Samsung Chat 357 GT-S3570 - Ponsel Samsung Mini dengan Fitur Jejaring Sosial Lengkap

9 Jan 2013 16:30 9094 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kebutuhan akan melakukan chatting dengan teman, sahabat, bahkan kerabat melalui internet saat ini semakin tinggi. Tidak hanya melalui komputer atau laptop, bahkan saat ini ponsel pun dilirik sebagai alternatif utama dalam melakukan kegiatan chatting. Bukan tanpa alasan ponsel menjadi alternatif utama.

Kebutuhan akan melakukan chatting dengan teman, sahabat, bahkan kerabat melalui internet saat ini semakin tinggi. Tidak hanya melalui komputer atau laptop, bahkan saat ini ponsel pun dilirik sebagai alternatif utama dalam melakukan kegiatan chatting. Bukan tanpa alasan ponsel menjadi alternatif utama.

Ponsel memiliki ukuran yang kecil sehingga dapat dibawa ke mana pun Anda pergi, selain itu, dukungan dari operator ponsel yang sudah menyediakan layanan internet murah pun menjadi daya tarik tersendiri, mengingat dengan menggunakan jasa internet dari operator tersebut, Anda dapat menggunakan internet di mana pun dan kapan pun Anda membutuhkan, yang artinya kegiatan chatting akan semakin asik dan tidak terbatas lagi.

Semua kebutuhan tersebut bisa Anda dapatkan pada Samsung Chat 357, ponsel yang didesain khusus untuk Anda yang menyukai fitur sosial media dalam sebuah ponsel. Bagaimana spesifikasi ponsel ini? Simak reviewnya berikut ini:

Desain

Samsung Chat 357 tetap pertahankan desain Qwerty, minus layar sentuh. Ponsel ini memiliki permukaan case plastic dengan varian warna putih mengguyur bodi. Secara global ada lagi warna perak, tapi saat artikel ini diturunkan belum ada konfirmasi apakah akan dipasarkan di Indonesia.

Samsung memasang sejumlah tombol khusus, antara lain tombol SMS dan tombol ChatOn di kiri-kanan touchpad. Lalu di baris terbawah keyboard, ujung kanan, berkumpul tombol Browser, Camera, dan Pengunci. Port USB mikro ditaruh diatas bodi bersama jack 3.5mm. Sementara tombol Volume 2-arah dicantel di kiri bodi. Kamera utama dan speaker dipasang di belakang bodi.

Kinerja

Chat 357 dibekali slot microSD untuk menambah memori internal yang hanya 40MB. Kapasitas ini bisa digunakan saat mengunduh beberapa aplikasi dari Samsung Apps sebagai toko aplikasi online tetap tersedia; ikonnya membuka situs mobile di browser.

Di user interface tampilan homescreen biasa saja; hanya bar berisi pintasan aplikasi yang terakhir dipakai, dan bar berisi pintasan kontak. Sementara baterai Lithium ion cukup awet menemani chatting dan social networking seharian. Agak boros ketika banyak browsing, atau banyak motret/rekam video.

Jejaring Sosial

Sesuai suratan lahirnya, Chat 357 memaksimalkan fitur chatting dan jejaring sosial. Lengkapnya, tersedia Facebook, Twitter, ChatON, IM (terdiri dari MSN Messanger, Yahoo Massenger, Facebook Messenger, dan Gtalk), serta BT msgr. Bahkan Samsung memasang tombol ChatON dan Messages di papan tombol. Selain browser WAP, Samsung memasukan pula Opera Mini. Jadi, meski akses internet selular yang didukung hanya EDGE, kecepatannya terbilang oke. Lagi pula ada WiFi; pengaturannya bisa ditemukan di folder Apps.

Radio dan Player Musik

Speaker eksternal menghasilkan audio yang tergolong jernih. Begitu pula earphone yang disertakan dalam paket. Sedangkan untuk memanfaatkan radio, Anda harus mencolokkan earset di jack 3,5mm. Unuk mendengarkannya, juga bisa lewat kok. Oya, radio bisa di rekam siarannya. Selain Auto scan, masih ada Manual tunning. Di sini juga ada Auto FM Radio off dengan 4 opsi.

Untuk memperkaya variasi efek suara setting di player musik cukup lengkap; ada Equaliser (13 opsi), 5.1 channel, Music auto off (4 opsi), dan Visualisation (3 opsi). Cukup untuk memberi alternatif output suara yang berbeda sesuai dengan keinginan. Berbicara berbagi file musick, pada Samsung Chat ini track bisa di-share via Message, Email atau Bluetooth). Lagunyapun bisa di jadikan Ringtone, Message tone atau Caller ringtone. Fitur unik lainnya yakni Programme reminder; ini muncul berupa reminder yang ketika dibuka akan langsung menyalakan radio di frekuensi yang sudah ditentukan. Jadi kayak alarm deh.

Kamera

Kamera 2MP berikan resolusi foto terbesar 1600x1200 dan terkecil 320x240. Ada Brightness, Timer, White balance dan Exposure metering, juga Quality, Night mode, Viewfinder mode, Raview, Storage dan Reset. Samsung juga membuat pintasan 1 untuk Mode, 3 untuk Timer dan # untuk Display.
Sementara resolusi terbesar untuk video adalah 320x240; terkecilnya 128x96. Ada Recording mode (Normal dan Message limit), Brightness, Timer, White balance, dan lainnya. Di video, pintasannya adalah 1 untuk Mode, 2 untuk Recording mode, 3 untuk Timer dan # untuk Display.

Kualitas hasil foto maupun videonya sendiri biasa saja. Hasil foto bisa langsung dikirim via Message, Email, Exchange ActiveSync atau Bluetooth; atau upload ke Web. Cukup menarik untuk diketahui bahwa kita juga bisa lansung mengeditnya di Image editor, atau mencetaknya lewat opsi Print via Bluetooth.

Kesimpulan

Ponsel ini cukup mumpuni bagi Anda yang memang addict dengan dunia maya, terlebih karena desainnya yang ukup mini, sehingga di mana pun dan kapanpun Anda bisa membawanya tanpa mengurangi kenyamanan Anda. Ponsel ini patut diperhitungkan. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel