1

Mau Tahu, Apa Saja Ponsel Android Pertama dari Mulai Kemunculannya Hingga Sekarang?

18 Jan 2012 16:35 21689 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android menjadi salah satu OS *mobile* paling fenomenal saat ini. Lalu bagaimana perkembangannya dari tahun ke tahun hingga kemunculan ponsel Samsung Galaxy Nexus yang menggunakan OS Android 4,0 Ice Cream Sandwich pertama di dunia.

Android menjadi salah satu OS mobile paling fenomenal saat ini. Kemunculan OS ini bermula ketika Google mengakuisisi sebuah perusahaan software kecil bernama Android pada tahun 2005. Awal mula setelah langkah akuisisi itupun cukup berat. Baru pada tahun 2008 ponsel Android pertama muncul ke pasaran. Lalu bagaimana perkembangannya dari tahun ke tahun hingga kemunculan ponsel Samsung Galaxy Nexus yang menggunakan OS Android 4,0 Ice Cream Sandwich pertama di dunia.

T-Mobile G1

Ponsel ini merupakan langkah awal Android di dunia perponselan, tepatnya pada bulan Oktober 2008. Sebagai ponsel Android pertama, spesifikasi G1 ini tidak cukup bagus. Ponsel ini tidak memiliki jack headphone standar, selain itu ponsel ini juga tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan sebuah aplikasi yang sudah diunduh ke memory card. Namun sisi baiknya, ponsel pertama Android 1,0 ini memiliki fitur full QWERTY, dukungan 3G, WiFi, GPS dan Bluetooth. Selain itu, berkat OS Android, pemilik ponsel bisa mengintegrasikan ponsel ini dengan aplikasi Google, Amazon MP3 Store dan Youtube.

T-Mobile MyTouchs 3G

Lagi-lagi T-Mobile menjadi provider telepon pertama yang meluncurkan ponsel Android pertama. Kali ini ponsel T-Mobile MyTouchs 3G milik mereka menggunakan OS Android 1,5 Cupcake. Butuh waktu 9 bulan bagi T-Mobile untuk meluncurkan ponsel ini setelah kemunculan ponsel Android G1. Ponsel pertama Andoid Cupcake ini memiliki desain yang menarik dengan tampilan yang wah. Selain itu, pemilik ponsel juga bisa mengatur interface sesuai keinginan. Tak hanya itu, ponsel ini juga menawarkan kemudahan untuk digunakan. Sayangnya, ponsel ini tak mendukung jack headset 3,5mm, file manager dan pilihan camera editing. Terlebih lagi, ponsel ini juga tidak mendukung sinkronisasi kalender dan kontak.

HTC Hero

Kali ini giliran HTC yang meluncurkan ponsel Android pertama yang mendukung jaringan CDMA. Ponsel ini diluncurkan pada bulan Oktober 2009 dengan menggunakan OS Android 1,5 Cupcake. HTC Hero juga menjadi debut UI milik HTC, yakni HTC Sense.

Motorola Droid

Setelah T-Mobile meluncurkan dua jenis ponsel Android pertama, kini giliran Motorola. Motorola Droid menjadi ponsel Android 2,0 Eclair pertama yang muncul di pasaran. Keberadaan OS Android Eclair memberikan performa web browser menjadi lebih cepat, serta manajemen pesan dan kontak yang menjadi lebih baik. Selain itu, juga terdapat aplikasi Google Maps yang cukup membantu ketika Anda akan melakukan perjalanan.

Kemunculan ponsel Android pertama dengan OS versi 2,0 Eclair bukan berarti sudah menyelesaikan semua permasalahan. Ponsel ini pun masih memiliki beberapa kekurangan. Desain keyboard QWERTY pada ponsel ini dirasa terlalu rata. Selain itu, fitur Bluetooth voice dialing juga tidak bisa digunakan pada ponsel ini.

HTC Nexus One

Versi terbaru dari OS Android, yakni Android 2,1 Eclair muncul pada Januari 2010. Dan HTC Nexus One adalah ponsel Android pertama yang muncul ke pasaran. Ketika menggunakan ponsel ini, Anda akan dipaksa untuk menyimpan segala sesuatu pada memori internal. Selain itu, media player yang disediakan juga tidaak terlalu mengagumkan.

Motorola Droid 2

Motorola Droid 2 menjadi debut kemunculan ponsel Andorid pertama yang menggunakan OS Android versi 2,2 Froyo. Dibandingkan dengan ponsel-ponsel Android terdahulunya, Droid 2 memiliki fitur yang jauh lebih baik. Ponsel ini tampil dengan prosesor yang lebih cepat dan juga terdapat tambahan keyboard yang lebih canggih. Sayangnya, ponsel ini masih belum mendukung port HDMI.

Galaxy Nexus S

Ponsel inilah yang membuat Android menjadi seperti sekarang. Dalam sebuah penelitian, OS Android 2,3 Gingerbread adalah OS Android yang paling banyak digunakan oleh para pemilik ponsel Android. Jadi tidak salah jika menyebut ponsel ini sebagai ponsel Android pertama dengan OS Android Gingerbread sebagai langkah awal kesuksesan OS Android.

Samsung Galaxy Nexus

Ponsel terakhir ini adalah produk dari Samsung. Ponsel ini merupakan ponsel Android pertama yang memakai OS Android versi 4,0 Ice Cream Sandwich. Ponsel ini tampil dengan spesifikasi yang elegan dengan adanya konektivitas 4G LTE yang menjamin akses internet super cepat. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel