Tiga Aplikasi Internet Penghemat Quota dan Baterai Gadget Anda

8 Oct 2012 18:00 22191 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda merasa terlalu boros dalam hal penggunaan paket data internet Quota maupun unlimited, 3 aplikasi berikut ini bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda.

Sebagai pengguna Android, tentunya Anda selalu terhubung ke dunia maya untuk berbagi file, tautan, bahkan curhatan. Hal yang paling menyebalkan adalah jika Anda berlangganan paket internet quota, terkadang secara tidak sadar tiba-tiba paket yang Anda miliki sudah habis, belum lagi baterai yang terasa boros.

Paseban memiliki solusinya, kali ini tidak hanya satu aplikasi atau dua aplikasi, tetapi menggunakan tiga aplikasi sekaligus. Ketiga aplikasi ini memiliki fungsi masing-masing yang saling berkaitan sehingga suatu benefit bagi Anda jika memilikinya. Berikut adalah ulasan ketiga aplikasi internet tersebut.

3G Watchdog

Seperti dari nama awalnya yaitu 3G, aplikasi internet ini berguna untuk memantau Anda dalam penggunaan internet, baik menggunakan paket quota maupun paket unlimited. Aplikasi ini sudah mendukung OS Android 1.5 ke atas, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena saat ini rata-rata para vendor handphone sudah memiliki standar di OS Android 2.x. untuk ukuran aplikasi tergolong kecil, hanya 604.93KB Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store denga cuma-cuma alias gratis.

Selain memantau dalam penggunaan paket data, aplikasi internet 3G Watchdog ini memantau penggunaan Wi-Fi juga. Untuk pengaturannya, misal jika Anda memiliki paket data internet sebanyak 1GB di menu setting > Your Plan > quota 1GB dan per 1 bulan atau minggu atau hari, tergantung dari Anda membeli paketnya. Dan untuk peringatan jika paket yang dimiliki akan mencapai batas, pilih Alerts > lalu pilih *Warn me over dan isi kotak kosongnya terserah Anda, secara default sudah terisi 75%. Jika sudah mencapai 99% ataupun 100% Anda bisa mengaturnya menjadi auto-disable mobile data network menggunakan 3G Watchdog atau dengan aplikasi lain. Aplikasi ini bisa didownload di sini.

Droidwall

Aplikasi firewall memungkinkan Anda untuk menahan atau memutuskan network data dari aplikasi yang di-blacklist. Penggunaanya, pilih Mode: apakah Anda ingin menggunakan Mode Whitelist (membuat daftar yang bisa menggunakan paket data) atau memilih Mode Blacklist (membuat daftar yang akan Anda proteksi dari penggunaan paket data). Lalu Anda pilih aplikasi mana saja yang akan dimasukkan ke daftar whitelist/blacklist.

Setelah itu pilih menu dari handphone, lalu pilih firewall dari disabled menjadi enabled. Misal Anda memilih mode blacklist dan mengaktifkan firewall-nya, aplikasi yang dicentang tersebut tidak akan bisa terhubung ke internet menggunakan paket data 3G maupun WiFi. Penggunaan aplikasi ini juga bisa meningkatkan kecepatan data yang menggunakan paket unlimited, yaitu dengan mem-blacklist sementara aplikasi yang menggunakan internet seperti Twitter. Aplikasi ini bisa Anda unduh di link ini.

JuiceDefender

Aplikasi ini merupakan aplikasi penghemat baterai dan pengemat penggunaan paket data internet Anda. Tampilan dan penggunaannya pun tergolong sangat mudah, cukup memilih enabled untuk mengaktifkan aplikasi JuiceDefender ini. Untuk profile, Anda bebas merubahnya, setiap profile memiliki pengaturannya sendiri, tergantung dari pemakaian yang dibutuhkan, tetapi JuiceDefender tidak menyusahkan, Anda hanya tinggal memilih profil Advance untuk penggunaan pengaturan sendiri.

Ikon yang muncul di statusbar pun memiliki perbedaan. Pertama, jika hanya gambar gelas saja tanpa ada tanda lain, maka Anda tersambung dengan internet dan interfaces. Kedua, jika gambar gelas dengan tanda bulat merah di atasnya, maka internet tidak tersambung dan interfaces pun sama-sama disabled. Yang ketiga, gelas dengan tanda bulat biru, maka paket internet sedang Anda gunakan tetapi interfaces menjadi disabled. Jika Anda tertarik aplikasi ini bisa diunduh di sini. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel