Tips & Trik Mendapatkan Foto Makro Terbaik Menggunakan Tetesan Air pada Kamera iPhone 4S

20 Mar 2012 15:30 8263 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pengguna perangkat Apple seperti iPhone rupanya sadar dengan kelebihan dan kekurangan kamera iPhone yang dimilikinya. Seorang fotografer Amerika berhasil membuat teknik fotografi menggunakan kamera iPhone 4S untuk menghasilkan foto mikro yang tajam.

Ada begitu banyak teknik fotografi yang dapat digunakan ketika Anda menggunakan kamera digital, terlebih kamera SLR. Dengan beragam kemampuan teknik ditambah insting fotografi yang kuat, seorang fotografer dapat memiliki sebuah foto berkualitas. Begitupun dengan perkembangan teknik fotografi menggunakan kamera ponsel. Bukan hanya terdepan mengenai aplikasi-aplikasi yang dapat membuat foto semakin tampil berbeda, namun dapat juga digunakan beberapa teknik fotografi lainnya. Pengguna perangkat Apple seperti iPhone rupanya sadar dengan kelebihan dan kekurangan kamera iPhone yang dimilikinya tersebut. Seorang fotografer Amerika berhasil membuat teknik fotografi menggunakan kamera iPhone 4S untuk menghasilkan foto mikro yang tajam.

Seperti yang telah diketahui, kamera iPhone 4S memiliki resolusi sebesar 8 MP dan ditunjang oleh kualitas optik yang mumpuni. Dengan kemampuan optik tersebut, foto akan mendapatkan lebih banyak cahaya agar dapat menghasilkan gambar sebagus mungkin. Kustomisasi kamera yang menggunakan lima titik presisi agar dapat membetuk cahaya yang masuk membuat gambar menjadi lebih tajam. Namun, dapat dikatakan kamera iPhone 4S terbilang sederhana jika dibandingkan dengan kamera yang dimiliki smartphone lain yang memiliki kemampuan kamera yang lebih baik. Selain itu, kamera ini pun tidak mendukung kemampuan foto makro yang mumpuni. Rupanya kekurangan tersebut yang menjadi alasan kuat seorang fotografer bernama Alex Wild untuk berekperimen. Ia berhasil membuat teknik fotografi makro menggunakan kamera iPhone 4S dengan bantuan setetes air.

Seperti halnya mikroskop, teknik ini dapat menangkap objek gambar yang kecil menjadi begitu tajam. Cara yang digunakannya terbilang mudah dan sejauh ini adalah cara yang termurah. Anda cukup meneteskan setetes air pada lensa kamera iPhone, kemudian secara perlahan turunkan perangkat Anda. Tetesan air tersebut berfungsi sebagai lensa makro untuk memotret objek yang sangat kecil. Teknik ini tentunya berlaku pula untuk perangkat smartphone lainnya.

Namun, pilihan kamera iPhone yang digunakan pertama kali menggunakan teknik ini dikarenakan lensa kamera ini telah dilindungi oleh lapisan kaca. Dengan begitu, kemungkinan air masuk ke dalam iPhone sangatlah kecil. Berbeda dengan perangkat smartphone lain yang memiliki kemungkinan lebih besar mengalami kebocoran lapisan lensa. Hanya saja, teknik ini dilakukan dengan resiko yang juga harus ditanggung oleh masing-masing pengguna. Berikut beberapa tips lainnya agar mendapatkan hasil foto makro menggunakan kamera iPhone:

  • Semakin besar ukuran tetesan air pada lensa, akan membuat titik-titik kecil air yang tertempel semakin berkurang.

  • Tetesan air pada lensa sangat sensitif terhadap getaran. Oleh sebab itu, sebaiknya kamera diposisikan pada tempat yang stabil agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Kualitas foto yang dihasilkan memang tidak setajam apabila Anda khusus menggunakan kamera makro. Namun, dengan teknik yang murah meriah ini, rasanya hasil yang akan Anda dapatkan pun setimpal.

  • Pada umumnya, air adalah salah satu zat yang dapat merusak rangkaian elektronik pada ponsel. Maka, Anda diwajibkan sangat berhati-hati menggunakan teknik ini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel