Cara Install Android di PC atau Notebook

11 May 2012 10:00 28379 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Umumnya Android memang tertanam pada ponsel-ponsel pintar atau tablet, namun bagi Anda yang tidak memilikinya tidak perlu khawatir. Anda masih bisa menikmati Android di komputer PC atau notebook dengan bantuan emulator yang disediakan Android. So, bagaimanakah cara menginstallnya?

Seperti kita ketahui, Android merupakan sistem operasi berbasis linux untuk telepon seluler seperti smartphone dan tablet PC. Saat ini, Android memang sedang digandrungi, hal ini tidak terlepas dari beberapa kelebihan yang dimilikinya. Android mulai diluncurkan perdana pada 5 November 2007 dan sampai saat ini beberapa versi Android pun mulai bermunculan. Beberapa keunggulan sistem operasi Android di antaranya multitasking, di mana Android dapat menjalankan berbagai aplikasi. Kemudahan dalam notifikasi, pada homescreen ponsel Anda akan selalu ada notifikasi setiap kali ada SMS atau email yang masuk, ditambah lampu LED indikatornya yang berkedip-kedip memungkinkan Anda untuk tidak melewatkan satu hal terpenting dalam ponsel Anda.

Jika Anda senang menginstall berbagai aplikasi atau game, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah lewat Google Android Apps yang menyediakan ribuan aplikasi dan game baik yang gratis maupun berbayar. Keunggulan lainnya yakni terdapat beberapa pilihan ponsel Android yang beraneka ragam dari berbagai produsen yang masing-masing menghadirkan gaya berbeda, sehingga Anda bisa memilih ponsel Android sesuai dengan merek favorit Anda. Anda juga bisa menginstall ROM yang dimodifikasi jika Anda merasa tidak puas dengan tampilan standar Android karena ada banyak custom ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android Anda dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lainnya. Umumnya Android memang tertanam pada ponsel-ponsel pintar atau tablet, namun bagi Anda yang tidak memilikinya tidak perlu khawatir. Anda masih bisa menikmati Android di komputer PC atau notebook dengan bantuan emulator yang disediakan Android.

Semua versi Android bisa Anda gunakan, namun tentu saja semakin tinggi versi Android yang akan Anda install, maka spesifikasi PC atau notebook pun harus semakin besar. Bagi Anda yang ingin menikmati Android di PC atau notebook, berikut Paseban akan memberikan tips bagaimana cara install Android di PC atau notebook.

- Cara install Android yang pertama adalah Anda download terlebih dulu Android SDK, Anda bisa mendownloadnya di sini.

- Pilih SDK sesuai dengan sistem operasi Anda. Agar lebih mudah dalam proses instalasinya nanti, sebaiknya Anda download yang berformat .zip bukan .exe.

- Setelah Anda mendownload Android SDK yang sesuai dengan sistem operasi Anda, extract file .zip tersebut kemudian simpan di folder.

- Setelah tersimpan, jalankan program SDK Manager. Pastikan di PC atau notebook Anda sudah terinstall Java, jika belum maka akan muncul pesan error.

- Akan ada beberapa versi Android pada SDK Manager. Anda tinggal memilih versi Android yang ingin Anda install dengan cara menchecklistnya.

- Setelah itu, klik "Install Package” yang berada di pojok kanan. Tunggu hingga proses download selesai. Mungkin Anda akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendownload satu versi Android ini.

- Akan muncul beberapa notifikasi sebagai pemberitahuan jika proses download telah selesai.

- Langkah selanjutnya dalam cara install Android ini yakni menjalankan AVD Manager yang letaknya berada di folder SDK Manager tersimpan.

- Buka AVD Manager, kemudian klik "New” lalu isi kolom yang tersedia di dalamnya. Pada kolom "Name” isi dengan nama virtual Android tanpa spasi. Pada kolom "Target” isi dengan versi Android yang sudah Anda download. Pada kolom "SD Card” isi dengan angka, terserah angka yang Anda inginkan, angka ini nantinya akan menjadi jumlah virtual Android.

- Klik "Create AVD” yang terletak di pojok sebelah kanan.

- Pilih AVD yang sudah Anda buat, klik "Start”. Maka virtual Android Anda sudah bisa dijalankan.

Itulah beberapa langkah yang harus Anda tempuh dalam cara install Android di PC atau notebook. Selamat mencoba. [RF]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel