Tips Memilih dan Membeli Android Second

25 Mar 2012 09:00 9821 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda berminat memiliki sebuah *smartphone* Android, akan tetapi kondisi finansial Anda tidak memadai untuk membeli Android baru. Tentu Anda akan memikirkan sebuah jalan keluar terbaik untuk menggapai asa Anda memiliki *smartphone* Android ini.

Anda berminat memiliki sebuah smartphone Android, akan tetapi kondisi finansial Anda tidak memadai untuk membeli Android baru. Tentu Anda akan memikirkan sebuah jalan keluar terbaik untuk menggapai asa Anda memiliki smartphone Android ini. Dengan berbagai pilihan yang ada, ternyata Anda menjatuhkan pilihan untuk menempuh jalur pembelian smartphone Android bekas atau second. Anda berpikir lebih baik membeli Android second daripada harus membeli smartphone buatan Cina yang belum pasti kualitasnya.

Sebelum Anda mencoba untuk membeli perangakat mobile Android second, ada beberapa parameter yang bisa Anda pergunakan untuk mengecek kondisi Androd second tersebut. Jangan sampai Anda membeli sebuah perangkat Android second yang sudah rusak tetapi penampilannya masih bagus. Jelas Anda akan lebih memilih perangkat Android yang masih bagus kondisi dalamnya, meskipun sedikit ada lecet pada permukaan luarnya.

Nah, bagi Anda yang berminat dan menginginkan smartphone Android second ini wajib hukumnya untuk mengecek kondisi fisik dan software secara umum. Ada baiknya juga Anda melakukan proses checking yang lebih mendalam untuk mengetahui kondisi dalam Smarphone Android second tersebut. Karena secara kasat mata kodisi smartphone Android second ini hampir sama dengan kondisi smartphone pada umumnya, cuman kita tidak tahu kondisi isi yang ada pada smartphone tersebut.

Mungkin cara paling simple yang biasa Anda kenal adalah penegecekan kode IMEI atau (International Mobile Equipment Identity). Pengecekan kode-kode IMEI ini dapat memungkinkan Anda mengetahui keaslian perangakat smartphone Android second tersebut, jika kode IMEI tidak keluar dapat dipastikan Android second adalah barang palsu.

Berikut Paseban akan sedikit membahas tentang cara-cara pengecekan Android second, berikut tips dan triknya :

LCD Test

LCD Test adalah sebuah cara yang difungsikan untuk memeriksa kondisi kualitas layar pada Android second itu. Anda bisa mempergunakan kode *#*#0*#*#* untuk mengecek kondisi LCD pada Android second yang akan dibeli tersebut. Sesaat setelah kode tersebut dimasukkan, Anda akan dihadapkan pada tombol pilihan warna-warna Red, Green, Blue, Receiver (White), Vibration (Black), Dimming, Megacam, Sensor, Touch, Sleepmode, Speaker, dan Sub Key. Anda bisa mengecek kondisi LCD Android second tersebut dengan parameter yang dimunculkan tadi.

Memeriksan Kondisi Layar

Pengecekan kondisi layar berlaku untuk Android second yang mempergunakan layar touchscreen dalam penggunaanya. Anda bisa memfungsikan kode-kode berikut untuk mendeteksi kondisi kualitas layar yang akan dibeli. Kodenya adalah *#2664#, sesaat kode tersebut dimasukkan layar Android second tersebut akan berubah menjadi layar hitam. Setelah itu gerakkan dan lakukan sesuatu pada layar tersebut, sesaat kemudian akan ada garis merah. Jika garis merah tersebut putus, bisa dipastikan kondisi layar tersebut sudah tidak dalam kondisi baik lagi.

Touchscreen Version

Pengecekan selanjutnya bernama touchscreen version, yaitu sebuah pengecekan terkait dengan firmware version dari Android second tersebut. Anda bisa memastikan dan mengetahui Android second tersebut dalam posisi firmware version apa. Dengan Anda mengetahui kondisi firmware version dari Android second tersebut, Anda akan semakin terbantu pada saat update firmware secara online. Kode yang bisa Anda pergunakan adalah *#2663#. Sesaat kode tersebut diketik, Anda akan dihadapkan pada jendela munculan informasi firmware version dari Android second tersebut.

Version

Hampir sama dengan pengecekan di atasnya, kode berikut ini bisa digunakan untuk mengetahui versi dari Android second tersebut. Mulai dari firmware, waktu pembuatan, dan change list dari ponsel tersebut. Kodenya adalah *#44336#.

Melody Test

Pengecekan ini difungsikan untuk pengecekan kondisi suara yang diperdengarkan. Biasanya banyak kasus terjadi speaker pada Android second tidak berbunyi, dengan berbagai alasan apakah itu sering terjatuh dan lain sebagainya. Dengan pengecekan ini Anda bisa mengetahui kondisi kualitas speaker Android second itu. Kode yang bisa Anda pergunakan adalah *#0673#. Setelah menekan kode ini, Anda akan melihat tombol-tombol pilihan seperti tombol Speaker_on, Receiver_on, Headset_on Left, Headset_on Right, Receiver_Headset_on Left, Receiver_Headstet_on Right, OFF, dan EXIT. Anda bisa mencoba semua musik dasar tersebut untuk mengecek kondisi speaker.

Device Test

Difungsikan sebagai pengecekan perform dari device tersebut, untuk kode *#0842# ini sendiri dipergunakan untuk mengecek kemampuan getaran Android second tersebut. Dengan kode ini pula Anda bisa mencoba mode getaran yang biasa diujicobakan. Jika mode getar tersebut tidak berfungsi pada diujikan, berarti vibration pada Android second tersebut mengalami error atau seringkali terjatuh sehingga vibration-nya tidak bisa berfungsi.

Bluetooth Test

Dan yang terakhir untuk melengkapi pengecekan Android second ini adalah pengecekan kondisi koneksi data. Anda bisa mempergunakan kode *#232337# untuk mengecek kondisi Bluetooth yang ada, sekaligus mengecek Device Address yang ada di dalamnya.

Setelah Anda mencoba dan mengecek semua kondisi "isi” pada Android second tersebut, Anda bisa mempertimbangkan akan membeli smartphone Android tersebut atau tidak. Jika beberapa test pengecekan tersebut banyak yang tidak berfungsi, maka jangan berani mencoba mengambil Android second tersebut. [AD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel