Ayo, Cari Tahu Apa Sebenarnya Arti dari Nvidia with CUDA

21 Dec 2012 19:30 14849 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin saat Anda akan memilih notebook keinginan Anda, Anda akan sangat memperhatikan dengan cermat spesifikasi dari notebook keinginan Anda. Anda akan melihat dari sisi jenis prosesor,lalu VGA, lebar monitor nya, dan lain-lain.

Mungkin saat Anda akan memilih Notebook keinginan Anda, Anda akan sangat memperhatikan dengan cermat spesifikasi dari Notebook keinginan Anda. Anda akan melihat dari sisi jenis prosesor ,lalu VGA, lebar monitornya, dan lain-lain. Mungkin Anda akan sangat memperhatikan di bagian laptop pilihan Anda akan terlihat tulisan Nvidia with CUDA. Dan Anda akan melihat sekali lagi di berbagai jenis VGA keluaran dari Nvidia akan tertera Nvidia with CUDA. Apa artinya Nvidia with CUDA? mungkin bisa membantu Anda dalam memilih Notebook keinginan Anda. Nvidia sebagai produsen hardware grafis sangat memperhatikan keinginan dari para konsumennya dalam kemampuan hardware grafis mereka. Untuk mereka mengeluarkan sebuah prosesor grapis terbaru mereka yang di lengkapi dengan teknologi CUDA. CUDA (Compute Unified Device Architecture) yang memiliki arti arsitektur dalam melakukan komputasi dalam satu hardware.

CUDA ini memberikan kemampuan sebuah dalam 2 hardware untuk melakukan komputasi secara bersamaan dan bersatu yaitu pada bagian CPU dan GPU. Hal ini menyebabkan kemampuan komputer menjadi luar biasa. Sebagai contoh sebuah prose perhitungan yang dilakukan oleh CPU bisa di selesaikan dalam beberapa detik, tapi dengan bantuan GPU hal ini dipersingkat hanya menjadi *millisecond*. Dan CUDA ini lah yang menjembatani proses ini. Selain itu, GPU yang dilengkapi CUDA dengan mampu melakukan simulasi grafis dengan baik daripada hanya menggunakan CPU. Karena itu GPU yang dilengkapi dengan CUDA, biasanya di lakukan untuk melakukan proses grafis yang tinggi dan perhitungan yang membutuhkan memori tinggi. Dan hal ini menjadi pilihan para konsumen, karena mereka bisa menggunakan hardware mereka dengan lebih maksimal dan optimal. Nvidia sebagai produsen hardware grafis sudah sangat memikirkan bahwa disaat nanti, GPU sendiri akan menjadi bagian penting dari sebuah komputasi. Karena itu Nvidia mengeluarkan sebuah frame work CUDA untuk menjembati para developer untuk menggunakan GPU buatan mereka dengan optimal.

CUDA sendiri berdiri sebagai sebuah framework yang bertugas untuk menjembatani antara proses di sebuah CPU dan GPU sehingga keduanya bisa bekerja secara bersamaan. Sistem ini disebut parallel processing, di mana 2 buah hardware bekerja secara bersamaan untuk melakukan sebuah process. Biasanya hal ini dilakukan untuk melakukan sebuah process yang rumit dan membutuhkan memori banyak, sehingga pengolahan proses bisa lebih cepat. Seri pertama dari CUDA dikeluarkan oleh Nvidia pada tahun 2006, tapi saat itu masih pengembangan. Tapi sejak itu, Nvidia sudah melakukan pengembangan pada CUDA, sehingga CUDA bisa digunakan secara lebih baik. Sampai saat ini CUDA sudah rilis pada versi ke-4. Dan ini merupakan pengembangan yang baik karena dengan CUDA, kita melakukan programming tanpa mengetahui bahasa Assembly, kita cukup mengetahui C++, atau Fortran untuk melakukannya. CUDA merupakan sistem propierty buatan Nvidia,yang di sebarkan secara gratis. Tapi hal ini tidak menjadi halangan bagi para developer untuk menggunakannya. Karena sistem CUDA memberikan kemudahan dalam melakukan penyebaran driver mereka.

Saat ini Sistem CUDA sudah banyak digunakan untuk membangun sisem komputer cepat, karena hal ini lebih murah, dibandingkan kita harus lebih membeli processor tambahan. Selain itu itu menjad lebih energi, karena biaya untuk tambahan energi dapat dikurangi melalui sistem GPU CUDA. Saat ini GPU CUDA mendapat tantangan dari AMD dengan AMD Fusion mereka. Hal ini akan menjadi sangat menarik, karena mereka berdua memiliki teknologi di bidang grafis yang cukup kuat. [ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel