Perbandingan Smartphone Android Di Bawah 1 Juta, ZTE Racer II dan Huawei Ideos X1

19 Mar 2012 12:30 5648 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semakin terkenalnya operasi sistem Android membuat vendor internasional dan vendor lokal berlomba-lomba mengeluarkan produk berbasis Android. Tak ketinggalan pula vendor ZTE dan Huawei yang meluncurkan ZTE Racer II dan Huawei Ideos X1. Kedua *smartphone* **Android di bawah** 1 juta ini akan Paseban bandingkan dari segi desain hingga spesifikasinya.

Semakin terkenalnya operasi sistem Android membuat vendor internasional dan vendor lokal berlomba-lomba mengeluarkan produk berbasis Android. Tak ketinggalan pula vendor ZTE dan Huawei yang meluncurkan ZTE Racer II dan Huawei Ideos X1. Kedua smartphone Android di bawah 1 juta ini akan Paseban bandingkan dari segi desain hingga spesifikasinya.

Desain

ZTE Racer II muncul dengan ukuran 10.4 x 5.54 x 1.35 cm, sedangkan pesaingnya Huawei ideos X1 tampil dengan ukuran 10.4 x 5.6 x1.3 cm. Desain pada kedua smartphone Android di bawah 1 juta ini berbentuk oval sehingga nyaman saat digenggam. ZTE Racer II menyediakan tiga tombol fisik dan tiga tombol sentuh pada bagian bawah layar. Sedangkan pada Huawei Ideos X1 terdapat tiga tombol sentuh dan satu tombol fisik pada bagian bawah layar. Terdapat kesamaan pada kedua gadget ini yaitu tombol power dan port audio 3.5 mm yang sama-sama terletak pada sisi atas. Selain itu bahan fisik keduanya berbahankan material plastik dengan finishing doff. Dalam hal desain, kedua gadget ini dapat dikatakan berimbang.

Interface

Huawei Ideos X1 tampil dengan Huawei UI yang memberikan Anda tata ikon yang nampak mirip dengan Samsung Galaxy. Layar homescreen perangkat ini mempunyai animasi 3D. Untuk menjelajah menu, Anda dapat menggeser ke kiri atau ke kanan. Tidak seperti halnya Ideos X1, ZTE Racer II mempunyai tampilan yang cukup berbeda dibandingkan smartphone Android lain. Pada menu Anda akan disajikan dengan ikon dalam bentuk grid multi panel. Layar yang digunakan pada kedua smartphone Android di bawah 1 juta ini yaitu layar sentuh kapasitif 256 ribu warna dengan resolusi 240 x 320 piksel, serta ukuran 2.8 inci. Untuk sektor interface, Huawei Ideos X1 sedikit lebih unggul dikarenakan penggunaan Huawei UI-nya.

Hardware & Sistem Operasi

Dengan harga yang cukup murah, Anda tidak dapat mengharapkan kedua smartphone Android di bawah 1 juta ini mempunyai sistem operasi Android terbaru. Namun, dengan Android 2.2 Froyo sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Hardware yang terpasang pada kedua gadget ini diantaranya kamera 3 MP, port microSD hingga 32 GB, memori internal 512MB, RAM 256 MB, dan port microUSB. Perbedaan kedua smartphone Android di bawah 1 juta ini adalah ZTE Racer II menggunakan prosesor 500 MHz BCM2157 Brava yang ditopang baterai 1100 mAh, sedangkan Huawei Ideos X1 menggunakan prosesor 528 MHz Qualcomm MSM7225 dengan sumber tenaga baterai 1200 mAh. Lagi-lagi Huawei Ideos X1 sedikit lebih unggul ketimbang ZTE Racer II, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Multimedia

Sektor multimedia kedua smartphone Android di bawah 1 juta ini mempunyai media hiburan yang serupa, yaitu kamera 3 MP dengan kemampuan standar. Namun ZTE Racer II mempunyai dua pilihan modus scene dan enam efek warna untuk fitur kamera. Suara audio yang dihasilkan juga terasa standar, begitu pula dengan pemutar musik dan perekam video. Beruntung keterbatasan dalam pemutar musik ataupun pemutar video dapat diatasi dengan mengunduh aplikasi pemutar audio dan video eksternal. Dalam hal multimedia, ZTE Racer II lebih unggul pada fitur kamera daripada saingannya.

Internet & Koneksi

Meskipun dijual dengan harga yang miring, kedua vendor ini tetap memberikan fitur koneksi yang lengkap, mulai dari WiFi dan jaringan HSDPA. Tetapi Huawei Ideos X1 belum mendukung jaringan 3G. Untuk mentransfer data, keduanya mengandalkan kabel data dan Bluetooth. Meskipun hanya jaringan 3G yang membedakan, ini menjadi nilai tambah untuk ZTE Racer II.

Kesimpulan
Kedua smartphone Android di bawah 1 juta ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menjajal Android Froyo dengan harga bersahabat dan mendapatkan fasilitas kamera 3 MP, layar sentuh kapasitif serta jaringan WiFI. [AR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel