Perbandingan 3 Jenis Smartphone, Bar vs Touch Screen vs Slider

17 Oct 2011 14:00 6818 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Smartphone menjadi semakin populer karena mereka mengambil alih generasi fitur ponsel sebelumnya. Ada 3 jenis smartphone dilihat dari desain utama, yakni: bar, touchscreen, dan slider. Ketiga jenis *smartphone* ini memiliki kelebihannya masing-masing. Paseban akan mereviewnya pada artikel ini.

Apa yang dimaksud dengan smartphone? Smartphone adalah ponsel yang dapat melakukan banyak fungsi. Tidak hanya dapat membuat panggilan dan mengirim pesan teks, tetapi juga harus dapat mengirim dan menerima email. Seiring dengan itu, sebuah smartphone harus mampu menjelajah internet dan mengakses berbagai macam fitur. Fitur lain yang telah menjadi standar dalam smartphone adalah memiliki radio WiFi, Bluetooth, dan radio GPS. Standar tersebut tidak resmi, tetapi banyak orang yang berada di pasar akan menuntut banyak untuk sebuah smartphone, termasuk fitur-fitur ini.

Jika dibaratkan smartphone adalah BMW dan Mercedes-nya perangkat mobile. Ponsel high end ini menjadi semakin populer karena mereka mengambil alih generasi fitur ponsel sebelumnya. Ada 3 jenis smartphone dilihat dari desain utama, yakni: bar, touchscreen, dan slider. Ketiga jenis smartphone ini memiliki kelebihannya masing-masing. Paseban akan memperlihatkan apa saja fungsi dan keunggulan masing-masing jenis smartphone ini.

Bar

Smartphone bar merupakan desain yang patut dipertimbangkan ketika memilih perangkat mobile Anda berikutnya. Ponsel gaya bar adalah pilihan yang alami bagi mereka yang melompat dari ponsel biasa kebanyakan. Hampir semua smartphone gaya bar dilengkapi dengan keypad QWERTY. Hal ini membuat entri data, pesan teks, dan email lebih mudah dan lebih cepat.

Smartphone bar umumnya mudah digunakan karena tidak ada kebutuhan untuk keyboard software. Banyak profesional dan pebisnis cenderung menggunakan smartphone bar karena mereka mudah untuk digunakan dan mereka sangat handal. Smartphone bar biasanya lebih tahan lama dari rekan-rekan mereka. Hal ini karena layar yang lebih kecil yang mengkonsumsi daya baterai kecil. Smartphone bar sangat baik untuk komunikasi berbasis teks seperti SMS dan email. Beberapa smartphone tipe bar yang populer di antaranya BlackBerry, Nokia E73, Palm Pixi, dan HTC Dash.

Slate / Touchscreen

Ponsel gaya Slate atau lebih dikenal dengan touchscreen adalah smartphone dengan beberapa tombol hardware (jika ada) dan layar sentuh besar. Layar sentuh menggantikan sebagian besar tombol perangkat keras. Software pada perangkat ini membuat tombol-tombol dapat diaktifkan oleh sentuhan. Kebanyakan smartphone jenis ini paling fokus pada hiburan. Layar besar mereka membuatnya menyenangkan untuk melihat klip video. Layar sentuh mereka juga menciptakan tingkat kendali yang luas bagi pengguna melalui gerakan seperti menggesekkan dan mencubit untuk memperbesar.

Mereka juga umumnya memiliki kamera yang lebih baik daripada smartphone jenis bar. smartphone touchscreen populer di kalangan remaja, dewasa muda, dan seniman. smartphone ini menawarkan pengguna pengalaman media yang lebih kaya, apakah itu adalah musik atau video.
Namun ada beberapa kelemahan dengan smartphone touchscreen. Salah satunya adalah konsumsi baterai. Smartphone ini memakan banyak daya baterai dalam rangka untuk menampilkan kekuatan besar mereka. Kelemahan lain adalah kurangnya keyboard fisik. Beberapa orang lebih suka keyboard fisik daripada software keyboard. Beberapa smartphone touchscreen populer di antaranya iPhone 4, Evo 4G, HTC HD2 dan Nexus One.

Slider

Yang terakhir adalah smartphone slider. Slider adalah sebuah konsep menarik. smartphone slider menggabungkan faktor keren dari layar sentuh dan menawarkan keyboard fisik yang dapat digeser.

Sementara menawarkan keyboard fisik, slider dapat lebih nyaman untuk mengetik terutama pada email yang panjang dan sesi SMS. Memiliki smartphone slider seperti menggabungkan 2 jenis smartphone sebelumnya. Anda dapat menikmati multimedia yang menawarkan layar besar dan Anda masih bisa input teks cukup nyaman.

Namun slider memiliki beberapa kelemahan yang sama seperti toushscreen. Slider juga membuat baterai agak boros karena layar besar itu. Selain itu memiliki keyboard fisik plus layar besar menambah ukuran smartphone ini. Slider populer di kalangan mengemari SMS dari segala usia. Beberapa slider populer adalah Palm Pra, G1, Samsung Epic 4G (Galaxy S), dan BlackBerry Torch.

Jika Anda hendak membeli smartphone baru, pastikan smartphone Anda dapat menunjang kebutuhan Anda saat ini, bandingkan pula gaya smartphone yang paling pas untuk Anda. Selamat memilih! ND

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel