1

Perkembangan iPhone dari Awal Kemunculannya

16 Oct 2011 15:00 5720 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada Januari 2007, Steve Jobs memperkenalkan Apple iPhone pada pidatonya di Macworld Conference dan Expo. Pada penampilan layar pertama dan di tangan Jobs, telepon tampak seperti sebuah persegi panjang hitam mulus tapi mati. Pada artikel ini Paseban akan mengulas evolusi iPhone dari masa awal muncul hingga yang terbaru, yakni iPhone 4s.

Pada Januari 2007, Steve Jobs memperkenalkan Apple iPhone pada pidatonya di Macworld Conference dan Expo. Pada penampilan layar pertama dan di tangan Jobs, telepon tampak seperti sebuah persegi panjang hitam mulus tapi mati.

Kemudian, Jobs menyentuh layar iPhone. Tiba-tiba, dari persegi panjang tanpa fitur ia menjadi permukaan interaktif. Jobs menempatkan ujung jari yang berfungsi sebagai panah pada layar dan meluncur dari kiri ke kanan. Ketika jarinya bergerak, panah pun berpindah, membuka kunci telepon. Untuk beberapa orang, interaksi antara jari manusia dan sebuah gambar pada layar lebih menakjubkan dari semua fitur gabungan lainnya.

Dalam beberapa hal, iPhone adalah lebih seperti komputer Palmtop dari pada telepon seluler. Seperti kebanyakan smartphone, Anda dapat menggunakannya untuk membuat dan menerima panggilan, menonton film, mendengarkan musik, browsing Web, dan mengirim dan menerima email dan pesan teks. Anda juga dapat mengambil gambar dan video (menggunakan 3GS iPhone atau model lainnya) dengan built-in kamera, mengimpor foto dari komputer Anda dan mengatur mereka semua menggunakan software iPhone.

Pada tahun 2008, Apple memperkenalkan iPhone generasi kedua. IPhone ini dapat beroperasi pada generasi ketiga (3G) jaringan selular dan memiliki GPS receiver. iPhone juga memungkinkan Anda melihat peta dan data satelit dari Google Maps, termasuk lapisan bisnis di dekatnya. Pemilik iPhone asli mendapat kesempatan untuk meng-upgrade software pada ponsel mereka. Software 2.0 memberikan ponsel lama fungsi yang baru, tapi tanpa penerima GPS atau kemampuan jaringan 3G.

Pada tahun 2009, Apple meluncurkan iPhone 3GS. Model iPhone 3GS memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih dari iPhone sebelumnya. Mereka juga memiliki kamera yang lebih baik yang mampu mengambil gambar dan video 30 frame per detik. Fitur lain yang ditambahkan adalah sebuah kompas, yang sangat berguna ketika Anda perlu menemukan jalan Anda melalui wilayah asing. Di tahun 2009 juga dihadirkan iPhone OS 3.0, yang menawarkan banyak perbaikan, seperti kemampuan untuk cut dan paste.

Pada tahun 2010, Steve Jobs kembali berada di panggung untuk mengumumkan generasi baru dari Apple: iPhone 4. Perangkat baru dengan dua kamera, satu di depan dan satu di belakang. IPhone 4 memiliki layar retina dengan resolusi yang lebih baik daripada ponsel sebelumnya. Hal ini juga menandai keberangkatan dari desain iPhone dasar, telepon tidak memiliki sedikit lengkungan seperti sebelumnya malah menjadi flat. Jobs juga mengumumkan nama baru untuk operating system iPhone nya yakni: IOS.

Sebuah versi modifikasi dari operating system Macintosh OS X yang digunakan di Apple desktop dan komputer laptop memungkinkan Anda berinteraksi dengan semua aplikasi. Ia menampilkan ikon untuk setiap aplikasi pada layar iPhone. Juga mengelola daya baterai dan keamanan sistem. Operating system menyelaraskan telepon dengan komputer Anda, sebuah proses yang membutuhkan dermaga seperti yang digunakan untuk menyelaraskan iPod. Hal ini juga memungkinkan Anda multitask dan bergerak melalui beberapa aplikasi yang terbuka, seperti yang Anda dapat lakukan pada komputer laptop atau desktop.

Tapi bukannya menggunakan mouse atau keyboard fisik, iPhone menggunakan tombol virtual dan kontrol yang muncul pada layar. Ini sebetulnya tidak benar-benar sebuah fenomena baru, tapi layar sentuh iPhone sedikit berbeda dari banyak perangkat elektonik lain di pasar. Ketika Anda menyentuh layar PDA atau Nintendo DS, Anda biasanya menggunakan penunjuk ramping stylus. Sementara IPhone, di sisi lain, mengharuskan Anda untuk menggunakan jari-jari Anda. Ia juga dapat mendeteksi titik sentuh secara bersamaan, yang banyak layar sentuh yang ada tidak bisa lakukan.

Dan tahun ini 2011, Apple kembali menelurkan perangkat terbarunya iPhone 4S, dan rumornya iPhone 5 akan luncur masih ditahun yang sama. Kita tunggu saja. ND

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel