Ubuntu For Android, Smartphone Bisa Menjadi Satu-satunya Komputer Anda

27 Feb 2012 12:00 3930 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kemungkinan besar di saku Anda saat ini terdapat smartphone yang memiliki prosesor cepat. Setidaknya setengah gigabyte RAM, dan terhubung ke jaringan internet operator selular Anda. Jadi mengapa perangkat tersebut tidak menjadi satu-satunya komputer Anda? Jawabannya cukup sederhana; karena layar terlalu kecil dan Anda tidak bisa menulis email yang panjang hanya dengan jempol Anda.

Kemungkinan besar di saku Anda saat ini terdapat "smartphone" yang memiliki prosesor cepat. Setidaknya setengah "gigabyte" RAM, dan terhubung ke jaringan internet operator selular Anda. Jadi mengapa perangkat tersebut tidak menjadi satu-satunya komputer Anda? Jawabannya cukup sederhana; karena layar terlalu kecil dan Anda tidak bisa menulis "email" yang panjang hanya dengan jempol Anda. Tetapi bagaimana jika Anda bisa menghubungkan "smartphone" Anda ke layar yang lebih besar, serta "keyboard" dan *mouse* nirkabel? "Ubuntu for Android" jawabannya.

Ide ini bukan pertama kali muncul sebagai solusi. Nokia adalah pelopor ide semacam ini. Nokia N95, yang keluar beberapa bulan sebelum iPhone pertama, telah memiliki kemampuan untuk terhubung ke televisi. Meskipun, tampilan yang disajikan perangkat tersebut tidak dapat dioptimalkan untuk perangkat layar besar. Nokia N95 hanya mampu memberikan tampilan sebesar 640 x 480 piksel, dan tentu ini bukanlah pilihan yang bagus untuk mentransfer tampilan "smartphone" ke layar besar. Kini "smartphone" memiliki kemampuan untuk mentransfer video 1080 p ke HDTV via HDMI, dan Canonical memanfaatkan hal ini.

Canonical adalah orang-orang di balik Ubuntu memutuskan untuk mengambil keuntungan dari kemampuan perangkat "mobile" yang beredar di pasaran saat ini dan menciptakan Ubuntu for Android. Ide "Ubuntu for Android" cukup sederhana. Gunakan "smartphone" Anda seperti yang selalu Anda lakukan. Tetapi ketika tiba di rumah, Anda bisa memasangnya ke "dock" yang terhubung ke layar besar, "keyboard", dan "mouse". Motorola mencoba melakukan konsep ini dengan "Lapdock" mereka. Tapi itu bukan solusi elegan karena hanya bekerja pada perangkat mereka dan membutuhkan "hardware" tambahan lain.

Ubuntu for Android bisa membuat setiap "smartphone" Android menjadi sebuah komputer Linux. Sayangnya, "software" Ubuntu for Android ini belum dirilis secara resmi. "Software" tersebut masih dalam tahap percobaan untuk kalangan internal saja. Untuk mengikuti perkembangan dan informasi lebih lanjut tentang Ubuntu for Android, Anda bisa mengunjungi situs resmi Canonical di link ini. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel