Mengubah HP TouchPad Menjadi Tablet Dual Boot Ber-OS Android dan webOS

9 Jan 2012 18:00 5760 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda memiliki tablet HP Touchpad Palm ber-OS WebOS? Kini Anda bisa mengubahnya menjadi tablet dual boot ber-OS Android dan WebOS.

HP telah memberhentikan produksi tablet TouchPad yang menggunakan webOS sebagai sistem operasinya pada bulan Agustus 2011 lalu. Menjelang akhir riwayat tablet tersebut, HP pun mengobral besar-besaran TouchPad dan dijual seharga $99. Namun sayangnya, meskipun HP mengatakan akan terus melanjutkan pengembangan webOS, aplikasi pendukung OS mobile tersebut tidak akan secepat OS mobile lainnya.

Merujuk pada permasalahan tersebut, beberapa orang pun mencoba untuk bereksperimen menggunakan HP TouchPad. Akhirnya, mereka pun berhasil mengubah HP TouchPad menjadi tablet dual boot dengan sistem operasi Android plus webOS. Sebelum mengubah TouchPad menjadi tablet yang memiliki dual boot OS, sebaiknya Anda mem-backup segala data yang bersifat penting.

Dengan menggunakan software CyanogenMod 7 Alpha 3.5, tablet TouchPad Anda akan bisa menggunakan OS Android 2.3.7 Gingerbread. Sayangnya, hingga kini CyanogenMod belum menyediakan aplikasi untuk membangun OS Android 3.0 Honeycomb untuk TouchPad. Akibatnya aplikasi-aplikasi yang didesain untuk Android 3.0 tidak akan dapat bekerja dalam tablet dual boot yang dihasilkan menggunakan tips ini.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat tablet TouchPad menjadi tablet dual boot ber-OS Android dan webOS adalah sebagai berikut:

" Unduh dan install software Palm Novacom pada komputer Anda. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di sini dan kompatibel untuk berbagai jenis platform.

" Selanjutnya, Anda membutuhkan empat file plus satu file tambahan untuk meng-install aplikasi tambahan Gmail dan Youtube. Berikut file dan lokasi download-nya.

- ACMEInstaller 

http://goo-inside.me/roms/cmtouchpad/alpha2/ACMEInstaller.zip

- Update-cm-7.1.0 

http://goo-inside.me/roms/cmtouchpad/alpha3.5

- Update-cwm_tenderloin-1012 

 

- Moboot_0.3.3 

http://code.google.com/p/moboot/downloads/list

- gApps package for CyanogenMod 

http://wiki.cyanogenmod.com/wiki/Gapps#Google_Apps

" Lalu unzip file Acmeinstaller di folder yang sama dengan Palm Novacom.

" Hubungkan TouchPad milik Anda dengan komputer melalui kabel USB.

" Pada layar TouchPad Anda akan muncul notifikasi USB. Tekan notifikasi tersebut untuk me-mount tablet sebagai USB mass storage pada komputer.

" Buka browser file pada komputer dan buatlah folder baru pada HP TouchPad, selanjutnya beri nama* folder* tersebut 'cminstall'.

" Copy file 'update-cm-7.1.0', 'update-cwm_tenderloin-1012' dan 'moboot_0.3.3' ke dalam folder 'cminstall'. Catatan, jangan unzip file tersebut dahulu.

" Sekarang saatnya untuk me-reset TouchPad Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol home lalu tekan tombol tanda panah untuk melihat list aplikasi.

  • Buka halaman settings.

  • Selanjutnya pilih Device Info.

  • Pilih tombol red Reset Option yang terletak di bagian bawah.

  • Tekan opsi restart pada layar.

" Sesaat setelah muncul layar gelap, tahan tombol Volume Up, jangan lepaskan sampai Anda melihat simbol USB gede pada layar.

" Komputer Anda mungkin membutuhkan waktu untuk dapat mengenali TouchPad.

" Ketika komputer sudah berhasil mengenali TouchPad, buka sebuah terminal dan arahkan ke direktori Palm Novacom. Pada komputer Windows, Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Klik menu Start.

  • Ketik 'CMD' pada box search.

  • Sebuah window terminal akan muncul, tapi Anda akan ada di direktori yang salah.

  • Ketik 'cd c:\' dan tekan enter untuk menuju direktori yang diinginkan.

  • Agar mengarah ke direktori yang benar, ketik 'dir' serta tekan enter untuk melihat daftar direktori.

  • Dalam artikel ini, Plimbi mengetik 'cd Program Files' dan menekan enter, disertai dengan 'cd Palm,Inc' plus menekan enter lagi.

" Masukkan command (tanpa tanda petik) berikut dan tekan return : 'novacom boot mem:// < ACMEInstaller'.

Setelah melakukan langkah-langkah yang cukup panjang di atas, maka Anda akan menengok teks yang beterbangan di layar. Ketika proses selesai, maka HP TouchPad akan booting dengan Android.

Jika ingin kembali menggunakan webOS, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol power.

  • Pilih *opsi reboot.

  • Kemudian pilih reboot to webOS* dari menu yang muncul.

Catatan: Anda hanya dapat menggunakan webOS dalam keadaan booting jika Anda sudah meng-install file 'moboot' seperti yang telah disebutkan di atas. Perhatikan juga, bahwa metode yang Plimbi berikan mengenai mengubah tablet TouchPad menjadi tablet dual boot ini menggunakan software open source CyanogenMod 7.1. Aplikasi tersebut merupakan software yang dibangun berdasarkan Android 2.3.7. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel