Nvidia GeForce GTX Titan, Video Card Paling Mutakhir Untuk Penggila Game

26 Mar 2013 07:00 3248 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menjawab kebutuhan tersebut, produsen video card terbesar di dunia Nvidia mengumumkan bahwa mereka akan merilis apa yang diklaim sebagai video card GPU tunggal terkuat di dunia. Nvidia GeForce GTX Titan. Untuk sebuah video card, Nvidia mematok harga yang cukup mahal pada produk yang satu ini yaitu dengan banderol harga sebesar $999.

Bagi para gamer yang senang bermain di komputer, keberadaan video card sudah menjadi sesuatu yang wajib hukumnya. Game masa kini yang memiliki grafis semakin bagus dan makin sulit dibedakan dengan video nyata tentunya membutuhkan tenaga proses yang kuat untuk dapat menghasilkan kualitas gambar yang optimal. Memainkan game seperti Far Cry 3 tentunya tidak akan puas jika hanya bisa menggunakan pengaturan gambar di tingkat minimum. Untuk mengatasi tuntutan tersebut, sejak jaman dulu produsen video card terutama Nvidia dan ATI terus menerus berusaha mengeluarkan video card yang lebih kuat dari berbagai segi untuk memuaskan para gamer dan pelaku desain dan perfilman professional yang membutuhkan kemampuan memproses gambar sekuat-kuatnya.

Menjawab kebutuhan tersebut, produsen video card terbesar di dunia Nvidia mengumumkan bahwa mereka akan merilis apa yang diklaim sebagai video card GPU tunggal terkuat di dunia. Nvidia GeForce GTX Titan. Untuk sebuah video card, Nvidia mematok harga yang cukup mahal pada produk yang satu ini yaitu dengan banderol harga sebesar $999. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk membangun komputer sendiri, mulai dari CPU hingga mouse yang bagus. Namun, apakah harga tersebut sesuai dengan performa yang dijanjikan oleh Nvidia? Tentunya orang akan berpikir dua kali sebelum membeli video card seharga hampir 10 juta rupiah.

Nvidia GeForce GTX Titan yang didasarkan pada GPU Kepler GK 110 diklaim sebagai inti dari komputer super untuk bermain game. Dengan video card ini, nampaknya Nvidia telah mencapai puncak dari barisan video card Kepler miliknya. Namun video card ini tidak dinamai GTX 600 karena pastinya akan mengalahkan performa dari video card seri GTX 700 milik Nvidia sendiri yang telah lebih dulu hadir di pasaran. GK110 yang mendasari GeForce GTX Titan sendiri merupakan GPU yang terdapat di dalam Tesla K20 yang mahal dan digunakan sebanyak lebih dari 18 ribu buah di dalam super komputer terbaru milik perusahaan Cray, Titan. Meski GPU ini memiliki harga yang mahal, namun mengingat GPU ini juga terdapat di dalam Tesla K20 yang harganya bisa mencapai Rp 36 juta, maka rasanya harga tersebut sudah bagus untuk bisa mendapatkan GPU sekelas itu.

GK110 sendiri sangat jauh melampaui GPU Nvidia lainnya, GK104 yang merupakan inti dari video card Nvidia GTX 680 yang telah banyak digunakan dan disukai para penggila game PC. GK110 memiliki CUDA core yang sangat banyak di dalam GPU miliknya, sebanyak 2688 core yang jauh di atas 1536 core yang terdapat di GK104. Namun, Nvidia GeForce GTX Titan masih bukan video card yang tercepat secara keseluruhan dari semua video card. GeForce GTX 690 milik Nvidia sendiri dan AMD Radeon HD 7990 juga memiliki performa yang sangat bagus untuk harga yang hampir sama mahalnya. Selain itu, satu lagi teknologi yang sangat menarik yang ada di dalam GeForce GTX Titan adalah GPU Boost yang tidak lagi didasarkan pada daya yang diperoleh video card tersebut seperti pada versi sebelumnya, namun didasarkan pada suhu. Hal ini berarti semua usaha yang Anda lakukan untuk mendinginkan komputer Anda, baik itu dengan kipas yang banyak atau sistem pendingin menggunakan air, akan turut mendongkrak performa video card Nvidia GeForce GTX Titan tersebut. Untuk para penggila game PC yang ingin memainkan game dengan pengaturan gambar paling tinggi, GeForce GTX Titan tentu tidak boleh dilewatkan. [KVN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel