AMD Radeon HD 7790-Seri Terbaru Pengisi Kekosongan Diantara Radeon 7850 dan 7770

25 Mar 2013 09:30 2814 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
AMD Radeon HD 7790 siap hadir ke pasar global dengan strategi bisnis yang unik, namun begitu fitur yang ditawarkan merupakan upgrade dari generasi sebelumnya, tentu dengan performa yang lebih baik dan lebih smooth.

Produk AMD saat ini cukup diminati, baik prosesor maupun VGA. Mayoritas VGA buatan AMD merupakan VGA di kelas menengah. Produk-produknya telah banyak dikeluarkan dan banyak dipakai oleh produsen laptop dan PC, serta mendapat banyak apresiasi positif dari penggunanya. Ada produk baru yang sedang dikembangkan dari AMD Radeon HD yang menjadi perbincangan banyak orang dikarenakan keanehan strategi bisnis dari pengembang AMD. Nama produknya adalah AMD Radeon HD 7790. Produk ini dipercaya sebagai produk yang ditujukan untuk mengisi kekosongan produk diantara seri 7850 dan 7770, yang mana target pasarnya untuk mengungguli GeForce GTX 650 Ti. Pada saat ini AMD belum ada produk yang dapat mewakilinya untuk dapat merebut pasar dari GeForce GTX 650 Ti. Oleh karena itu kartu grafis ini dibuat untuk mewakilinya. Setiap produk dari AMD memiliki kode nama. Kode nama dari produk ini adalah Saturn 6640.

AMD Radeon HD 7790 dipercaya berbagai kalangan IT sebagai strategi bisnis yang dilakukan AMD dalam pengujian pasar untuk seri 8000. Ada juga yang menganggap bahwa pembuatan dari produk ini adalah langkah aneh. Seharusnya semua hal dipikirkan dengan matang, alih-alih membuat langkah mundur ke belakang , banyak kalangan percaya bahwa pengembangan dari seri 8000 adalah lebih penting daripada mengembangkan seri 7000 lagi. Semua persepsi ini disebabkan oleh spesifikasi yang dimiliki produk ini ada pada produk seri 8000. Dalam meredam pertanyaan dan persepsi dari banyak orang mengenai produk kontroversial AMD yang sedang dibuat ini, AMD mengumumkan versi 7990 pada CeBiT. Ada pun sedikit spesifikasi mengenainya akan dibahas sebagai berikut :

Versi Overclock

Tidak seperti pada produk AMD seri yang lain, pada AMD Radeon HD 7790 ini versi overclock tidak diperbolehkan untuk dirilis. AMD memberitahukan kepada perusahaan manufaktur yang membuatnya untuk tidak merilis terlebih dahulu versi overclock dari produk ini. Banyak yang mengira ini merupakan strategi bisnis dari AMD agar versi diatasnya , yaitu 7850 tidak sepi pembeli dikarenakan kualitas yang hampir sama dari 7790 bila dibandingkan dengan 7850 dengan harga yang lebih murah. Nantinya diperkirakan versi 7790 ini akan memiliki kualitas 90% dari 7850 yang berarti produk ini hanya akan lebih lambat sekitar 10% dari versi 7850, sehingga produk ini akan sangat layak untuk dinantikan dan dibeli.

GPU

GPU yang digunakan dari AMD Radeon HD 7790 ini merupakan GPU untuk seri 8000. GPU itu bernama Bonaire XT. GPU ini diperkirakan memiliki banyak potensial dalam hal overclocking. Oleh karena itu, produk ini sangat layak untuk dinantikan kehadirannya dan ditunggu kualitas kinerja ketika sudah digunakan oleh banyak pengguna.

Prosesor

Prosesor yang digunakan dalam AMD Radeon HD 7790 ini merupakan prosesor shader 768, yang mana semula akan digunakan 896. Teknologi arsitektur yang digunakan dalam membuat produk ini adalah GCN. Unit shader yang ada dalam AMD seri ini mendukung untuk penggunaan DirectX 11.1 dan OpenGL 4.3.

Kecepatan clock

Kecepatan clock dari produk ini diperkirakan akan sebesar 1075 MHz melihat dari prosesor shader yang digunakan, yaitu 768. Jika memang benar menggunakan prosesor tersebut, maka produk ini akan memiliki kecepatan 75 MHz lebih besar dari AMD Radeon HD 777. Dikarenakan produk ini memiliki kecepatan diatas 1GHz, maka produk ini dilabeli "edisi GHz” Semula orang mengira produk ini akan banyak digunakan dan ditujukan untuk perangkat keras PC. Namun anggapan tersebut terbantahkan, ketika kemungkinan prosesor yang akan digunakan adalah 768. Prosesor shader 768 mempunyai kecepatan yang cocok untuk perangkat mobile, seperti laptop dan notebook.

Pendukung GPU

Perkiraan dan analisa oleh pakar IT ketika produk ini sedang dibuat ternyata sampai kepada pendukung GPU juga, Para pakar IT memperkirakan ketika GPU yang dipakai memiliki inti Bonaire XT maka pendukung GPU akan menggunakan 2GB dari GDDR5 vRAM dengan interface utama yang dibidik adalah pada 128 bit,sedangkan varian 256 bit kemungkinan akan dirilis adalah kecil sekali.[BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel