Microsoft Office Mobile dan Microsoft Office 360, Langkah Microsoft Menuju Era Perangkat Mobile

2 Dec 2011 08:00 6868 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Microsoft Office adalah produk satu paket lengkap aplikasi pengolah dokumen yang sangat populer digunakan. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Kabar terbaru yang cukup menggembirakan adalah produk ini akan hadir untuk perangkat *mobile*, diawali dengan Microsoft Office versi iPad.

Microsoft Office adalah produk satu paket lengkap aplikasi pengolah dokumen yang sangat populer digunakan. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Kabar terbaru yang cukup menggembirakan adalah produk ini akan hadir untuk perangkat mobile, diawali dengan Microsoft Office versi iPad.

Debut pertama dari produk Microsoft Office untuk perangkat mobile hadir pertama kali dengan nama Pocket Office pada tahun 1996 khusus untuk handheld PC (atau lebih umum disebut pocket PC) ber-platform Windows CE 1.0. Seiring dengan perkembangannya produk ini berubah nama menjadi Microsoft Office Mobile dan hadir untuk perangkat Windows Mobile dan Windows Phone. Pada 12 August 2009, Microsoft Office Mobile dirilis untuk platform Symbian OS, salah satu hasil dari kerjasama kerja Microsoft dan Nokia.

Microsoft Office sebenarnya telah hadir pada platform iOS pertama kali pada 18 Januari 2011 lalu. Namun bukan satu paket penuh dari aplikasi pengolah dokumen tersebut, hanya satu produk aplikasi saja OneNote Mobile.

Dan baru-baru ini Microsoft Office untuk iPad diumumkan serta dijadwalkan akan rilis pada 2012 nanti, berbarengan dengan Microsoft Office untuk platform Windows 8 yang saat ini masih dalam versi percobaan untuk para developer.

Gencarnya penggarapan Microsoft Office untuk perangkat mobile ini seiring dengan tren yang terjadi di mana pengguna banyak beralih dari desktop PC ke tablet PC. Dan beralihnya fokus penggarapan tim pengembang Microsoft Office ke perangkat mobile ini makin jelas dengan hadirnya produk pendukung Microsoft Office 365, layanan berbasis cloud yang akan memudahkan penggarapan suatu file Office dari platform berbeda, yang mulai tersedia untuk publik pada 28 Juni 2011.

Microsoft Office 365 ini mirip dengan Google Apps dengan tambahan unsur yang berfokus pada "kolaborasi." Pada suatu demo dari produk ini menunjukkan Word, OneNote, Outlook, dan lain-lain menunjukkan bagaimana pengguna bisa mengerjakan suatu dokumen bersama-sama secara online.

Microsoft Office saat ini masih mendominasi sebagai aplikasi pengolah dokumen paling banyak digunakan untuk pengguna individu maupun perusahaan. Dan perkembangan yang muncul, Microsoft Office Mobile berkembang ke mendukung semua perangkat mobile dan hadirnya produk Microsoft Office 365, merupakan langkah brilian dari Microsoft untuk tetap mempertahankan dominasi tersebut. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel