Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Symbian 5th Edition

18 Oct 2011 11:00 10301 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebelum Anda akan menambahkan atau menghapus data yang sudah lama tidak digunakan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat ponsel Symbian 5th Edition Anda dapat bekerja dengan cepat dan maksimal. Simak pembahasan Paseban dalam artikel berikut ini.

Symbian 5th Edition merupakan salah satu system operasi pada ponsel Nokia "edisi ke 5" seperti Nokia N97, 5800 atau Nokia Xpressmusic 5530. Untuk memaksimalkan fitur di ponsel Anda seringkali menambah berbagai macam aplikasi. Akibatnya ponsel Symbian 5th Edition Anda sering mengalami kecepatan loading yang mulai menurun, aplikasi yang sering ngadat saat akan dibuka atau pun koneksi internet yang sering gagal.

Sebelum Anda akan menambahkan atau menghapus data yang sudah lama tidak digunakan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat ponsel Symbian 5th Edition Anda dapat bekerja dengan cepat dan maksimal.

Langkah yang pertama adalah Anda dapat mengisi Active Menu dengan shortcut aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Active Menu yang biasanya terletak di sebelah kanan atas pada menu awal dapat diatur dengan menekan Active Menu selama beberapa detik hingga muncul Menu Pengaturan Shortcut. Active Menu ini hanya akan mengizinkan 4 shortcut aplikasi yang sering Anda gunakan. Anda bisa memilih aplikasi seperti Music Player, Web Browser, atau aplikasi game lainnya yang sering Anda gunakan.

Langkah kedua adalah dengan mengatur Homescreen pada ponsel Symbian 5th Edition Anda. Homescreen ini bisa diibaratkan sebagai kamar Anda. Jika terdapat banyak barang yang bergeletakan di sembarang tempat Anda tentunya akan bingung untuk mencari barang yang Anda butuhkan. Sistem kerja Homcsreen hampir mirip dengan Active Menu yaitu Anda bisa menambah atau mengurangi aplikasi dan mencantumkan aplikasi penting yang sering digunakan. Cukup dengan menekan tombol Menu Option > Add Content atau Remove Content, Anda dapat membuang aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernha digunakan lagi.

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat kinerja ponsel Symbian 5th Edition adalah dengan melakukan update software secara berkala. Anda mungkin sering mendengar ini namun belum tentu Anda sering melakukannya. Dengan melakukan update software secara berkala Anda bisa mengurangi berbagai macam bugs dan error serta menambah fitur baru yang biasanya memilliki kinerja lebih cepat dengan memori lebih kecil.

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melihat apakah ada aplikasi yang masih berjalan secara online. Dengan mengaturnya pada setting-an offline Anda aka menghemat bukan saja beban pemakaian internet dan baterai tapi juha beban waktu loading pada Homescreen. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, niscaya kinerja ponsel Symbian 5th edition Anda dapat bekerja secara cepat dan maksimal. EK

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel