1

Muspika Pesantren Sahur Bareng Di Bulan Ramadhan

11 Jun 2017 17:03 1254 Hits 0 Comments
pendim kediri

Danramil Pesantren, Kapten Arm Nur Solikin, Kapolsek Pesantren, Kompol Sucito dan Camat Pesantren, Eko Lukmono Hadi berkumpul bersama Kepala Kelurahan se-Kecamatan Pesantren untuk sahur bareng yang dilangsungkan dinihari tadi di pelataran kantor Kelurahan Tosaren, dan sahur bareng ini tidak lepas dari agenda religi bulan Ramadhan yang saat ini berjalan, minggu (11/06/2017)

 

Sebelum sahur bareng dilangsungkan, terlebih dahulu Muspika Kecamatan Pesantren berkeliling di seputaran jalan hingga pemukiman warga dengan membunyikan kentongan yang terbuat dari batang bambu sebagai sinyal kepada warga yang menjalani ibadah puasa untuk segera melaksanakan kewajibannya makan sahur. Tradisi turun temurun ini terpelihara dengan baik di Kediri, bahkan sudah menjadi agenda rutin ,termasuk salah satunya yang dilakukan dini hari tadi. 

 

Menanggapi agenda seperti ini Kompol Sucipto menegaskan ,"Sekalian mempromosikan pentingnya pengamanan berbasis siskamswakarsa dengan mengefektifkan poskamling yang ada dan memfungsikan Linmas untuk membantu keamanan lingkungan. Keamanan lingkungan harus dilakukan secara sinergi, agar penerapan dilapangan bisa menjadi garansi kenyamanan warga saat tertidur pulas atau hanya sekedar beraktifitas di dalam rumah."

 

Rute yang ditempuh tidak begitu jauh, hanya berjarak sekitar 1 km, tetapi kebersamaan antara lintas institusi TNI dan Polri di hadapan warga setempat, menjadikan suasana Ramadhan makin sejuk dan damai. Kentongan yang dibunyikan juga tidak terlalu banyak, agar kesannya tidak mengganggu kenyamanan warga saat dilintasi rombongan.

 

"Sahur bareng ini tidak sekedar makan bersama minum bersama, tetapi juga adanya komitmen untuk saling mengisi saling bertegur sapa satu sama lain. Komunikasi yang mengedepankan kebersamaan itu jauh lebih penting dari sekedar ngobrol tanpa arah tanpa tujuan," ujar Kapten Arm Nur Solikin. 

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel