Pocket - Aplikasi Smartphone Terbaik untuk Menyimpan Artikel

21 Jul 2012 09:00 7385 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet menyediakan segala macam informasi yang dapat dengan mudahnya diakses melalui PC, laptop, ataupun *smartphone*. Terkadang tanpa sadar ketika melakukan pencarian di internet, Anda membuka banyak sekali jendela internet sehingga Anda hanya sempat melihatnya sekilas tanpa ada kesempatan membacanya sampai habis.

Internet menyediakan segala macam informasi yang dapat dengan mudahnya diakses melalui PC, laptop, ataupun smartphone. Terkadang tanpa sadar ketika melakukan pencarian di internet, Anda membuka banyak sekali jendela internet sehingga Anda hanya sempat melihatnya sekilas tanpa ada kesempatan membacanya sampai habis. Bagi Anda yang senang melakukan browsing di internet namun tidak ada waktu yang cukup untuk membaca hasil pencarian yang dilakukan di internet, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Pocket khusus pengguna iPhone dan Android.

Pocket atau yang dulu lebih dikenal sebagai Read It Later merupakan aplikasi dari Idea Shower yang dapat menyimpan dan menampilkan kembali artikel internet atau video yang diakses sebelumnya. Jika Anda orang yang sibuk sementara banyak informasi atau berita yang harus dicari dan dibaca di internet namun waktu Anda tidak cukup untuk membacanya sekaligus, aplikasi Pocket akan menjadi penyelamat Anda. Semua hal yang Anda akses baik itu dalam bentuk artikel ataupun video akan di sinkronisasikan ke smartphone atau tablet sehingga Anda bisa mengaksesnya kapanpun tanpa memerlukan akses internet.

Sebenarnya selain Pocket (Read It Later) masih banyak aplikasi smartphone sejenis seperti Instapaper, Sent to Reader, Readibility yang bisa digunakan untuk menyimpan artikel dari Web. Namun jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi tersebut Pocket lebih memiliki banyak kelebihan sebagai hasil dari proses ‘inkarnasi’ dari Read It Later. Idea Shower selaku pengembangnya tidak serta merta menghapus jejak-jejak aplikasi Read It Later melainkan dengan mendesainnya ulang. Sehingga bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki Read It Later di iPhone atau Android, Anda masih bisa membuka akun Read It Later di aplikasi Pocket begitu juga arsip-arsip yang tersimpan didalamnya.

Kembali ke aplikasi Pocket, layout aplikasi ini berbeda untuk smartphone dan tablet dengan pertimbangan luasnya layar yang digunakan. Untuk smartphone, layout yang digunakan hampir sama dengan Read It Later dengan penambahan thumbnail images dan font yang lebih baik. Sedangkan untuk perangkat yang memiliki layar yang lebih besar seperti Tablet, aplikasi Pocket akan menyimpan file tersimpan dalam format grid, flipboard style sehingga tidak akan membosankan untuk melihatnya. Anda juga bisa merasakan sensasi membaca artikel internet layaknya membaca koran walaupun pada kenyataannya tampilan grid agak sedikit rumit.

Fitur terbaru yang dimiliki Pocket adalah kemampuannya untuk menyaring berdasarkan tipe isi Web sehingga Anda bisa membedakan antara gambar, video dan teks biasa. Menyaring berdasarkan video akan menampilkan grid thumbnails dari video yang disimpan baik dari YouTube, Vimeo atau media layanan lainnya. Hanya saja yang menjadi masalah adalah untuk melihat video tersimpan yang ternyata masih membutuhkan koneksi internet. Jika Anda membutuhkan pilihan lebih untuk penyaringan konten, fitur Tags bisa dimanfaatkan. Cukup dengan mengetuk tombol pensil di kanan atas, pilih items kemudian membuat atau menambah Tag baru. Sedangkan di bagian kiri atas terdapat kolom untuk melakukan pencarian artiker berdasarkan judul atau URL.

Dalam hal menampilkan artikel teks terdapat dua pilihan yang ditawarkan di aplikasi ini yaitu plain text atau tampilan asli teks sesuai dengan di Web. Ketika Anda sedang membaca semua menu bar, tools dan toogle akan menghilang dari layar sehingga akan lebih terfokus pada teks saja. Untuk mengubah display Pocket, Anda bisa menemukan di panel pop-up style untuk mengganti jenis huruf, paragraph, tingkat penerangan teks dan juga menampilkan night mode. Satu lagi fitur tambahan dari aplikasi Pocket yaitu kemampuannya untuk berbagi melalui jejaring sosial seperti Twitter. Hanya saja sedikit kekurangannya adalah tidak mendukung pagination (pemberian nomor untuk halaman) yang bisa berguna untuk artikel yang panjang.

Kesimpulannya beberapa hal yang menjadi kelebihan dari Pocket seperti perbaikan dalam User Interface sehingga lebih elegan (terutama untuk iPhone), desain yang simple dan bersih untuk membaca dan juga kemampuan menyaring berdasarkan tipe isi files membuat aplikasi ini menjadi lebih popular dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Dan tentu saja yang disukai oleh para pencari aplikasi smartphone, aplikasi Pocket ini bisa di unduh secara gratis baik untuk iPhone, iPad ataupun Android. Untuk iPhone dan iPad membutuhkan iOS 5.0 dan bisa diunduh di iTunes, sedangkann Android 2.2 untuk dapat menginstallnya lewat Google Play. [FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel