Tips Menghindari Pencurian Data BlackBerry

4 Mar 2012 16:00 4024 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pencurian data pada BlackBerry memang bukan isu hangat lagi di masyarakat. Terbukti dengan banyak kasus yang terungkap dengan berbagai modus kejahatan. Pencurian data BlackBerry ini termasuk dalam kejahatan tidak kasat mata tetapi berdampak terhadap pengguna dan data-data pribadi yang ada di perangkat BlackBerry

Pencurian data pada BlackBerry memang bukan isu hangat lagi di masyarakat. Terbukti dengan banyak kasus yang terungkap dengan berbagai modus kejahatan. Pencurian "data BlackBerry" ini termasuk dalam kejahatan tidak kasat mata tetapi berdampak terhadap pengguna dan data-data pribadi yang ada di perangkat BlackBerry. Pengamanan data BlackBerry sangat dianjurkan untuk semua pengguna BlackBerry. Karena dengan cara inilah semua rantai kejahatan terhadap pencurian "data BlackBerry" ini akan terputus. Adapun cara-cara menghindari pencurian data BlackBerry tersebut :

"1. Aktifkan Password Protection Pada BlackBerry Yang Anda Punyai "Password protection" merupakan pintu gerbang awal masuknya para pencuri data. Jika Anda tidak mengaktifkan "password protection" ini berarti Anda sudah menghilangkan satu firewall yang ada pada perangkat BlackBerry Anda. Tetapi, kebanyakan pengguna yang memiliki BlackBerry ini tidak menghiraukan "password protection". Alasan mereka malas dan terlalu ribet mengetikkan *password* pada saat masuk "homescreen" untuk meng-"unlock" perangkatnya. Ini menjadi riskan untuk para pengguna BlackBerry saat data yang dimiliki hilang. Intinya "password protection" ini sangat berguna dan merupakan "firewall" tangguh pertama untuk mengamankan data-data yang ada di dalam BlackBerry.

"2. Pergunakan Password Keeper Untuk Menyimpan Password di Browser BlackBerry" Jalan masuk lain yang tidak terlihat adalah penggunaan "password" yang tersimpan di "browser" BlackBerry tersebut. Kadangkala pengguna tidak merasakan bahwa "password" yang biasa dipakai tersimpan secara permanen. Maka melalui cara inilah para pencuri dapat mendapatkan akses data BlackBerry yang Anda miliki. Usahakan untuk menggunakan password keeper yang bisa memungkinkan penyimpanan password-password penting yang Anda miliki pada browser BlackBerry .

Jadi password-password yang sering Anda ketikkan di *browser* akan aman dari intaian para pencuri data BlackBerry.

3. Enkripsi Data Di Bluetooth Fitur enkripsi ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif penambahan firewall pada BlackBerry yang dimiliki dari jangkauan pencuri data. Dengan fitur content protection set enable Anda bisa memberikan keamanan data lebih prioritas. Anda bisa menggunakan fitur enkripsi ini pada phonebook yang Anda miliki, sehingga nomer-nomer penting dan rahasia di BlackBerry akan lebih aman tanpa jangkauan orang lain yang akan berbuat.

4. Matikan Bluetooth Bila Tidak Di Perlukan Dalam keadaan default, Bluetooth pada BlackBerry Anda akan dalam keadaan aktif. Dengan demikian, langkah bijak yang bisa Anda pergunakan adalah mematikan Bluetooth tersebut agar terhindar dari Bluetooth *hacking* dan penyebaran virus melalui Bluetooth. Jika saja Bluetooth Anda tetap hidup tanpa pantauan yang jelas, bukan tidak mungkin virus "malware" akan masuk dengan mudah lewat layanan Bluetooth ini tanpa disadari oleh penggunanya sendiri. [AD]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel