Download Game Harvest Moon Frantic Farming untuk Gadget iPhone

6 Sep 2012 15:30 4387 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tujuan utama dari game Harvest Moon Frantic Farming adalah bercocok tanam segala jenis tumbuhan, tetapi jangan dulu tergesa-gesa mengambil kesimpulan bahwa bermain game ini akan membuat Anda menguap saat memainkannya karena Harvest Moon Frantic Farming walaupun terkesan membosankan tetapi menjadi salah satu game *puzzle* yang akan menarik perhatian.

Bagi penggemar game dengan genre simulasi tentunya sudah tidak asing dengan game Harvest Moon. Game dengan tema simulasi perkebunan ini sempat menjadi game laris untuk console Sony Playstation pertama (PSX). Game yang dibuat oleh developer game asal Jepang, Natsume Inc ini juga hadir untuk perangkat iPhone dengan judul Harvest Moon Frantic Farming. Hanya saja kali ini Harvest Moon Frantic Farming dibuat dengan gaya permainan puzzle dan memerlukan sentuhan strategi untuk permainannya. Harvest Moon Frantic Farming ini sebelumnya dibuat untuk console Nintendo DS beberapa tahun lalu, tetapi karena saat ini teknoogi gadget sudah bisa menandingi kemampuan dari console game "standar” akhirnya pihak Natsume Inc membawa game ini ke perangkat iPhone.

Tujuan utama dari game Harvest Moon Frantic Farming adalah bercocok tanam segala jenis tumbuhan, tetapi jangan dulu tergesa-gesa mengambil kesimpulan bahwa bermain game ini akan membuat Anda menguap saat memainkannya karena Harvest Moon Frantic Farming walaupun terkesan membosankan tetapi menjadi salah satu game puzzle yang akan menarik perhatian Anda dan menyegarkan untuk Anda mainkan meskipun memang kegiatan menanam tomat tidak akan terlihat terlalu keren bila dibandingkan game-game puzzle lain yang ada saat ini.

Gameplay

Hal yang pertama harus diingat adalah walaupun game ini memiliki judul yang sama dengan game yang ada di PSX tetapi Harvest Moon Frantic Farming memiliki cara dan gaya permainan yang berbeda dengan seri game Harvest Moon yang lain. Karena itu saat Anda mulai memainkannya hal pertama kali yang dilakukan adalah masuk ke menu option > Help kemudian bacalah aturan yang harus dilakukan untuk memainkan game ini. Setelah itu Anda akan bisa memainkan game ini dengan lebih mudah.

Game yang dimainkan melalui touchscreen ini mengharuskan Anda untuk mengelola lahan kosong yang nantinya Anda gunakan untuk menanam bibit dan harus Anda rawat sampai bibit tersebut tumbuh dan menjadi tanaman yang siap untuk dipanen. Nah, yang bertugas untuk memanen beragam tanaman tadi adalah kurcaci bernama Harvest Sprite. Tugas dari Harvest Sprite adalah memetik tanaman sekaligus menyiram air ke lahan di sekitarnya, karena itu Anda harus bisa memindahkan tanaman yang ada sehingga tidak menghalangi jalur yang digunakan oleh Harvest Sprite saat sedang melakukan tugasnya. Bila langkah Harvest Sprite tadi terhenti karena terhalang oleh tanaman yang belum Anda atur maka Anda dinyatakan kalah. Jika Anda bisa membuat jalur yang benar secara berturut-turut maka Anda akan mendapatkan nilai combo yang semakin sering Anda melakukannya akan memberikan keuntungan untuk lahan kebun Anda.

Tetapi jangan kira tugas Anda hanya membuat jalur yang benar tetapi Anda juga harus berlomba dengan waktu yang ditentukan dalam menyelesaikannya. Anda harus bisa mengambil keputusan dengan cepat posisi bibit tumbuhan mana yang harus Anda tanam dengan benar sehingga Anda bisa memperhitungkan waktu tumbuh tanaman tersebut. Mekanisme dan strategi yang digunakan Anda dalam mengelola lahan menjadi modal utama untuk meraih nilai sebesar-besarnya dalam game ini. Selain itu terdapat Mission Mode di mana langkah Anda dibatasi jumlah gerakannya sehingga Anda harus benar-benar memilih jalur dengan benar. Mission Mode terbagi kedalam tiga bagian tingkat kesulitan (easy, normal, hard).

Grafis & Sound

Harvest Moon Frantic Farming memiliki grafis yang sangat baik untuk sebuah game dengan tema puzzle. Grafis yang dimiliki game ini sangat halus dengan dipoles gambar animasi yang bagus. Gaya animasi kartun yang ditampilkan didesain dengan baik dan kaya warna. Tidak kalah dengan versi dari Harvest Moon Frantic Farming untuk Nintendo DS, walaupun sekali lagi kemampuan iPhone memang nyaris bisa disejajarkan dengan console tersebut. Sayangnya konten yang dimiliki game Harvest Moon Frantic Farming versi iPhone tidak sebanyak yang dimiliki versi DS.

Kualitas suara atau sound dari Harvest Moon Frantic Farming juga sangat baik. Musik-musik yang akan menemani kegiatan bercocok tanam Anda cukup menyenangkan untuk didengarkan, bukan jenis musik pada game puzzle kebanyakan yang terkadang "mengganggu” sehingga biasanya membuat Anda memilih untuk memainkan game dengan mode mute.

Kesimpulan

Game Harvest Moon Frantic Farming ini memiliki kualitas yang baik, baik dari segi grafis dan juga cara permainannya, apalagi bila Anda penggemar game puzzle maka game ini adalah game menyegarkan dan layak untuk Anda miliki. Bila Anda tertarik game sebesar 15.6 MB ini bisa Anda beli di iTunes Store dengan harga $4.99 saja. [RR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel