Tourist - Aplikasi Kamus Bahasa Inggris untuk Android yang Bisa Langsung Mempraktekannya

1 Nov 2012 19:30 6169 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bahasa asing di Indonesia bukan hanya bahasa Inggris saja bahasa-bahasa seperti bahasa Jepang, Mandarin, Prancis, dan Arab merupakan bahasa asing yang cukup sering digunakan dan dibutuhkan terutama dalam lingkup pekerjaan. Terutama bagi para pekerja yang pekerjaannya sering berhubungan dengan ekspatriat (orang asing), menguasai...

Bahasa asing di Indonesia bukan hanya bahasa Inggris saja bahasa-bahasa seperti bahasa Jepang, Mandarin, Prancis, dan Arab merupakan bahasa asing yang cukup sering digunakan dan dibutuhkan terutama dalam lingkup pekerjaan. Terutama bagi para pekerja yang pekerjaannya sering berhubungan dengan ekspatriat (orang asing), menguasai bahasa asing walaupun hanya sekadar pasif mutlak dibutuhkan. Bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengikuti kursus bahasa asing Anda bisa mencoba aplikasi Tourist: language learn & speak langsung dari Android Anda.

Aplikasi Tourist memang tidak ditujukan langsung sebagai aplikasi khusus untuk belajar bahasa asing tetapi dengan fitur-fitur yang dimilikinya bukan tidak mungkin hal ini bisa dilakukan. Secara umum, Tourist merupakan aplikasi yang dapat menerjemahkan frase atau kalimat yang berguna bagi Anda jika sedang berhadapan dengan orang asing atau sedang jalan-jalan ke luar negeri. Tourist: language speak & learn memiliki beberapa terjemahan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terjemahan ini dibagi dalam beberapa kategori: perjalanan dan transportasi; makanan dan akomodasi; situasi darurat; percakapan sehari-hari; dan bahasa asing tingkat dasar seperti angka-angka. Sehingga melalui aplikasi Tourist ini Anda bisa mempelajari cara mengucapkan salam, memulai percakapan ringan, memesan makanan atau menanyakan informasi tertentu dalam berbagai bahasa.

Untuk sementara ini aplikasi kamus bahasa Inggris untuk Android ini mendukung terjemahan dari bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Mandarin, Cina, Arab, Italia dan masih banyak lagi namun sayangnya Tourist belum memasukkan bahasa Indonesia sebagai salah satu fitur terjemahannya sehingga jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini sebaiknya melakukan input dari bahasa Inggris terlebih dahulu. Yang unik dari aplikasi Tourist: language speak & learn adalah walaupun aplikasi ini dikembangkan oleh Srsdev namun siapa saja bebas menjadi contributor dengan mengunjungi website utamanya di sini sehingga kualitas terjemahan akan semakin lebih baik. Berikut beberapa hasil terjemahan yang dimiliki oleh aplikasi Tourist:

  • What time is it? (English) - Qué hora es? (Spanish)

  • Do you speak English? (English) - Hablas Inglés? (Spanish) - Sprachen Sie Englisch (German)

  • Where can I find a taxi? (English) - Dónde puendo cojer un taxi? (Spanish) - Où est-ce que je peux trouver un taxi? (French)

Aplikasi Tourist: language learn & speak ini tidak hanya sekedar menyediakan terjemahan frase saja melainkan beserta cara pengucapannya juga melalui fitur Text To Speech (TTS) sehingga Anda tidak perlu bingung mengucapkan apa yang tertulis di terjemahan dan proses belajar bahasa asing Anda akan lebih maksimal. Namun sayangnya fitur TTS ini hanya tersedia di ponsel yang memiliki TTS engine di dalamnya atau jika ponsel Anda tidak mendukung TTS engine, Anda masih bisa memanfaatkan fitur Text To Speech melalui bantuan cloud web service. Untuk melihat apakah ponsel Anda mendukung TTS atau tidak Anda bisa mengeknya dengan pergi ke: Menu > Setting > Voice Input & Output > Text-to-speech setting. Untuk menggunakan fitur TTS ini, pengguna cukup menklik frase yang diinginkan kemudian akan diperdengarkan suara dari penutur bahasa aslinya lengkap dengan aksen yang digunakan. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan Anda yang sedang wisata ke luar negeri atau sedang berhadapan dengan orang asing untuk menanyakan berbagai informasi darinya. Fitur Text To Speech sendiri hadir dengan kualitas suara yang jelas sehingga memudahkan Anda untuk mengikutinya dan fitur ini bisa digunakan tanpa koneksi internet tersambung.

Untuk langkah intalasi aplikasi Tourist selain memastikan aplikasi Anda telah mensupport TTS Engine ada beberapa langkah yang harus diikuti. Pertama, setelah megunduh aplikasi Tourist jika Pico TTS Engine belum terinstall di ponsel Anda maka Anda harus menginstallnya dengan menklik "Install voice data” dan sangat direkomendasikan untuk menginstall eSpeak engine dari market Android karena ada beberapa bahasa yang bisa digunakan dengan aplikasi engine itu saja dan tidak dengan Pico TTS. Aplikasi ini sangat ringan digunakan untuk Android Anda dan bisa diunduh gratis di Google Play Store. Tourist: language learn & speak bisa digunakan dengan minimal Android OS 1.6.[FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel