Adu Dua Tablet 10 Inch Berbeda Sistem Operasi, Google Nexus 10 VS Microsoft Surface

12 Jan 2013 16:00 2601 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pesona tablet masih belum luntur di pasar tablet dunia. Masih banyak masyarakat yang tertarik dan jatuh cinta akan perangkat yang fungsional ini. Dan contoh tablet yang banyak digemari adalah tablet Android.

Pesona tablet masih belum luntur di pasar tablet dunia. Masih banyak masyarakat yang tertarik dan jatuh cinta akan perangkat yang fungsional ini. Dan contoh tablet yang banyak digemari adalah tablet Android. Tablet Android yang saat ini digemari adalah Google Nexus 10 yang diklaim merupakan tablet yang memiliki layar beresolusi tinggi. Namun, Microsoft tidak ingin kalah dalam persaingan tablet dengan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google itu. Sehingga seiring dengan dirilisnya sistem operasi anyar yang bernama Windows 8, Microsoft juga melahirkan tablet bersistem operasi Windows 8 dengan nama Microsoft Surface. Kira-kira dari 2 tablet 10 inch tersebut, manakah yang lebih unggul? Berikut Paseban akan membandingkannya.

Dimensi

Google Nexus 10 berbentuk kotak dengan sudut yang agak membundar. Dengan dibalut bahan berwarna hitam tanpa adanya tombol fisik di bagian depan membuat tampilan dari tablet 10 inch ini simple namun menawan. Dengan dimensi 263.9 x 166.6 x 8.9 mm dan berat 603 gr, membuat tablet ini nyaman digenggam dan dibawa-bawa untuk menemani hari-hari Anda. Sedangkan Microsoft Surface dibalut dengan bahan Magnesium Alloy berwarna hitam dan dihiasi dengan logo Windows 8 di bagian depannya. Dan logo ini bukan hanya sekedar logo, namun berfungsi juga sebagai tombol Home untuk menuju ke menu Home. Dengan dimensi 274.6 x 172 x 9.4 mm dan berat 680.4 gr, membuat tablet 10 inch ini berukuran agak besar dan berat dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu Google Nexus 10. Dalam hal dimensi Microsoft Surface harus mengalah dari pesaingnya, yaitu Google Nexus 10 karena ukuran yang lebih besar dan lebih berat yang agak menyulitkan untuk dibawa-bawa.

Layar

Kemampuan layar yang diberikan oleh Google Nexus 10 merupakan kualitas layar yang diklaim tertinggi di pasaran saat ini. Dengan layar berukuran 10 inch beresolusi 2560 x 1600 pixel dan kepadatan pixel sampai 300 pixel per inch membuat tampilan yang dapat ditampilkan oleh tablet ini bahkan lebih baik dari Retina Display milik iPad. Sedangkan layar yang diusung oleh Microsoft Surface berukuran 10 inch dengan resolusi hanya 1366 x 768 pixel dengan kepadatan hingga 148 pixel per inch. Hanya berukuran hampir setengah dari kualitas layar Google Nexus 10. Dan dalam hal layar lagi-lagi Microsoft harus mengakui kekalahan dari Google.

Performa

Dalam hal performa, Google Nexus 10 ditanamkan prosesor Samsung Exynos Dual-Core 1.7 GHz dan Graphic Prosesor ARM T604 Quad-Core. Dan untuk menunjang kinerja Android Jelly Bean yang digunakan di tablet ini ditanamkan pula RAM sebesar 2 GB. Sedangkan Microsoft Surface menggunakan prosesor 1.4 GHz quad-core Tegra 3 dan RAM sebesar 2 GB untuk menunjang kinerja dari sistem operasi Windows 8 nya. Terlihat bahwa dapur pacu Google nexus 10 lebih apik dibandingkan dengan Microsoft Surface, sehingga untuk yang kesekian kalinya tablet 10 inch Microsoft ini harus tertunduk dari pesaingnya tersebut.

Kamera

Dalam hal ini, Google Nexus 10 menyadiakan 2 buah kamera yang berada di depan dan belakang tablet ini. Dengan kamera belakang berkulalitas 5 MP ditambah dengan LED Flash membuat hasil jepretannya baik dan tidak mengecewakan. Sedangkan kamera depannya memiliki kualitas 1.9 MP. Untuk kamera yang digunakan di Microsoft Surface, kamera depan dan kamera belakang memiliki kualitas yang sama yaitu 1.2 MP. Dalam hal kamera pun Microsoft Surface harus mengalah lagi dari pesaingnya tersebut.

Kesimpulan

Dapat ditarik kesimpulan bahwa tablet besutan Google ini berhasil mengalahkan tablet Microsoft dengan kemenangan telak tanpa balas. Google Nexus 10 berhasil unggul dalam segala hal dibandingkan dengan Microsoft Surface. Google Nexus 10 unggul dalam hal dimensi, Layar, Kamera dan performa. Dengan dibanderol 4 jutaan untuk Google Nexus 10 dan 5 jutaan untuk Microsoft Surface membuat Anda semakin yakin tablet 10 inch mana yang bisa Anda pilih. Semoga bermanfaat. [RND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel