1

Google Now VS Siri - Pertempuran Sengit Dua Personal Assistants, Manakah yang Terbaik?

7 Jan 2014 22:00 4684 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai pemain besar di industri ponsel yang selalu terlihat mengungguli satu sama lain pada fitur tertentu, voice assistant telah menjadi salah satu fitur terbesar untuk menarik banyak pelanggan dalam beberapa tahun terakhir. Dua voice assistant yang dikenal pengguna smartphone saat ini adalah Google Now dan Siri. 

Apple memulai persaingan panas ini dengan memperkenalkan Siri terlebih dahulu di dalam iOS pada bulan Oktober 2011 yang mana perusahaan Apple memberikan nama Siri yang merupakan istilah dari bahasa Norwegia yang berarti "wanita cantik yang memimpin Anda ke kemenangan”. Android Google memperkenalkan asisten suaranya pada tahun 2012, yang memenangkan Popular Science "Innovation of the Year". Google meluncurkan asisten suara sesaat setelah Siri, tapi tetap disebut pesaing yang solid pada saat itu. Ada juga fitur pencarian suara pada Windows di dalam Windows Phone, tetapi mereka tidak menjangkau secara luas seperti halnya Google Now VS Siri

Jadi pada ulasan kali ini, Paseban akan mempertemukan Google Now VS Siri untuk mengetahui asisten suara mana yang paling cerdas.

Apa dan Siapakah Siri?

Siri adalah asisten pribadi yang dikembangkan oleh Apple dan ini merupakan  salah satu kode berharga dari Apple yang disematkan di dalam iOS. Ini adalah aplikasi yang berdiri sendiri yang tersedia di dalam App Store pada tahun 2010, tetapi telah menjadi bagian dari iOS sejak 2011. Fitur ini pertama kali muncul pada iPhone 4S dan iOS 5 setelah Apple mengakuisisi perusahaan di balik teknologi ini.

Siri membanggakan dirinya dengan menggunakan bahasa alami untuk memiliki jawaba atas apa saja yang Anda butuhkan. Siri dapat menjawab pertanyaan dengan cara yang cerdas, membuat rekomendasi untuk restoran, melakukan tugas-tugas seperti menelepon atau SMS, dan mencari informasi via web dan bahkan Siri bahkan dapat belajar preferensi pribadi Anda dari waktu ke waktu dan menjadi lebih akurat ketika aplikasi itu sering digunakan. Tidak seperti Google Now, Siri tidak tersedia secara cross-platform. Anda hanya akan menemukannya di iOS.

Bagaimana Ini Bekerja?

Siri dapat digunakan dengan cara menahan tombol home pada iPhone 4S atau seri lainnya di atasnya. Anda kemudian akan diminta untuk berbicara dan memberikan perintah kepada Siri untuk berinteraksi dengan Siri, termasuk memerintahkan untuk menampilkan Reminders, Weather, Stocks, Messages, Mail, Calendar, Contacts, Notes, Music, Clocks, Safari, Wolfram Alpha dan Maps dalam iOS.

Menggunakan bahasa alami, Apple ingin Anda berbicara dengan Siri seperti Anda berbicara pada orang normal atau orang pada biasanya. Sebagai contoh, jika Anda meminta Siri untuk mengingatkan Anda tentang sesuatu, sebuah panel Reminders akan pop-up dalam jendela Siri dan meminta Anda untuk mengkonfirmasinya nanti.

Terlepas dari mengakses aplikasi dengan cepat melalui suara, Siri juga dapat memberi Anda informasi. Anda dapat meminta skor olahraga, jadwal pemutaran film yang kemudian akan meminta Anda untuk membeli tiketulasan restoran, melacak saham Anda, dan bahkan meminta Siri tentang Siri. Tanyakan "apa yang dapat Anda lakukan?" Dan Siri memberitahu Anda persis apa yang dia lakukan.

Siri Eyes

Apple bekerja untuk memasukkan Siri dalam cara yang lain ke dalam mobil. Perusahaan ini bekerja sama dengan produsen mobil untuk membawa Siri ke dalam kendaraan melalui fungsionalitas "eyes free". Pengguna akan dapat mengklik tombol di dalam mobil dan tidak mengalihkan pAndangan mereka dari jalan. Mereka akan dapat melakukan tugas-tugas normal layaknya Siri seperti mengirim pesan teks, memilih musik, melakukan panggilan, dan menggunakan Maps untuk menerima arah.

Siri Eyes akan tersedia gratis pada beberapa model mobil di tahun 2014 seperti  Chevy, Honda dan Accura - dengan banyak mitra lain termasuk BMW, GM, Mercedes, Land Rover, Jaguar, Audi, Toyota dan Chrysler.

Apa dan Siapakah Google Now?

Google Now adalah asisten pribadi yang dikembangkan oleh Google. Memulai debut pertamanya pada bulan Juli 2012 sebagai bagian dari Android 4.1 Jelly Bean dan saat ini telah tersedia di Google Search mobile apps untuk Android dan iOS. Google Nowbanyak tersedia di seluruh platform, tidak seperti Siri yang terkunci di dalam iOS.

Di antara fitur-fitur inti di Google Now, ada kemampuan untuk membantu Anda mengelola hari Anda dengan pengingat dan pemberitahuan akan lalu lintas. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda tetap terhubung dengan laporan berita dan cuaca. Aplikasi ini juga bahkan  akan memberikan informasi lokal seperti tempat-tempat wisata dan mata uang. Dibandingkan harus memberikan perintah suara  untuk meminta informasi seperti Siri, Google Now malah akan memberikan kepada Anda secara otomatis.

Lalu Apa Itu Google Now Card?

Google Now mengenali tindakan yang berulang-ulang. Tindakan berulang-ulang ini bisa dikaitkan dengan kegiatan Anda yang berhubungan dengan restoran yang sering dikunjungi, janji  tahunan, permintaan pencarian berulang dan banyak lagi. Google Nowkemudian menyajikan informasi yang relevan untuk Anda berdasarkan kebiasaan Anda tadi. Informasi ini muncul dalam bentuk kartu.

Ada berbagai kartu khusus, termasuk untuk ringkasan aktifulang tahun, konser, acara, film, berita, janji, tempat, peringatan umum, angkutan umum, pengingat, saved offers, saham, olahraga, lalu lintas, atraksi dan acara, terjemahan, cuaca, dll

Google Now juga menyajikan informasi dengan memanfaatkan Google Knowledge Graph, suatu sistem yang menyediakan hasil pencarian yang lebih rinci dengan menganalisis makna dan koneksi dari kata kunci yang dimasukkan untuk pencarian.

 

Bagaimana Google Now bekerja?

Cards

Jika Anda benar-benar ingin melihat apa yang Google Now dapat lakukan, maka Anda harus menggunakannya untuk sementara waktu, karena aplikasi perlu memahami Anda secara berulang-ulang seperti jenis informasi yang Anda sering cari atau biasanya pencarian konvensional. Maka secara diam-diam Google Now akan mempelajari kebiasan Anda dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari ini.

Voice search

Google Nowmendukung berbagai perintah suara dan fungsi. Anda selalu bisa mengetik pencarian ke dalam kotak pencarian, atau Anda bisa mendapatkan kekuatan sesungguhnya dari  Google Nowdan kenyamanan dengan memanfaatkan pencarian suara. Yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan pencarian suara di Google Search app mengatakan “OK, Google Now," dan itu akan mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan dan memberikan informasi terkait yang berguna.

Kesimpulan

Jadi mana yang lebih baik? Untuk perbandingan seperti ini, tidak ada jawaban yang mudah dan itu tergantung pada apa  yang Anda cari sesuai dengan kebutuhan Anda. Pencarian suara pada Google benar-benar sangat mengesankan. Begitu pula dengan cards yang akan mengumpulkan semua materi yang berhubungan dengan Anda. Sementara Siri akan berpura-pura menjadi teman Anda, dan berusahan bersikap normal dan akan benar-benar membantu Anda secara penuh. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel