Pertarungan Smartphone Rilisan Terbaru, Nokia N9 vs iPhone 4S Apple

1 Nov 2011 13:00 5481 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nokia baru saja merilis smartphone terbaru miliknya yaitu Nokia N9. Yang menarik dari Nokia N9 adalah smarthone ini diprediksi akan menjadi smartphone Nokia pertama dan terakhir yang menggunakan system operasi Meego. Kedua, fakta menunjukkan bahwa pada saat dirilis harga Nokia N9 bisa dibilang head to head dengan iPhone 4S milik Apple.

Nokia baru saja merilis smartphone terbaru miliknya yaitu Nokia N9. Yang menarik dari Nokia N9 adalah smarthone ini diprediksi akan menjadi smartphone Nokia pertama dan terakhir yang menggunakan system operasi Meego. Kedua, fakta menunjukkan bahwa pada saat dirilis harga Nokia N9 bisa dibilang head to head dengan iPhone 4S milik Apple.

Bagaimana perbandingan kedua smartphone ini? Simak perbandingan Nokia N9 dan iPhone 4S nya di bawah ini.

Nokia N9 vs. Apple iPhone 4S: Design

N9 bisa dibilang merupakan smartphone yang memiliki penampilan paling apik yang pernah dirilis Nokia selama ini. Handset candybar yang dimilikinya terbuat dari solid polymer, bahan yang sama dengan yang pernah digunakan pada helm ice hockey. Nokia menyatakan bahwa casing polycarbonate milik N9 sudah diwarnai mulai dari proses manufacturing, sehingga goresan, penyok atau tanda dari penggunaan sehari-hari tidak akan muncul.

Nokia N9 ini tidak memiliki keypad sama sekali, bahkan tombol home pun tidak tersedia pada tampilan depannya. Tentu saja hal ini membuatnya menjadi smartphone full touch pertama besutan Nokia. Tombolnya yang berbentuk fisik hanya tersedia pada sisi samping kanan yang berupa tombol volume dan tombol kunci. Secara keseluruhan N9 memiliki desain yang menarik, nyaman digenggam dan berbeda dengan smartphone pada umumnya.

Sementara iPhone 4S menggunakan desain lama dari iPhone 4. Smartphone Apple ini sebagian besar berbahan aluminium dan kaca. Permukaan kaca dari iPhone 4S juga menggunakan bahan yang sama seperti iPhone 4 yang mana menarik banyak bekas sidik jari. iPhone 4S kurang nyaman untuk digenggam tanpa tambahan casing tertentu. Tetapi untuk masalah kualitas, kita tahu bahwa tampilan iPhone 4S tidak perlu diragukan lagi.

Nokia N9 vs. Apple iPhone 4S: Display

Nokia N9 memiliki layar super AMOLED 3.9 inci, lebih besar dari iPhone 4S yang hanya memiliki layar 3.5 inci. Nokia N9 menggunakan gorilla glass untuk mencegah goresan dan retak pada layar, serta desain layar dibuat agak melengkung untuk menambah gerakan swipe sehingga tampak terasa lebih natural. Layar yang agak melengkung ini juga membuat tampilan konten pada Nokia N9 seolah-olah mengambang. Kualitas tampilan konten Nokia N9 juga tetap bagus jika dilihat dari berbagai macam sudut. Namun apabila dibandingkan dengan iPhone 4S, Nokia N9 terlihat sedikit kekuningan apabila di-setting full brightness dan Nokia N9 tidak memiliki fitur automatic brightness setting seperti yang terdapat pada iPhone 4S.

Layar 3.5 inci iPhone 4S ini memiliki kemampuan retina display, resolusi 640x960 piksel, dan kerapatan piksel sedalam 330ppi. Dibandingkan dengan Nokia N9 yang memiliki layar 3.9 inci, resolusi 480x854 dan kerapatan piksel 251ppi, tentu saja membuat tampilan iPhone 4S lebih bagus dari Nokia N9. Tampilan teks terlihat lebih jernih dan gambarnya lebih tajam menjadi keunggulan iPhone 4S atas Nokia N9.

Nokia N9 vs iPhone 4S: Camera

Nokia N9 memiliki kamera 8MP dengan lensa Carl Zeiss. Gambar yang dihasilkan kamera N9 memang tajam, namun noise yang berlebihan dan dual-LED flash yang membuat hasil gambar terkesan lebih jenuh menjadi kekurangan dari kamera Nokia N9. Sementara kemampuan video recorder HD dari kamera N9 mampu menghasilkan video 720p dengan kecepatan rekam 30 frames per detik.

iPhone 4S juga memiliki kamera 8MP dan sebuah fitur baru backlight illuminated CMOS sensor yang akan membuat hasil gambar lebih bagus ketika dalam kondisi yang kurang cahaya. Kamera iPhone 4S memiliki kemampuan merekam video 1080p dan mempunyai sebuah image signal processor baru dan berfungsi untuk menstabilkan pengambilan gambar dan face recognition. Dari sini bisa dilihat bahwa kamera dan fitur iPhone 4S labih bagus dibanding Nokia N9.

Nokia N9 vs. iPhone 4S: Spec

Nokia N9 ditenagai oleh prosesor single core 1GHz Cortex A8 dan RAM 1GB. Sementara iPhone 4S memiliki prosesor 1GHz Apple A5 dual core dan RAM 512MB. Dengan kemampuan dual core CPU (Central Processing Unit) ditambah dual core GPU (Graphics Processing Unit) yang dimilikinya, pihak Apple menyatakan iPhone 4S akan tujuh kali lebih cepat dibanding iPhone 4. Dari spesifikasi tersebut, jelas Nokia N9 bukan tandingan iPhone 4S dalam hal hardware internal dan kecepatan yang dihasilkan. Namun, satu kelebihan Nokia N9 dalam kategori ini adalah adanya dukungan langsung terhadap NFC, sementara tidak dengan iPhone 4S.

Nokia N9 vs. iPhone 4S: Software

Dalam kategori inilah kekalahan telak dialami oleh Nokia N9. MeeGo OS v1.2 Harmattan milik Nokia N9 bukanlah tandingan dari iOS 5 milik iPhone 4S yang saat ini bisa dibilang sebagai mobile OS terbaik.

Nokia N9 juga kalah telak dengan iPhone 4S berdasarkan kategori dukungan aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi untuk MeeGo di Nokia Store berjumlah sekitar 500 aplikasi, jauh dibawah aplikasi yang tersedia untuk iPhone 4S di App Store yang berjumlah sekitar 500.000 aplikasi.

Nokia N9 16GB dibanderol dengan kisaran harga $689 dan iPhone 4S 16GB dengan harga kisaran $825, mana yang Anda pilih? [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel