6 Kebiasaan ini Dapat Merusak Tubuh Anda!

10 Aug 2017 09:31 128 Hits 0 Comments
Beberapa kebiasaan ini dapat merusak tubuh Anda jika terus dilakukan. Langsung saja Kita bahas satu per satu dan semoga bermanfaat

Dalam kehidupan Kita sehari-hari, terdapat beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan dan ternyata kebiasaan itu sangatlah tidak baik dan dapat merusak tubuh Anda! Walaupun dampaknya sedikit, tapi namanya sudah "kebiasaan", tentu hal itu dapat berdampak buruk bagi tubuh Anda. Berikut ini * kebiasaan yang dapat merusak tubuh.

1. Menahan bersin

Beberapa orang akan menahan bersin mereka dengan cara menutup hidung mereka sehingga keinginan untuk bersin menjadi hilang atau tertahan dengan ditutupnya hidung. Namun, kebiasaan itu akan berdampak serius pada tubuh Anda jika terus Anda lakukan. Dengan menahan bersin membuat tekanan intrakranial kita meningkat secara drastis. aliran darah ke otak akan terganggu, pembuluh darah dan jaringan saraf akan terkompres. Hal tersebut akan menyebabkan sakit kepala, kerusakan pembuluh darah, Bahkan dapat menyebabkan masalah pendengaran.
Faktanya, ketika bersin, tekanan dari paru-paru itu akan mengeluarkan udara dengan kecepatan 70m/detik atau setara dengan 250 km/jam! tentu jika bersin itu tidak dikeluarkan dan malah ditahan akan menyebabkan kerusakan terhadap beberapa organ tubuh jika hal buruk ini terus dilakukan.

2. Bermain Smartphone Sebelum tidur


Cahaya biru yang dihasilkan oleh layar smartphone sebenarnya berguna untuk melihat layar dibawah sinar matahari. Namun, untuk ruangan yang gelap, cahaya biru yang terlalu terang akan mengganggu penglihatan Anda dan justru memperburuk kualitas penglihatan anda.
Radiasi yang dihasilkan oleh cahaya tersebut dapat menekan hormon melatonin, dimana melatonin rendah dapat mengakibatkan depresi, kanker, obesitas, penyakit jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Menyimpan makanan di wadah plastik


Wadah plastik menjadi salah satu pilihan praktis untuk menyimpan makanan, Tetapi perlu diperhatikan juga kandungan kimia di dalam wadah plastik tersebut, tentu zat tersebut akan merusak tubuh.

Bila ada kontak langsung antara plastik dan makanan yang panas, dapat teradi reaksi perpindahan zat kimia dari plastik ke makanan tersebut seperti monomer dan plasticizer.

Apabila zat tersebut masuk kedalam sistem tubuh kita, maka dapat memicu beverapa penyakit seperti kanker.

4. Langsung sikat gigi sesudah makan


saat makan, air liur bersifat buffer effect atau penyeimbang, pH normal air liur yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis yaitu 4.

jika setelah makan langsung sikat gigi, maka zat yang terdapat pada pasta gigi dapat merusak struktur air liur yang sedang berada pada pH yang sangat rendah, hal itu dapat mempengaruhi fungsi pencernaan. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya tunggu 15-20 menit setelah makan untuk sikat gigi agar pH air liur kembali normal.
Langsung sikat gigi sesudah makan juga dapat meningkatkan asam pada mulut, dan ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan gigi, gigi akan korosi dan terjadi pengikisan yang lebih cepat.

5. Mengupil sembarangan


Ya, mengupil sembarangan juga termasuk kebiasaan yang buruk dan dpat merusak kesehatan Anda, tidak hanya itu, Mengupil sembarangan juga dapat mempengaruhi etika sosial Anda dan mengganggu juga bagi lingkungan atau orang sekitar Anda. Dan Anda juga tau bahwa ini adalah hal yang sangat menjengkelkan saat ada orang lain mengupil sembarangan. Mengupil dengan tangan yang tidak higenis dapat memicu berbagai infeksi seperti flu atau pilek.

6. Begadang


Meskipun begadang dengan alasan tertentu, jika begadang telah menjadi kebiasaan dan rutinitas setiap hari dapat merusak tubuh Anda dalam jangka panjang. Jika tidur kurang dari 6-8 jam, Anda akan merusak sistem kekebalan tubuh dan sistem tubuh lainnya. Dengan kebiasaan begadang juga dapat mengganggu Anda menjalani aktifitas sepanjang hari dan mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja.

 

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak tubuh anda. Semoga bermanfaat

Tags

About The Author

Ari 28
Pena

Ari

Siswa SMK YPC

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel