Pertarungan Tablet Lenovo IdeaTab S2 10 vs Asus Eee Pad Transformer Android

11 Jan 2012 09:00 3516 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Asus memiliki tablet Eee Pad Transformer Prime, maka Lenovo memiliki tablet IdeaTab S2 10. Manakah yang terbaik di antara kedua tablet ini?

Jika Asus memiliki tablet Eee Pad Transformer Prime dan tablet Eee Pad Tranformer yang dilengkapi pilihan docking keyboard seperti layaknya sebuah laptop, maka Lenovo memiliki IdeaTab S2 10. Dock keyboard yang dimiliki tablet Lenovo ini juga memiliki baterai tersendiri dan tambahan beberapa port. Dengan memasang docking keyboard, tablet ini akan tampak seperti sebuah laptop. Lalu bagaimana perbandingan kedua tablet ini? Berikut ini ulasannya.

Dimensi

Tablet IdeaTab S2 10 ini dikenalkan sebagai salah satu tablet Lenovo Android tertipis di dunia. Dengan ketebalannya yang hanya sekitar 8,69mm dengan berat 580gram. Sementara itu tablet Eee Pad Transformer hadir dengan ukuran 271 x 171 x 13 mm dengan berat 680gram. Dari poin ini nampaknya tablet Lenovo IdeaTab unggul lebih baik dalam hal ukuran, lebih tipis serta bobotnya juga lebih enteng.

Layar

Tablet IdeaPad S2 ini memiliki layar berukuran 10 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel yang dibubuhi dengan LED-backlit IPS. Untuk tampilannya, Lenovo menghadirkan user interface miliknya, yakni Lenovo Mondrian UI. Sama halnya dengan IdeaTab S2, Eee Pad Transformer dilengkapi dengan layar 10,1 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Fitur lain seperti LED-backlit IPS pun dimiliki oleh tablet ini. Plus Asus juga menambahkan UI Asus Waveshare sebagai tema tampilan tablet android ini. Pada poin ini, nampaknya kedua tablet memiliki kualitas yang setara.

Kinerja

Tablet Lenovo IdeaTab S2 10 ini memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 8960 dual core 1.5GHz. Tablet yang baru saja diluncurkan pada acara CES 2012 tersebut menggunakan OS Android 4.0 a.k.a Ice Cream Sandwich sebagai sistem operasinya. Selain itu, untuk menunjang performanya, tablet Android ini dilengkapi dengan RAM LPDDR2 1GB. Fitur lainnya, tablet Andorid milik Lenovo ini juga mendukung jaringan 3G.

Sementara itu, Eee Pad Transformer menggunakan prosesor Nvidia Tegra 2 dual-core 1GHz yang dilengkapi dengan GPU ULP GeForce. Untuk sistem operasinya, tablet yang diperkenalkan pada bulan Januari tahun lalu ini diluncurkan dengan menggunakan OS Android Honeycomb, plus didukung dengan RAM 1GB. Tak menutup kemungkinan Asus akan menyediakan update Android ICS untuk tablet ini. Pada poin ini sepertinya tablet Lenovo IdeaTab menjadi pemenang dengan kinerja prosesor yang lebih baik.

Kamera

Terdapat dual kamera pada tablet Lenovo Android IdeaTab S2 10, yakni kamera 5MP di bagian belakang yang dilengkapi dengan autofokus dan kamera 1,3MP di bagian depan. Di lain pihak, Eee Pad Transformer juga memiliki dual kamera dengan kualitas yang hampir sama. Bedanya di bagian depan tablet, Transformer mempunyai kamera 1,2MP. Tentu saja dengan perbedaan itu Paseban menilai bahwa IdeaTab lagi-lagi menjadi pemenang.

Baterai dan Memori

Baterai yang mampu bertahan hingga 9 jam melengkapi kehadiran tablet Lenovo IdeaTab S2. Jika Anda menggunakan docking keyboard, tablet ini mampu bertahan lebih lama, yaitu hingga 20 jam. Selain itu, terdapat fasilitas SSD yang berkapasitas hingga 64GB. Sementara itu, Eee Pad Transformer hadir dengan baterai yang mampu bertahan selama 9 jam 30 menit.

Jika docking dari tablet ini digunakan, daya tahan baterai bertambah menjadi 16 jam. Tablet ini ditawarkan dengan memori internal berkapasitas maksimum 32GB ditambah dengan layanan penyimpanan cloud milik Asus. Tentunya, apabila ditilik dari poin ini, tablet Lenovo IdeaTab S2 kembali menjadi pemenang.

Kesimpulan

Jika dilihat spesifikasi dari dua tablet ini, tentunya IdeaTab milik Lenovo lebih memiliki keunggulan. Namun jika ditilik lebih jauh lagi, sebenarnya IdeaTab dari Lenovo ini memiliki teknologi yang jauh tertinggal dibandingakan kepunyaan Asus. Terlebih Asus kini telah meluncurkan tablet Transformer terbarunya, yakni Eee Pad Transformer Prime yang menjadi tablet pertama dengan prosesor quad core Nvidia Tegra 3.

Meskipun Paseban menyimpulkan bahwa IdeaTab S2 lebih unggul dalam perbandingan ini, pilihan tentunya berada di tangan Anda. Tak hanya itu, Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan dan budget di kantong Anda. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel