Laptop Toshiba Satellite U840W, Ultrabook dengan Layar 14.4 Inchi

17 Sep 2012 14:30 3334 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dewasa ini Ultrabooks telah mencapai titik *mainstream* yang mana berarti desain yang dibawa tidak pernah mengalami perubahan selama beberapa dekade ini. Namun Toshiba telah memulai evolusi dalam desain sebuah Ultrabook, dengan menelurkan laptop Toshiba Satellite U840W yang mana memiliki desain yang tergolong unik.

Dewasa ini Ultrabooks telah mencapai titik mainstream yang mana berarti desain yang dibawa tidak pernah mengalami perubahan selama beberapa dekade ini. Namun Toshiba telah memulai evolusi dalam desain sebuah Ultrabook, dengan menelurkan laptop Toshiba Satellite U840W yang mana memiliki desain yang tergolong unik.

Ultrabook yang ditenagai oleh Core i5 ini memiliki rasio perbandingan layar yang unik yakni sebesar 21:9 pada layar selebar 14.4 inchi. Jika layar sebuah laptop stAndar hanya memiliki resolusi maksimal sebesar 1.792 x 768 piksel, lalu apakah yang dibawa Toshiba kepada para penggunanya?

Desain

Two-tone exterior akan nampak tertata apik pada bagian depan laptop Toshiba Satellite ini. Ekterior dua warna ini merupakan hasil dari dua gabungan bahan yang berbeda, yakni bahan alumunium yang nampak seperti logam halus dan bahan karet yang berwarna gelap yang berada tepat di sisi bawahnya. Bahan karet ini akan membantu untuk menjamin pegangan yang lebih baik pada saat Anda menentengnya. Pada saat Anda membukanya, Ultrabooks ini sangat terlihat ganjil karena desainnya yang memanjang dan tidak umum seperti kebanyakan Ultrabooks lainnya.

Berbeda halnya ketika Ultrabooks ini dalam keadaan tertutup, justru Ultrabooks ini akan terlihat seperti papan selancar mini dan tidak banyak memakan tempat pada tas ransel Anda. Jika disandingkan dengan laptop biasa, maka akan nampak perbedaan yang mencolok, yakni U840W terlihat lebih luas dan lebih pendek dibandingkan dengan laptop biasa dan tentunya akan memakan lebih banyak tempat. Penempatan speaker-nya pun tergolong unik, U840W menempatkan speaker disepanjang tepian keyboard tanpa ada sisa. Hal ini akan memberikan Anda pengalaman suara yang sangat menjanjikan. Total, Ultrabook ini memiliki dimensi sebesar 368.5 x 200mm, tinggi 20.8 mm dan berat sebesar 1.58 kg.

Layar

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa layar pada U840W ini memiliki rasio perbandingan yang sangat tidak umum, yakni 21:9 yang mana layar ini akan terlihat memanjang seperti letterbox. Layar dengan bentuk memanjang ini merupakan layar terbaik untuk melihat sebuah film, melakukan editing dokumen secara atau browsing menggunakan dua buah browser bersamaan secara side-by-side. Layar 14.4 inchi ini dikelilingi dengan bahan material plastik glossy yang mana menambahkan kesan berkelas kepada para penggunanya. Ultrabook ini memiliki resolusi sebesar 1,920 x 1,080 pixels.

Namun, mengapa semua terasa begitu sempit di Toshiba Satellite U840W? Karena Toshiba Satellite U840W ini memiliki ukuran fisik layar yang sempit dalam hal pengukuran vertikal, dibandingkan dengan kebanyakan laptop. Laptop yang memiliki layar 13.3 inchi rata-rata memiliki tinggi layar sebesar 165 mm, sedangkan U840W sendiri memiliki tinggi layar sebesar 142 mm. Dengan rasio yang diluar dari ukuran laptop biasa, maka sebagian besar pengguna akan merasa tidak biasa menggunakan laptop ini.

Fitur dan Performa

Beberapa fitur yang dibawakan oleh Ultrabook ini antara lain membawa sistem operasi Windows 7 Home Premium (64-bit) yang mana juga didukung kinerjanya oleh prosesor 1.7GHz Intel Core i7-3317U dengan memory sebesar 6GB, 1,600MHz DDR3 dan Chipset Intel HM77. Untuk daya simpannya sendiri, U840W ini telah dibekali Hard Drive sebesar 500GB, 5,400rpm HDD with 32GB SSD. Karena memiliki resolusi layar yang tinggi, maka prosesor grafis yang ditanamakannya pun haruslah mumpuni untuk menampilkan hasil layar yang terbaik, maka U840W ini mempercayakannya kepada prosesor grafis Intel HD Graphics 4000.

U840W tidak datang dengan optical drive, yang itu berarti bahwa Anda tidak bisa memainkan Blu-rays atau DVD. Satu-satunya cara untuk memutar film adalah melalui USB drive Anda atau menggunakan optical drive eksternal.

Kesimpulan

Dengan harga yang dibanderol sekitar 9.5 juta, Toshiba Satellite U840W ini menawarkan kepada Anda pengalaman yang berbeda dalam menggunakan Ultrabook. Dengan mengusung layar yang lebar dan Harman Kardon speaker yang mana dapat berguna untuk beberapa hal. Namun tidak semua orang membutuhkan Ultrabook dengan layar yang lebar dan juga speaker yang mumpuni dan juga tanpa adanya drive DVD atau Blu-ray menjadi kekurangan dari Ultrabook ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel