Wow! BlackBerry Bellagio Hadir dengan Dilengkapi fitur NFC

26 Nov 2011 11:00 6356 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tepat di hari perilisannya di Pasific Place, Jakarta-Indonesia, RIM beserta PT. Teletama Artha Mandiri dan PT. Comtech Celluler melemparkan dua *smartphone* terbaru dari BlackBerry ke pasaran. Dua *smartphone* tersebut dijuluki dengan nama Joepe dan Bellagio. BlackBerry Bellagio ini masuk ke kategori tipe BlackBerry Bold sedangkan kawannya merupakan BlackBerry Curve.

Tepat di hari perilisannya di Pasific Place, Jakarta-Indonesia, RIM beserta PT. Teletama Artha Mandiri dan PT. Comtech Celluler melemparkan dua smartphone terbaru dari BlackBerry ke pasaran. Dua smartphone tersebut dijuluki dengan nama Curve 9380 dan Bellagio. BlackBerry Bellagio ini masuk ke kategori tipe BlackBerry Bold sedangkan kawannya merupakan BlackBerry Curve.

BlackBerry Bold 9790 atau BlackBerry Bellagio ini sempat muncul dalam rumor beberapa waktu yang lalu, tetapi secara resmi RIM merilisnya di negara Indonesia pada hari Jum'at, 25 Nopember 2011 sebagai negara yang menjadi target utama perilisan smatphone BlackBerry Bellagio ini. Tak heran jika masyarakat Indonesia antuasias menyambut kedatangan smartphone baru dari RIM yang dijual murah ini, bahkan menurut sumber yang didapatkan dari detik foto, korban yang pingsan dan terluka mencapai 90 orang ditambah terjadinya kerusuhan yang terjadi di sekitar. Seberapa pantaskah smartphone BlackBerry Bellagio ini diperebutkan hingga menelan korban pingsan dan menyebabkan kerusuhan?

Pertama, kedua smartphone ini menggunakan sistem operasi BlackBerryOS7 yang dilengkapi dengan fitur NFC. Kita tahu bahwa NFC bisa menciptakan banyak kemudahan dalam kehidupan, seperti dalam hal transaksi, pertukaran konten digital, dan lain sebagainya hanya dengan menghubungkan perangkat yang satu dengan perangkat yang satunya melalui sentuhan.

Selain fitur NFC, BlackBerry Bold 9790 Bellagio juga memiliki Marvel Tavor MG1 chip 1GHz, yang memungkinkan kinerjanya menjadi lebih baik. Kapasitas memori yang dimilikinya pun lumayan cukup besar yakni sekitar 768MB RAM dan 8GB internal memori.

Selain fitur NFC sebagai kelebihannya, BlackBerry Bold 9790 Bellagio juga memiliki Marvel Tavor MG1 chip 1GHz, yang memungkinkan kinerjanya menjadi lebih baik. Kapasitas memori yang dimilikinya pun lumayan cukup besar yakni sekitar 768MB RAM dan 8GB internal memori.

Dari segi tampilan, BlackBerry Bellagio ini memiliki kekurangan pada ukuran layarnya di mana ternyata lebih kecil dari layar BlackBerry Dakota, tetapi menurut pengakuan RIM kemampuan layar Bellagio lebih responsif dibandingkan produk BlackBerry lainnya.

Spesifikasi lain yang bisa Anda ketahui dari BlackBerry Bellagio ini antara lain:

  • Dimensi : 110 x 60 x 11,4 mm

  • Layar touchscreen berukuran 2,45 inci dengan resolusi 480 x 360 piksel

  • Jarngan : Quad-band GSM 850 /900 /1800 /1900 MHz

  • Konektivitas : 3G, HSDPA, WiFi b/g/n, NFC support, Bluetooth

  • Prosesor 1,2 GHz

  • 768 MB RAM,

  • 8GB internal memori

  • Kartu slot microSD hingga 32GB,

  • Kamera 5MP with autofocus, auto face detection, image stabilization, 2x digital zoom, 2.592 x 1944 pixel, camera zoom, video capture, VGA (640 x 480)

  • Sistem Operasi : BlackBerry OS 7

  • Fitur lain: A-GPS, Blackberry Maps, digital compass baru, Magnetometer, Proximity Sensor

  • Kapasitas baterai 1230 mAh

Jika dilihat dari fitur kamera, harga yang dibanderol sebesar $465 atau setara dengan Rp 4.599.000, agak sedikit pelit rasanya RIM memberikan kualitas kamera dengan sensor resolusi yang hanya 5MP. Kuaitas sensor kamera 5MP sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga 2-3 juta. Sedangkan harga yang ditawarkan RIM hampir mencapai 5 juta yang siap menyaingi harga Apple iPhone.

Sementara itu, terdapat realita yang sangat bertolak belakang dari apa yang terjadi di Indonesia. Memang dari spesifikasi yang ditawarkan oleh RIM pada BlackBerry Bellagio masih terbilang baik-baik saja, tetapi cukup run of the mill jika dibandingkan dengan perangkat lain yang tersedia. Sepertinya, RIM benar-benar harus merilis perangkat yang show stopper untuk mendapatkan kembali tanah yang hilang di pasar smartphone. Selain penurunan penjualan, RIM juga menderita akibat pemadaman jaringan baru selama tiga hari yang menyebabkan sebagian besar pengguna setianya di seluruh dunia tidak bisa menikmati layanan email, internet dan BBM. Sebuah survei baru juga menunjukkan bahwa satu dari lima pengguna BlackBerry sekarang ini menyatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk beralih ke merek handset lain karena penyebab pemadaman jaringan oleh RIM tersebut.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai spesifikasi BlackBerry Bellagio, silahkan simak Paseban Handset Specification di sini. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel