Google Now Launcher Kini Hadir Untuk Perangkat Android Jelly Bean

8 Nov 2014 20:00 4691 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Google Now sendiri memiliki aplikasi launcher yang sangat baik. Aplikasi tersebut adalah Google Now Launcher. Aplikasi launcher atau peluncur tersebut dihadirkan Google untuk memudahkan pengguna mengakses Google Now. Aplikasi ini hanya hadir eksklusif untuk perangkat Google Nexus, Google Play Edition (GPE)., dan gadget Android dengan OS Android 4.4 KitKat.

Google Now merupakan layanan dari Google yang sangat baik. Layanan ini bisa dikatakan sebagai sebuah asiten pribadi yang mampu melakukan segala tugas yang diperintahkan penggunanya. Layanan Google Now ini menjadi primadona di kalangan pengguna Android. Hal ini karena kemudahan dan terbantunya para pengguna oleh layanan ini. Layanan ini sering dibandingkan keunggulannya dengan asisten pribadi miliki iOS Apple, yakni Apple Siri.

Google Now sendiri memiliki aplikasi launcher yang sangat baik. Aplikasi tersebut adalah Google Now Launcher. Aplikasi launcher atau peluncur tersebut dihadirkan Google untuk memudahkan pengguna mengakses Google Now. Aplikasi ini hanya hadir eksklusif untuk perangkat Google Nexus, Google Play Edition (GPE)., dan gadget Android dengan OS Android 4.4 KitKat.

Kini, aplikasi Google Now Launcher bisa dicicipi oleh para pengguna Android lainnya. Google mengumumkan di awal Agustus 2014 bahwa Google Now Launcher tak lagi eksklusif untuk perangkat Google Nexus atau GPE. Semua gadget Android yang mengusung OS Android Jelly Bean berbagai versi bisa mencicipi launcher yang satu ini.


PENINGKATAN PERFORMA GOOGLE NOW

Semua pengguna Android Jelly Bean bisa merasakan sensasi dari penggunaan Google Now Launcher ini. Terlebih lagi, launcher ini menghadirkan tampilan Home Screen yang cukup berbeda. Google Now Launcher kini hadir dengan tampilan antarmuka yang bening dan bersih. Pengguna juga cukup dimudahkan untuk mengakses Google Now, yakni dengan melakukan swap ke arah kiri. Selain itu, tampilan baru ini juga menghadirkan layar yang benar-benar bersih di pojok kiri yang sebelumnya terdapat widget yang mungkin bagi banyak pengguna cukup mengganggu keberadaannya.

 

GOOGLE NOW GOOGLE NOW GOOGLE NOW

 

Untuk urusan performa, Google Now Launcher mengalami peningkatan. Aplikasi berupa asisten pribadi ini kini hadir dengan navigasi yang gampang dan membuat penggunanya terasa nyaman dalam menggunakan berbagai layanan di Google Now Launcher. Respons aplikasi ini juga cukup cepat dan termasuk aplikasi yang cukup “Smooth”. Selain itu, pengguna Google Now Launcher kini tidak perlu repot melakukan tap pada Mic jika ingin “menyuruh” Google Now melakukan sesuatu. Pengguna hanya tinggal mengatakan “OK Google” yang diikuti dengan perintah yang pengguna inginkan.

 

GOOGLE NOW LEBIH AKURAT

Kehadiran Google Now Launcher di berbagai perangkat Android Jelly Bean sendiri patut diacungi jempol. Langkah yang dilakukan Google ini merupakan langkah yang baik untuk menjaring lebih banyak pengguna menggunakan fitur Google Now. Langkah ini juga bisa sebagai langkah untuk merekrut pengguna yang sebelumnya menggunakan asisten pribadi dari Apple, Apple Siri. Terlebih lagi dengan laporan bahwa Google Now memiliki kemampuan dan akurasi yang lebih baik dibandingkan Apple Siri.

Laporan tentang Google Now yang lebih baik dibandingkan Apple Siri diungkap oleh analis bernama Gene Munster. Analis tersebut menyatakan bahwa Google Now sebagai asisten pribadi memiliki kemampuan akurasi yang baik ketika diuji dengan 800 ratus pertanyaan. Hal yang sama juga dilakukan pada Apple Siri. Hanya saja, Google Now mampu meraih skor keakuratan yang lebih baik, yakni 86%. Sementara Apple Siri meraih skor keakuratan 81%.

Meskipun nilai akurasi tidak berbeda jauh, Google Now tentunya tidak salah jika dianggap menjadi asisten pribadi yang cukup baik. Segala informasi berupa info lokal, peta navigasi, perdagangan, informasi tentang OS tentu lebih mudah dihadirkan oleh Google Now karena langsung diarahkan langsung pada mesin pencari. Sementara Apple Siri tidak bekerja dengan cara demikian. Apple Siri dianggap kurang konsisten mengarahkan pengguna ke mesin pencari. Hal inilah yang kemudian membuat Google Now tampil lebih unggul.

Sekali lagi, kemampuan Google Now yang lebih baik serta kehadiran Google Now Launcher untuk berbagai perangkat Android Jelly Bean tentunya merupakan langkah yang baik yang dilakukan Google. Google tahu persis bahwa aplikasinya membutuhkan lebih banyak pengguna dan lebih banyak peningkatan kemampuan. Terlebih lagi, kini bukan hanya Apple Siri yang menjadi saingan dalam urusan asisten pribadi. Microsoft pun memiliki asisten pribadi yang siap menyaingi Google Now dan Apple Siri. Hal yang serupa juga dilakukan BlackBerry yang menghadirkan asisten pribadi yang lebih pintar. [HMN]

Untuk mencoba langsung aplikasi ini, silakan klik Link download Google Launcher

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel