Mengenal Sistem File .Jar pada Perangkat Android

25 Jan 2012 18:30 7689 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
File .Jar digunakan untuk paket *source* beberapa *file* Java yang merupakan bagian dari program Java. Setelah *file* .Jar telah dibuat oleh programmer, file .Jar itu sendiri perlu dieksekusi oleh *interpreter* Java dalam rangka untuk menjalankan program Java. Ada beberapa cara untuk menjalankan file .Jar, tergantung pada sistem operasi komputer dan apakah *file* .Jar sedang dijalankan dari web. Selain itu JAR juga dapat berjalan pada perangkat Android.

Dalam hal pengembangan perangkat lunak, JAR (Java Archive) adalah format file arsip yang berisi tingkat, suara dan gambar untuk aplikasi Java yang dikumpulkan ke dalam sebuah file tunggal.

File .Jar digunakan untuk paket source beberapa file Java yang merupakan bagian dari program Java. Setelah file .Jar telah dibuat oleh programmer, file .Jar itu sendiri perlu dieksekusi oleh interpreter Java dalam rangka untuk menjalankan program Java. Ada beberapa cara untuk menjalankan file .Jar, tergantung pada sistem operasi komputer dan apakah file .Jar sedang dijalankan dari web. Selain itu JAR juga dapat berjalan pada perangkat Android.

Java pada Android

Menjalankan JAR pada Android memungkinkan pengguna untuk mengimpor library pra-kode ke dalam aplikasi mobile. Fungsi java menghemat waktu karena mereka tidak memerlukan pengguna ponsel untuk menulis kode mereka sendiri untuk proses tertentu. Pengguna Android hanya perlu untuk membuat folder JAR dan menentukan file dengan ekstensi .Jar untuk aplikasi mereka. File. Jar akan secara otomatis disertakan dengan aplikasi setelah dijalankan pada Android.

Menjalankan JAR

Untuk menjalankan JAR pada Android, Anda harus membuat folder JAR pada komputer. Setelah folder JAR dibuat, telepon akan perlu dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Ketika komputer mengenali perangkat mobile, akan ada daftar pilihan, pengguna perlu memilih "Folder", yang akan membuka ruang folder pada perangkat mobile. Setelahnya temukan File .Jar kemudian seret ke folder yang terbuka pada ponsel untuk men-download.

Ada cara lain agar program JAR berjalan pada Android. Sync adalah program yang juga dapat digunakan untuk mentransfer file ke dan dari perangkat mobile lebih mudah. Dalam beberapa kasus, file .Jar mungkin perlu di-unzip sebelum di-download ke Android, yang mungkin memerlukan perangkat lunak unzip seperti 7zip.

File . Jar

Android dan ponsel lainnya dirancang dapat memiliki berbagai jenis JAR atau file .Jar. Aplikasi Java dapat dikategorikan di bawah permainan, utilitas, multimedia, komunikasi dan perjalanan, tergantung pada fungsi mereka. Pengguna ponsel memiliki berbagai macam file .Jar yang mereka dapat tmbahkan ke perangkat mereka, tergantung pada kebutuhan pengguna.

GetJar

Toko aplikasi ponsel memungkinkan pengguna GetJar untuk men-download permainan dan aplikasi ke perangkat mobile mereka. Meskipun default toko aplikasi untuk perangkat Android adalah Android Marketplace, pengguna Android masih dapat men-download aplikasi dari toko aplikasi GetJar.

Jika Anda ingin mendapatkan akses ke toko aplikasi GetJar di perangkat mobile Anda, Anda dapat melakukannya dalam beberapa langkah sederhana.

  1. Tekan ikon aplikasi "Internet" pada homescreen perangkat Anda untuk meluncurkan web browser.
  2. Tekan address bar browser untuk menempatkan kursor teks Anda di sana.
  3. Ketik "www.m.getjar.com" ke dalam address bar dan tekan "Enter" untuk navigasi ke situs GetJar mobile. Anda sekarang dapat mencari dan men-download aplikasi dari toko aplikasi GetJar. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel