Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Layar Gadget

12 Jan 2012 12:00 5440 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biasanya, karena keseringa menatap layar komputer ataupun ponsel, mata akan mengalami kelelahan. Dan akibatnya, bukan hal yang tidak mungkin malah akan menimbulkan kerusaan pada indera penglihatan Anda. Lalu bagaimana cara menjaganya? Simak tips menjaga kesehatan mata berikut ini.

Dengan berbagai kemudahan akses media saat ini, memungkinkan Anda sebagai pengguna teknologi mobile seperti smartphone ataupun tablet, dapat memperoleh informasi yang cukup dengan memanfaatkan apa yang gadget Anda sediakan. Sekarang, Anda tidak perlu jauh-jauh ke warnet ketika Internet telah hadir di ponsel Anda. Anda tidak harus membeli buku karena saat ini telah banyak beredar buku dalam format elektronik. Jadi, hampir seluruh akses informasi saat ini dapat Anda nikmati melalui fitur-fitur dan aplikasi yang tersedia pada perangkat ponsel Anda. Artinya, sebagian besar pengguna gadget saat ini sudah banyak menghabiskan waktunya di depan layar perangkat ponselnya. Hal tersebut tanpa disadari dapat mengganggu kualitas penglihatan mata Anda.

Menurut penelitian Dr. Jeffrey Anshel, pendiri Corporate Vision Consulting dan penulis buku Smart Medicine for Your Eyes, hari ini dunia yang kita jalani dari waktu ke waktu adalah dengan menatap ke layar elektronik. Rata-rata pengguna gadget rela menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari hanya untuk berinteraksi dengan gadget miliknya seperti iPhone, Blackberry, PSP dan Xbox. Terlebih dengan kahadiran gadget seperti model iPad yang saat ini sedang digandrungi oleh pada pengguna gadget.

Seringkali, pengguna tidak awas terhadap kesehatan matanya. Kerusakan penglihatan mata ini sebelumnya sering terjadi kepada para penggila game yang terkenal banyak menghabiskan waktunya di depan layar komputer. Bukan tidak mungkin, bagi pengguna layar elektronik semacam tablet dan smartphone pun dapat mengalami kerusakan mata akibat terlalu lama menatap layar gadget. Sehingga, alangkah baiknya jika Anda mengetahui tips menjaga kesehatan mata Anda untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Berikut adalah tips menjaga kesehatan mata ketika berinteraksi dengan layar elektronik dari Dr. Jeffrey Anshel:

" 3B: Berkedip, Bernafas, dan Beristirahat. Ketika menatap layar elektronik gadget, mungkin biasanya Anda berkedip kurang dari 2-3 kali kedipan yang biasa dilakukan pada kegiatan normal. Hal tersebut sering mengakibatkan kekeringan pada mata Anda. Jangan paksakan ketika mata terasa telah. Berikan mata istirahat yang cukup.

" 20/20/20. Ketika sedang menggunakan perangkat mobile atau perangkat komputer, setiap 20 menit lihatlah ke arah objek sejauh 20 kaki agar mata Anda kembali fokus.

" Konsultasi ke Dokter. Pengguna yang setiap hari berinteraksi dengan layar komputer atau teknologi mobile, sebaiknya meminta saran dokter mengenai tips menjaga kesehatan mata ketika berinteraksi dengan layar gadget.

" Berada di Ruang Cukup Cahaya. Pastikan bahwa Anda berada pada ruangan yang memiliki cukup cahaya atau dapat juga di luar ruangan. Ketegangan mata dapat terjadi akibat fungsi pencahayaan yang kurang baik. Tingkat kesilauan pun dapat berpengaruh dalam proses penglihatan mata. Oleh karena itu, pastikan tingkat pencahayaan pada layar gadget Anda cukup baik. Jangan terlalu terang, tetapi juga jangan terlalu gelap. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel