Google Nexus 7 - Tablet Pertama Bersistem Operasi Android 4.1 Jelly Bean

29 Jun 2012 17:00 5124 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perusahaan raksasa internet dan sistem operasi perangkat *mobile*, Google, akhirnya secara resmi merilis tablet pertamanya yang telah disisipi sistem operasi terbaru, Jelly Bean. Google Nexus 7 merupakan perangkat tablet pertama yang akan menikmati fitur-fitur terbaru yang diberikan sistem operasi tersebut.

Perusahaan raksasa internet dan sistem operasi perangkat mobile, Google, akhirnya secara resmi merilis tablet pertamanya yang telah disisipi sistem operasi terbaru, Jelly Bean. Google Nexus 7 merupakan perangkat tablet pertama yang akan menikmati fitur-fitur terbaru yang diberikan sistem operasi tersebut. Tablet Nexus terbaru ini diproduksi melalui pabrikan Asus yang dibangun untuk memberikan Anda tampilan yang ramping, portable, dan nyaman untuk digenggam. Sesuai dengan nama yang disematkan padanya, Google Nexus 7 akan memberikan fitur hiburan yang menarik melalui layar berukuran 7 inci. Kemampuan layar tersebut akan didukung oleh kualitas resolusi layar sebesar 1280 x 800 piksel dengan tingkat kerapatan piksel mencapai 216 ppi. Untuk teknologi layarnya, Nexus 7 telah dilengkapi dengan teknologi IPS LCS dan penggunaan layar sentuh kapasitif multi-touch yang dilengkapi fitur sensor cahaya, dan lainnya. Selain itu, layarnya pun telah dilengkapi dengan lapisan layar anti gores dari Corning Glass. Dengan jutaan piksel yang berada di dalam layar, Anda akan mendapatkan tampilan teks yang lebih tajam, kemampuan menampilkan film berkualitas HD, dan lainnya.

Tablet Android terbaru ini memiliki dimensi perangkat sekitar 198.5 x 120 x 10.45 mm, dan memiliki berat sekitar 340 gram. Google telah mendesain secara khusus tablet ini agar dapat memainkan game secara maksimal. Melalui kemampuan performa sensor seperti gyroscope dan accelerometer, Anda dapat menjelajahi sekitar 600.000 aplikasi dan game yang tersedia di dalam Google Play Store. Google Nexus 7 yang diproduksi oleh Asus ini hadir dengan prosesor quad core NVIDIA Tegra 3 berkecepatan 1300 MHz. Kemampuan prosesor tersebut berarti Anda akan mendapatkan kemampuan akses perangkat yang lebih cepat dan proses loading setiap halaman akan berlangsung cepat pula. Selain itu, Anda akan mendapatkan beragam proses pengaksesan yang responsif dan mudah. Adapula 12-core GPU yang akan memberikan Anda kemampuan grafis yang kaya dan menarik saat CPU yang digunakan didesain untuk memberikan kekuatan proses yang mumpuni saat dibutuhkan.

Tablet Nexus ini akan berjalan pada sistem operasi Android terbaru, yakni Android 4.1 Jelly Bean. Versi terbaru dari salah satu platform perangkat mobile paling popular ini akan hadir dengan kemampuan notifikasi, tampilan widget terbaru, serta kustomisasi homescreen yang lebih mudah dengan cara drag and drop. Dengan sistem operasi ini, perangkat Android Anda akan tampil lebih cepat dan lebih intuitif dibandingkan sebelumnya. Kendala yang kerap ditemukan pada sistem operasi sebelumnya adalah lag yang kerapkali terjadi. Namun, pihak Google telah menyelesaikan hal tersebut dengan membuat solusi bernama Project Butter. Solusi tersebut memberikan kemampuan scrolling, zooming, dan seluruh aktifitas virtual Anda menjadi lebih cepat. Dengan kemampuan aksesnya yang cepat, Nexus 7 dapat memberikan Anda akses ke dalam Google Play dengan nyaman. Anda dapat mengakses beragam fitur hiburan langsung di tangan Anda seperti lagu, ebooks, 600.000 lebih aplikasi serta game dan lainnya. Di dalam Google Play sendiri ada lebih dari 4 juta eBook yang dapat diakses melalui perangkat Nexus 7 Anda. Selain itu adapula beragam pilihan film dan acara televisi yang tersedia dalam format HD. Maka dengan resolusi tinggi Nexus 7, Anda dapat menonton acara favorit Anda dengan tampilan yang mumpuni.

Selain 600.000 aplikasi serta game, Andapun dapat mengakses majalah dan musik langsung dari Google Play. Anda dapat melakukan streaming sekitar 20.000 gratis dan memanfaatkan fitur Music Manager. Dengan bantuan fitur Music Manager tersebut Anda dapat dengan mudah memindahkan koleksi musik pada iTunes Anda ke dalam Google Play. Setelah musik-musik tersebut masuk, secara otomatis hal tersebut akan dapat Anda akses melaui tablet Nexus. Perangkat tablet ini hadir dengan beberapa fitur favorit Google seperti Gmail, Chrome, Google+, YouTube dan lainnya. Cara penggunaannya pun mudah, perangkat ini akan melakukan sinkronisasi secara otomatis. Sayangnya untuk fitur kamera, Nexus 7 ini hanya dilengkapi dengan kamera berkualitas standar. Nexus 7 hanya dilengkapi dengan front-facing kamera 1.2 MP saja. Pada fitur konektivitas, Nexus 7 ini telah dilengkapi dengan Bluetooth, WiFi 802.11 b,g,n,a, dan microUSB.

Dalam hal daya tahan baterai, tablet Google Nexus 7 telah dilengkapi dengan baterai berkapitas 4325 mAh yang mampu bertahan selama 300 ham atau 12.5 hari dalam keadaan stand by. Sementara jika digunakan saat memainkan video berkualitas HD, tablet ini mampu bertahan hingga 8 jam penggunaan. Selain itu, Anda pun dapat menggunakannya dalam waktu 10 jam saat tengah melakukan browsing web dan membaca eBooks. Untuk saat ini, tablet terbaru dari Google ini baru tersedia dalam bentuk pemesanan melalui Google Play Sore dan dipatok seharga $200 untuk tablet model 8GB. Sementara jika Anda menginginkan tablet dengan media penyimpanan sebesar 16GB, Anda harus mempersiapkan kocek sekitar $250. [MS]

Google Nexus 7 Tablet Specifications

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel