Samsung Galaxy Note, Perpaduan Konsep Smartphone dan Tablet PC Dari Samsung

14 Nov 2011 07:00 5671 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pertama kali melihat iklan dari Samsung Galaxy Note, layar besar 5.3 inchi, stylus dan kemampuan untuk membuat tulisan tangan atau membuat sketsa layaknya sebuah buku catatan kecil, menarik perhatian Paseban untuk mengetahui gadget ini lebih dalam.

Pertama kali melihat iklan dari Samsung Galaxy Note, layar besar 5.3 inchi, stylus dan kemampuan untuk membuat tulisan tangan atau membuat sketsa layaknya sebuah buku catatan kecil, menarik perhatian Paseban untuk mengetahui gadget ini lebih dalam.

Berikut spesifikasi dari Samsung Galaxy Note:

"¢ Form factor: phone/tablet crossbreed
"¢ Dimensions: 146.9 x 83 x 9.7 mm
"¢ Weight: 178g
"¢ Display: 16M-color 5.3" Super AMOLED capacitive touchscreen of WXGA resolution (1280 x 800 pixels)
"¢ OS: Android 2.3.5 Gingerbread, TouchWiz UI
"¢ Chipset: 1.4 GHz dual-core Cortex-A9 CPU, Mali-400MP GPU, 1GB of RAM, Exynos chipset
"¢ Camera: 8 MP autofocus camera, 1080p video recording, LED flash, 2 MP front-facing camera
"¢ Memory: 16/32 GB internal memory, expandable via a microSD card slot
"¢ Connectivity: quad-band GSM/GPRS/EDGE and quad-band (850/900/1900/2100 MHz) UMTS with 21 Mbps HSDPA and 5.76 Mbps HSUPA support, dual-band Wi-Fi a/b/g/n, Wi-Fi direct, Assisted GPS, Bluetooth 3.0, microUSB connector
"¢ Battery: 2,500mAh
"¢ Misc: S Pen, Gyro sensor, accelerometer sensor for auto rotation, ambient light sensor, Adobe Flash Player 10.3 support, DivX/XviD support, TV-out (adapter required), optional GLONASS, optional NFC

Samsung Galaxy Note menggunakan kamera yang sama dengan Samsung Galaxy S II, 8 megapixel dan FullHD video recording. Dengan kamera dan kualitas yang sama dengan Samsung Galaxy S II, tidak diragukan lagi Galaxy Note dapat dengan mudah memenangkan kompetisi melawan kamera produk tablet lain.

Area yang paling riskan adalah portability. 5.3 inchi adalah ukuran yang sangat besar untuk sebuah smartphone, cara untuk membawa smartphone sebesar ini pasti menjadi suatu pertimbangan tersendiri bagi pengguna, serta pengoperasian sebuah smartphone yang bisa menggunakan satu tangan juga tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy Note dengan ukuran sebesar ini. Namun untuk sebuah tablet, 5.3 inchi adalah ukuran yang paling kecil. Konsep brilian dari perpaduan antara smartphone dan tablet Samsung ini disertai juga dengan dilema.

S Memo

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Note memiliki kemampuan standar sebuah smartphone atau tablet Android. Namun terdapat hal yang membedakannya dari gadget Android yang lain, yaitu adanya S Memo yang mendukung stylus.

S Memo hampir mirip seperti aplikasi memo pada umumnya. yang membuatnya sedikit berbeda adalah S Memo mendukung menulis catatan dan menggambar sketsa menggunakan S Pen(stylus).

Aplikasi ini akan menyediakan kanvas kosong, dengan adanya garis-garis seperti buku, dan memungkinkan pengguna untuk menggambar dan menulis menggunakan S Pen, mengetik teks menggunakan keyboard, menambahkan gambar dan voice notes.

Pengguna bisa memilih menggunakan pena, kuas, pensil, dan marker. Kemudian pilihan ketebalan dan warna juga bisa ditentukan, serta tools lain yang umumnya ada pada software pengedit gambar.

8 megapixel kamera dengan FullHD video capture

Selain hardware yang sangat mumpuni, software kamera Samsung Galaxy Note juga cukup nyaman untuk dioperasikan. Pada kolom sebelah kiri tersedia shortcut yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Dan kolom kanan fungsi utama seperti tombol menjepret foto, melihat hasil foto, dan lain-lain. Fitur lengkap seperti face, smile dan blink detection, image stabilization, geo-tagging, scenes dan masih banyak lagi, tersedia di Samsung Galaxy Note.

Berikut contoh hasil dari video capture Samsung Galaxy Note:

1080p FullHD

720p

Near tablet-like experience browser

Ukuran 5.3 inchi kembali membawa keunggulan bagi Samsung Galaxy Note. Dengan ukuran layar sebesar ini tentu saja pengalaman browsing internet akan senyaman dan selega sebuah tablet, atau setidaknya hampir menyamai.

Dengan spesifikasi lebih tinggi dari Samsung Galaxy S II, layar juga lebih besar, gabungan konsep smartphone dan tablet, serta dukungan stylus, gadget Android yang baru dirilis Oktober 2011 dengan harga kisaran $755 ini harus diakui sangat menggiurkan. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel