Ngomik - Aplikasi Komik Android asli Indonesia

21 Dec 2011 15:30 8559 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sejak berkembangnya internet, penggemar dan pembuat komik mulai beralih ke dunia maya. Ngomik, aplikasi komik dari Ngomik.com kini bisa dnikmati melalui perangkat Android Anda lewat aplikasi yang bernama Ngomik. Mau tahu seluk beluknya mengenai aplikasi Ngomik? Simak artikel berikut ini.

Bagi beberapa orang, hobi membaca komik bisa menghilangkan kejenuhan, entah itu komik asli Indonesia, ataupun komik Jepang ( Manga). Bagi Anda penggemar berat komik, Anda tidak boleh melewatkan aplikasi komik yang akan Paseban bahas pada artikel ini.

Sebelum lebih jauh ke aplikasinya, sedikit Paseban review dahulu perkembangan komik yang ada di Indonesia. Sekitar kurang lebih sepuluh tahun ke belakang, mungkin Anda hanya bisa membaca komik melalui buku saja, harganya pun masih terbilang cukup mahal yakni mulai dari Rp 12.500 - Rp 20.000. Komik yang ramai pada saat itu pun masih terbatas hanya hanya untuk komik ala Jepang, sebut saja salah satunya Doraemon, Crayon Shinchan, Detektif Conan, One Piece dan komik-komik Jepang yang lain.

Namun sejak berkembangnya internet, penggemar komik pun mulai beralih untuk menyalurkan hobi membaca komik tersebut melalui dunia maya. Selain gratis, membaca komik di internet menjadi pilihan terbaik karena lebih cepat beredar daripada versi buku aslinya. Nah, setahun terakhir, di mana teknologi mobile sudah semakin marak dengan aplikasi smartphone-nya, para developer pun tertarik untuk mengembangkan aplikasi komik pada smartphone.

Salah satu aplikasi tersebut bernama Ngomik. Sebelumnya, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan situs ngomik.com, kini situs tersebut sudah bertranformasi menjadi sebuah aplikasi komik yang cukup diminati. Aplikasi lokal ini tersedia secara gratis dan Anda bisa mengunduhnya di Android Market. Sistem operasi Android yang dapat menggunakan aplikasi Ngomik ini minimal versi 2.1 atau E’clair.

Aplikasi lokal yang dikembangkan oleh Javan IT Services ini tak jauh berbeda dengan versi website-nya, yakni sama-sama berfungsi untuk membaca komik, bedanya Anda bisa membaca komik tersebut secara mobile. Anda pun masih bisa memberikan skor pada komik ataupun memberinya sebuah komentar pada setiap seri komik yang Anda baca.

Paseban pun tertarik dengan aplikasi komik ini, ketika menjalankannya terdapat tombol 'Menu Utama' yang terdiri dari beberapa sub bagian menu, seperti daftar komik, komik premium (berbayar) dan koleksi komik yang tersedia. Pihak Javan pun mengelompokkan koleksi komiknya dalam beberapa kategori seperti Action, Comedy, Fantasy, Horror, Drama /Romance, Sci-Fi, Education, Sport dan Parody.

Cara membaca aplikasi ini adalah:

  • Swiper ke kanan dan ke kiri untuk membuka halaman selanjutnya ataupun halaman sebelumnya,

  • Tekan tombol back untuk keluar tampilan fullscreen,

Komik yang ada dalam aplikasi ini adalah komik lokal yang ceritanya hasil kreativitas anak negeri, dialognya pun tentu berbahasa Indonesia. Citra rasa komik Jepang masih terasa sangat kental, karena Paseban menemukan beberapa komik dari segi gambar yang memiliki perpaduan unsur gaya Jepang. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi keistimewaan dari aplikasi komik ini. [HJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel