1

3 Alasan Yang Membuat Macbook Air Apple Lebih Baik dari Laptop Lainnya

18 Mar 2013 11:30 21450 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lebih dari separuh pengguna komputer di dunia ini menggunakan sistem operasi Windows. Selain karena aplikasinya yang sangat variatif, sistem operasi ini juga sangat fleksibel untuk digunakan di semua jenis komputer. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sedikit demi sedikit pengguna komputer mulai banyak yang beralih ke sistem operasi buatan Apple, terutama untuk pengguna laptop.

Lebih dari separuh pengguna komputer di dunia ini menggunakan sistem operasi Windows. Selain karena aplikasinya yang sangat variatif, sistem operasi ini juga sangat fleksibel untuk digunakan di semua jenis komputer. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sedikit demi sedikit pengguna komputer mulai banyak yang beralih ke sistem operasi buatan Apple, terutama untuk pengguna laptop.

Hal tersebut dapat dianggap wajar karena salah satu produk laptop unggulan Apple yaitu Macbook Air memiliki kualitas serta performa yang sangat mumpuni. Bahkan banyak yang mengatakan jika Macbook Air Apple tersebut jauh lebih baik ketimbang para kompetitornya. Apa sajakah keunggulan dari Macbook Air tersebut? Simak ulasan Paseban berikut ini.

Harga

Banyak yang mengatakan jika produk-produk keluaran Apple sangatlah mahal. Hal tersebut sangatlah wajar jika kita melihat kualitas serta performa yang diberikannya. Saat ini satu-satunya yang menjadi pesaing Macbook Air adalah segerombolan produk ultrabook yang memiliki desain tipis dan performa tinggi layaknya Macbook Air. Namun, ada beberapa hal yang tidak bisa mereka lakukan untuk mengalahkan Macbook Air ini.

Sebagai contoh, Ultrabook HP Folio 13 memiliki harga yang lebih murah dari Macbook Air ketika diluncurkan. Sayangnya, produk ini hanya memiliki prosesor dengan clockspeed rendah dan juga resolusi layar yang hanya berukuran 1366×768 piksel. Resolusi tersebut masih kalah jauh dibanding Macbook Air. Terdapat juga sebuah ultrabook yang memiliki resolusi sebesar 1600×900 yaitu HP Envy Spectre 14, namun sayangnya ultrabook tersebut lebih mahal sekitar $100 dari harga Macbook Air.

Dengan begitu dapat disimpulkan jika Macbook Air memang mahal, namun tidak mahal jika dibandingkan dengan laptop yang memiliki kualitas serupa.

Kualitas Komponen

Kualitas dari komponen yang ada di Macbook Air merupakan nilai lebih yang harus Anda perhitungkan. Pasalnya, saat ini banyak perusahaan elektronik yang membuat laptopnya untuk hanya bisa bertahan dengan baik selama masa garansi. Ketika garansinya sudah habis, maka berbagai macam masalah akan langsung bermunculan di laptop tersebut.

Hal tersebut tidak akan terjadi kepada produk-produk buatan Apple termasuk Macbook Air. Dengan perakitan dan komponen yang terbaik, maka laptop ini akan dapat bertahan untuk jangka waktu yang sangat lama. Bahkan, saat ini banyak Macbook Air bekas atau refurbished yang dijual lagi ke pasaran karena memang masih layak untuk digunakan dan dapat dibeli dengan harga yang relative murah.

Mac OS X

Hal lainnya yang menjadi keunggulan dari Macbook Air adalah sistem operasi Mac OS X yang terintegrasi dengan baik bersama perangkat Apple yang lain seperti iPhone, iPad, ataupun iPod. Jika Anda tidak bisa terlepas dari aplikasi-aplikasi yang hanya ada di Windows, maka sekarang banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat membuatnya berjalan di sistem operasi kebanggaan Apple ini.

Selain itu, integrasi yang baik antar produk Apple juga menjadi nilai tambah bagi sistem operasi ini. Sebagai contoh, Anda dapat terus berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga Anda di mana saja dengan menggunakan iMessage yang juga terdapat di iPhone dan iPad. Apalagi, sistem operasi ini tidak akan banyak mengalamai masalah dengan Macbook Air karena memang dirancang khusus untuk laptop tersebut.

Bukan untuk Gamer

Macbook Air muncul dengan hanya dilengkapi oleh grafis standar Intel HD 3000 yang tidak cukup halus dalam menjalankan aplikasi serta game yang memiliki tampilan 3D. namun hal tersebut rasanya tidak akan terlalu menjadi masalah mengingat laptop bukanlah perangkat yang cocok untuk bermain game-game kelas atas.

Selain itu, kebutuhan grafis dan performa dari sebuah game yang semakin tahun semakin meninggkat juga rasanya tidak dapat diterima oleh para gamer yang bermain dengan laptop. Pasalnya, mereka tidak bisa mengganti komponen laptop mereka sesuak hati layaknya apa yang sering mereka lakukan di PC.

Oleh karena itu, Macbook Air ini jelas bukan ditujukan untuk para maniak game kelas atas. Namun bagi Anda yang mengerjakan pekerjaan sehari-hari yang diselingi dengan game-game ringan, maka membeli Macbook Air merupakan keputusan yang sangat tepat. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel