AMOLED display dan resolusi WVGA 880 x 480, prosesor Hummingbird 1GHz dan memori internal 16GB.

Ia merupakan smartphone pertama yang menggunakan Contour Display. Meskipun tidak sangat menonjol namun ini cocok di tangan.

Samsung mengklaim bahwa kecerahan layar Nexus S adalah sampai dengan 1.5x lebih tinggi daripada layar LCD konvensional dan layar Super AMOLED-nya memberikan sudut pandang 180 derajat dan memberikan pengalaman melihat outdoor lebih baik, dengan rasio kontras 100,000:1. Ini membuat intensitas silau kurang dari 75% ketika Anda membawa Nexus S keluar ruangan, jika dibandingkan layar smartphone lainnya. Video, gambar dan permainan tidak akan kabur walaupun berada di bawah sinar matahari.

Perbandingan Sony Ericsson Arc dan Samsung Nexus S

Spesifikasi Sony Ericsson  Experia arc Samsung Nexus S
Display Size, Type 4.2 capacitive Multitouch screen, 16M colour with Sony Mobile Bravia Engine, Shatter proof, scratch-resistant 4.0 capacitive Multitouch, Super AMOLED, 16M colour
Resolution FWVGA 854 x 480 800 x 480
Keyboard Virtual QWERTY with Swype Virtual QWERTY with Swype
Dimension 125 x 63 x 8.7 mm 123.9 x 63.0 x 10.88 mm
Weight 117 g 129 g
Operating System Android 2.3 (Gingerbread) Android 2.3 (Gingerbread)
Processor 1 GHz Qualcomm 1GHz Hummingbird
Storage Internal 8 GB 16 GB
External Expandable up to 32GB microSD No card slot
RAM 512 MB 512 MB
Camera 8.1 megapixel with LED flash, 2.46x smart zoom, Aperture f/2.4, Face detection, Geo-tagging, Image stabilizer, 720p HD video recording 5.0 megapixel with LED Flash, 720p/30fps HD video recording, geotagging, infinity and macro modes, exposure metering, three colour modes
Front faced Camera Yes, VGA Yes, VGA
Music MP3 Media player, Bluetooth stereo (A2DP), TrackID music recognition, PlayNow service for selected models Details not available
GPS A-GPS A-GPS
Bluetooth 2.1 + EDR 2.1 + EDR
Wi-Fi Details not available 802.11b/g/n
Multitasking Yes Yes
Browser Full HTML WebKit browser Full HTML WebKit browser
Support Adobe Flash 10.1 10.1
Wi-Fi hotspot Details not available Connects up to six wi-fi devices
Battery 1500mAh 1500 mAH Li-ion removable battery; Talktime 6.7 hours on 3G, 14 hours on 2G; Standby time (max) 428 hours
Messaging Email, IM, Video Chat, SMS & MMS, Microsoft Exchange ActiveSync Email, IM, Video Chat, SMS & MMS
Colour Midnight Blue, Misty Silver Black, SIlver
Additional Features HDMI TV out, DLNA modem, NeoReader barcode scanner, Sony Ericsson Timescape in selected models, 3D games
Sony Ericsson Timescape in selected models 3D games
HDMI TV out, DLNA modem, Gyroscope, Near Field Communications (NFC)

Kesimpulan

Di sisi aplikasi, karena keduanya menggunakan platform Android 2.3 dan memiliki akses penuh ke Android Market dan Layanan Google Mobile maka kita tidak dapat membedakan banyak aspek pada hal ini.

Sementara untuk bentuk, kedua ponsel terlihat menarik dan dirancang untuk cocok di tangan, tapi Xperia Arc lebih ramping. Selain itu, kamera Sony selalu menonjol pada kinerja, dengan teknologi Exmor R kita dapat mengharapkan kualitas gambar yang tinggi. Kedua ponsel memiliki kemampuan untuk berbagi gambar dan video dalam HD di TV melalui HDMI yang built in pada konektor. Fitur kurang di Nexus S adalah tidak adanya ketersediaan slot untuk kartu memori. Jadi pada perbandingan kali ini Sony Ericsson Xperia Arc nampak lebih unggul. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel