Tips Jitu Memasarkan dan Menjual Aplikasi Mobile

4 Mar 2012 15:00 11869 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbahagialah Anda yang memiliki tingkat kreatifitas tinggi. Dalam konteks dunia yang penuh dengan persaingan, manusia tak hanya dituntut untuk cerdas secara intelektual, namun juga kreatif untuk membuat sesuatu yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Berbahagialah Anda yang memiliki tingkat kreatifitas tinggi. Dalam konteks dunia yang penuh dengan persaingan, manusia tak hanya dituntut untuk cerdas secara intelektual, namun juga kreatif untuk membuat sesuatu yang dibutuhkan oleh banyak orang. Dalam konteks ini, Anda mesti bersyukur apabila diberikan kemampuan untuk menciptakan "aplikasi mobile" yang perkembangannya signifikan. Dewasa ini pengguna "gadget" semakin berkembang. Hal ini tentu akan berdampak pada kenaikan pemakai aplikasi "mobile" yang disesuaikan dengan tingkat keinginan dan hasrat masing-masing.

Disinilah para pengembang "aplikasi mobile" ini dituntut agar kebih kreatif menciptakan sebuah aplikasi yang banyak disukai oleh para *users mobile* tersebut. Namun tentunya, menciptakan saja tidak cukup. Diperlukan saluran untuk kemudian bisa menjual hasil jerih payah ketika membuat aplikasi tersebut.

Ternyata cukup banyak pengembang yang merasa kesulitan untuk menjangkau pengetahuan berkenaan dengan apa saja yang mesti dilakukan untuk mempromosikan karya aplikasi mobile buatannya. Bahkan bisa dimanfaatkan banyak orang sehingga berimbas pada keuntungan materi yang akan didapatkan.

Berikut adalah beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh pihak pengembang yang ingin menjual hasil kreasinya tersebut.

1. Jenis Monetisasi Langkah pertama, ialah Anda dituntut untuk mengetahui jenis-jenis monetisasi yang memungkinkan Anda meraup keuntungan materi dari aplikasi yang telah dibuat tersebut. Beberapa diantaranya seperti iklan, aplikasi berbayar dan juga in app-purcase. Ketiga jalan monetisasi tersebut telah lazim ditemukan dalam masyarakat mobile dewasa ini, bahkan mungkin Anda pun pernah menjajalnya. Contohnya, Infinity Blade di iPhone dimana Anda akan disuguhkan dengan barang-barang digital yang mereka jual. Atau Anda akan diminta untuk membayar ketika ingin mengunduh aplikasi Angry Birds di iPhone.

2. Mengenal Saluran Distribusi Saluran distribusi ini ialah wahana yang mempertemukan calon pembeli karya Anda dengan berbagai aplikasi yang mereka inginkan. Ibarat pasar, kanal distribusi ini berperan penting dalam membuat aplikasi yang telah Anda buat dikenal pasar dan akhirnya diunduh orang. Beberapa toko aplikasi yang kita kenal dewasa ini seperti Android Market, Apple App Store, maupun BlackBerry AppWorld.

Kanal distribusi tersebut merupakan toko aplikasi yang disediakan langsung oleh pengembangnya. Disamping itu, ada juga pihak ketiga yang berperan dalam menjadi perantara aplikasi yang Anda jual dengan calon *users*-nya, seperti Amazon App Store, GetJar, maupun Opera Mobile App Store. Andapun bisa memakai jasa mereka untuk mempermudah memasarkan aplikasi mobile yang telah Anda buat.

Selain melalui pihak ketiga atau menaruh aplikasi di pengembang lainnya, Anda juga bisa memakai cara lain seperti mendistribusikan aplikasi tersebut dengan bekerjasama dengan perusahaan lain seperti vendor, operator seluler, atupun content provider. Dalam hal ini, Anda dituntut aktif dalam melobi dan menjalinkan kerjasama dengan banyak pihak. [EH]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel