Donny Imam Priambodo Dukung Pemkab Pati Kembangkan Pangan Lokal

29 Nov 2018 19:01 661 Hits 0 Comments
Pangan Lokal

Jakarta – Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi Partai Nasdem Donny Imam Priambodo menyatakan dukungannya terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten Pati melalui Bupati Pati Haryanto dalam acara Rakor DKP di Ruang Penjawi Setda Pati, Rabu (28/11/2018) yang telah mendorong Dewan Ketahanan Pangan (DKP) supaya lebih memperhatikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2009 tentang percepatan penganekaragaman menu makanan rakyat berbasis sumber daya lokal.

Hal itu dalam rangka untuk mengurangi konsumsi masyarakat terhadap beras. Donny menilai, keputusan ini adalah langkah tepat untuk mengurangi konsumerisme berlebihan. Sebab, jika tidak diantisipasi, maka dikhawatirkan masyarakat di daerah Pati akan mengalami krisis pangan.

"Saya salut terhadap kebijakan Pemkab Pati dalam menangani persoalan pangan lokal, yaitu beras. Walaupun, seperti yang diutarakan Bupati Pati kemarin, Pati memiliki aneka pangan lokal yang dikonsumsi masyarakat, tetapi antisipasi harus tetap dilakukan," kata Donny saat dimintai keterangan oleh wartawan, Kamis (29/11/2018).

Lebih jauh Donny juga menghimbau, searah dengan diterbitkannya peraturan Bupati Pati Nomor 72 tahun 2018 tentang pengembangan pangan lokal, seharusnya juga segera disikapi oleh DKP. Meskipun stok pangan di Kabupaten Pati, terutama beras terbilang surplus, tetapi DKP harus memperhatikan pangan lain yang sifatnya lokal tersebut.

"Kepedulian soal pangan yang ada di daerah, harus sama-sama kita tingkatkan. Lebih-lebih dari pihak pemerintah. Karena, selain membantu ketahanan pangan tingkat nasional, kebijakan seperti yang diambil oleh Pemkab Pati ini akan sangat bermanfaat dan sangat terasa oleh masyarakat setempat," tegas Donny.

Dia berharap, kebijakan semacam ini dapat diikuti oleh Pemkab lainnya demi menyongsong masa depan pangan kita yang lebih kuat dan stabil.

Sebelumnya, Bupati Pati Haryanto memang menegaskan, bahwa harus ada keseriusan dari para pemangku kepentingan terkait potensi pangan lokal di Pati ini. Sehingga, upaya untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi beras ini dapat ditempuh. [YU]

Tags

About The Author

Miss Nindy 20
Pensil

Miss Nindy

I Like Coffee!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel