1

Macam-macam Fungsi dan Nama Nama Komponen Hp Paling Umum

16 Dec 2012 09:00 165223 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah anda pengguna setia perangkat mobile phone? Jika iya, kurang lengkap rasanya bila anda hanya sekedar memiliki dan menggunakannya tanpa dilengkapi dengan sedikit pengetahuan umum mengenai sistem dan fungsi komponen hp. Pada artikel kali ini, Paseban ingin menulis tentang **nama-nama komponen hp** umum yang terdapat pada perangkat hp. Langsung saja kita simak di bawah ini!

Apakah anda pengguna setia perangkat mobile phone? Jika iya, kurang lengkap rasanya bila anda hanya sekedar memiliki dan menggunakannya tanpa dilengkapi dengan sedikit pengetahuan umum mengenai sistem dan fungsi komponen hp. Pada artikel kali ini, Paseban ingin menulis tentang nama-nama komponen hp umum yang terdapat pada perangkat hp. Langsung saja kita simak di bawah ini!

Liquit Cell Display (LCD)

Memiliki fungsi untuk menampilkan segala kegiatan dan aktifitas yang dilakukan pada perangkat handphone. Kegiatan dan aktifitas yang ditampilkan berupa tampilan visual yang terpapar pada sebuah bidang datar.

IC Audio

Nama-nama komponen hp berikutnya adalah IC Audio. Merupakan alat yang berfungsi mengolah sinyal - sinyal suara yang masuk melalui IC RF, yang kemudian diteruskan dan diperkuat ke Speaker, selanjutnya memperkuat getaran gelombang suara yang sudah dirubah oleh Mic menjadi getaran gelombang listrik dan diterusakn ke IC RF. Selain itu, ia juga berfungsi menjalankan perintah yang diberikan oleh CPU. Terdapat EEPROM dan PCM yang digunakan untuk mengidentifikasi kode sinyal yang datang dari suatu operator seluler untuk disesuaikan dengan phone IMEI, serta menyimpan informasi - informasi yang bersifat permanen, seperti IMEI, Sec.Cod, Phone Code, dan sebagainya.

Key Pad

Fungsi dari komponen hp ini yakni membuat dan memberikan perintah - perintah data kepada CPU yang kemudian diproses dan diolah oleh CPU untuk diteruskan ke komponen - komponen lain yang bersangkutan dengan perintah dari Key Pad.

Speaker

Digunakan untuk menghasilkan suara yang dapat didengar oleh telinga manusia. Suara yang dihasilkan oleh Speaker merupakan sebuah getaran gelombang listrik yang diolah menjadi suara oleh IC Audio.

Microphone

Memiliki kegunaan sebagai alat komunikasi lisan yang sistem kerjanya yaitu merubah getaran gelombang suara yang diterima menjadi getaran gelombang listrik, sehingga getaran listrik tersebut dapat diproses oleh komponen - komponen lain yang bersangkutan.

Filter RX

Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk memfilter atau membagi frekuensi yang diinginkan atau akan diterima, supaya sinyal dapat menjadi jauh lebih jernih.

Antena

Berfungsi untuk menangkap dan memancarkan gelombang sinyal yang diterima oleh pesawat ponsel.

Transistor (Penguat RX)

Komponen hp ini digunakan sebagai penguat frekuensi penerimaan sinyal yang telah difilter melalui Filter RX sebelumn ditindak lebih jauh oleh mesin ponsel.

Switch Antena

Difungsikan sebagai pemisah atau duplixer antara sinyal RX (penerimaan) dengan sinyal TX (pemancaran).

IC RF Processor

Untuk komponen hp ini, pada umumnya berfungsi untuk mengontrol sinyal RX (penerimaan) dan TX (pemancaran), supaya setiap bagiannya bisa bekerja dengan baik dan tepat. Komponen ini terdiri dari Mixer, IF, Oscilator, Decoder, Detector, AFC, Squelch, Encoder, dan Tone Frequency.

Filter TX

Digunakan untuk memfilter atau membagi frekuensi yang akan dipancarkan atau dikirim sebelum diperkuat kembali oleh komponen lainnya yang ada pada ponsel.

Voltage Control Oscilator (VCO)

Ini merupakan komponen hp yang biasa digunakan sebagai pembangkit atau oscillator frekuensi yang akan dipancarkan oleh TX dan mengontrol frekuensi yang diterima oleh RX supaya tetap balance. Serta sebagai pengontrol tegangan pulsa dari RF sinyal processor.

Power Detector

Yaitu sebuah transistor yang mengidentifikasi kuat atau lemahnya sinyal. Ia juga berfungsi untuk mengirimkan data ke CPU untuk kemudian diproses dan diolah, yang selanjutnya mengirimkan data keseluruh komponen bersangkutan.

Power Amplifier (IC P.A)

Merupakan komponen hp yang digunakan untuk memperkuat akhir sinyal yang akan dikirimkan melalui switch antena pada ponsel.

Bluetooth

Sebuah komponen pemancar dan penerimaan suatu frekuensi data melalui gelombang frekuensi atau gelombang radio. Bluetooth memiliki fungsional yang hampir sepenuhnya sama dengan Infra Red.

IR T/R Dioda

Berfungsi sebagai penerimaan serta pemancar frekuensi data yang melalui cahaya Infra Red.

CPU

Merupakan komponen hp paling utama, di mana CPU adalah pusat pemrosesan atau pengolahan data yang ada pada seluruh komponen pada ponsel, seperti memberikan perintah kepada komponen terkait untuk melakukan sesuatu.

SIM Card

Yaitu identitas diri dari sebuah ponsel yang sedang aktif serta bergantung pada provider SIM card yang digunakan oleh ponsel, dengan cara diolah oleh CPU ponsel.

Random Access Memory (RAM)

Sebuah komponen hp untuk menyimpan suatu data yang bersifat sementara serta membantu produktifitas CPU.

IC Flash

Yakni media penyimpanan data ponsel yang bersiftas sementara, disebabkan data yang disimpan merupakan data yang dapat dirubah sewaktu - waktu.

EEPROM

Merupakan media penyimpanan data utama yang bersifat permanent, disebabkan data yang disimpan adalah manufacture file.

IC Charge

Adalah komponen yang memiliki proses dan tindak kerja otomatis ketika ponsel melakukan pengisian baterai. Fungsinya yaitu menyalurkan tegangan listrik yang masuk ke dalam komponen baterai.

Baterai

Sebuah komponen penyimpanan energi listrik yang digunakan oleh ponsel.

IC Interface

Sebagai pengontrol atau pengelola data yang diperintahkan CPU untuk Buzzer, Vibrator, lampu. IC Interface bersifat seperti sebuah saklar otomatis pada ponsel.

IC Regulator

Untuk mengolah dan mengatur tegangan supaya dapat diolah sesuai kebutuhan dari masing - masing komponen pada handphone.

Flexible

Merupakan penghubung antara komponen hp yang satu dengan yang lainnya. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel